Penyebab Ilfeel pada Seseorang

Penyebab ilfeel

Ilfeel adalah salah satu bahasa gaul yang sering disebutkan oleh orang Indonesia dalam percakapan sehari-hari. Kata Ilfeel gabungan dari dua kata dari bahasa yang berbeda: il dari kata 'ilang' bentuk tidak baku 'hilang' disingkat menjadi 'il' dan 'feel' dari bahasa Inggris yang artinya 'perasaan' (liputan.com/15/11/22).

Ilfeel berarti hilangnya perasaan atau minat seseorang kepada sesuatu atau orang lain. Bisa disebabkan oleh sesuatu hal yang terjadi, baik prilaku atau ucapan seseorang.

Sepanjang yang pernah saya alami dan rasakan, beberapa hal di bawah ini, dapat membuat ilfeel terjadi, yaitu:

1. Lain di Depan, Lain di Belakang

Rasanya sangat mengesalkan jika bertemu dengan orang bermuka dua. Di depan kita alangkah lemah lembut penuh pujian, namun kenyataan di belakan kita berbalik menyerang dan menjelek-jelekkan.

Kadang kita tidak percaya bahwa si A ini orang yang seperti itu. Karena rasa percaya atas kemanisan mulut yang ia suguhkan, sungguh aduhai. Namun acap kali Tuhan dengan perlahan namun pasti menunjukkan kebenarannya. Meski kadang banyak hal yang memerlukan klarifikasi khusus, akibat perbuatannya. Sesuatu yang awalnya terlihat begitu baik, ternyata membuat ilfeel setelah mengetahui kebenarannya.

Jika memiliki teman atau orang di sekitar kamu yang seperti ini, jangan memutuskan silaturrahim. Namun amat sangat disarankan untuk meminimalisir interaksi.

2. Mulut Kasar dan Suka Menyinggung

Saya termasuk orang yang mudah tersinggung. Meskipun ketersinggungan itu tidak selalu saya tampakkan. Saya sangat sulit menoleransi orang yang suka berkata kasar. Bahkan yang senang menyinggung dan menasihati tidak pada tempatnya, benar-benar membuat saya ilfeel.

Saat dalam keadaan emosi, sedih atau marah, kemudian share sedikit problem di media sosial, misalnya. Tiba-tiba seorang teman mengirimkan inbok memberi nasihat, wejangan yang sedemikian panjang. Mengatakan bahwa tidak boleh curhat di media sosial dan bla, bla, bla....

Jujurly, bukan itu yang saya butuhkan saat seperti itu. Saya tidak butuh nasihat dan kritik demikian. Melainkan butuh seseorang yang mau mendengarkan cerita saya dan membantu menenangkan saya.

Baca juga: Rekomendasi Buku Self Improvement Terbaik

Beberapa kali ketika saya membuat status yang sebenarnya tidak terang-terangan curhat, ada teman yang langsung balas membuat status yang terang-terangan mematahkan apa yang saya share sebelumnya.

Rasanya hilang respek sepenuhnya terhadap orang ini. Sebaik dan sebenar apapun yang ia katakan atau tulis. Rasa ilfeel sudah telanjur mewarnai hati.

3. Orang Plin-plan

Mengesalkan sekali jika musti berhubungan dengan orang yang plin-plan, yakni orang yang tidak teguh pendirian. Baru saja memutuskan ke sana, tiba-tiba berubah ke sini. Padahal setiap keputusan biasanya punya alasan dan pertimbangan tertentu, namun karena pendapat selintas, lalu mengubah haluan dan melupakan pertimbangan sebelumnya.

Repotnya berdekatan dengan orang seperti ini, membuat kita merasakan imbas dari keputusannya yang plin-plan tersebut. Dia yang seenaknya mengubah kita yang juga menanggung beban dan kesusahannya. Duh, benar-benar sempurna menjadi penyebab ilfeel pada seseorang.

4. Egois

Orang yang mementingkan diri sendiri dan selalu merasa paling benar adalah salah satu penyebab ilfeel.

Sudah pasti tak akan nyaman bersama dengan orang yang selalu berpusat pada dirinya tanpa memikirkan keadaan orang lain. Sifat yang jelas menyakiti orang lain dan membuat jengkel.

5. Tidak Bertanggung jawab

Satu hal lagi yang sangat saya tidak suka, berinteraksi dengan orang yang tidak bertanggung jawab!

Tidak bertanggung jawab bisa menjadi penyebab ilfeel pada seseorang. Bayangkan saja, orang yang tidak bertanggung jawab, biasanya suka melempar kesalahan pada orang lain, mencari alasan untuk membela diri dan tidak sedikit yang menutup mata dengan berpura-pura tidak tahu kesalahannya.

Bagaimana tidak menjengkelkan jika dia yang melakukan kesalahan namun masa bodoh dengan apa yang terjadi, malah cenderung mengkambing hitamkan orang lain.

Jelas ilfeel langsung menempati seluruh kepala kalau bertemu dengan orang semacam ini.

Nah, itu tadi 5 hal penyebab ilfeel pada seseorang. Jangan sampai kamu termasuk dalam salah satunya. Kalau iya, ubah segera deh. Karena sangat merugikan orang di sekitarmu. Jangan jadi orang toxic!

Btw, Apakah ada tambahan dari kamu penyebab ilfeel pada seseorang selain hal di atas? Tulis di komentar ya.

Komentar