Derisafriani.com - Lifestyle and Mom Blogger

Derisafriani.com mengulas tentang keseharian sebagai ibu, mencakup parenting, tips menulis, tips blog, kecantikan, makanan, buku, dan review produk.

Mengenal Autodebet, Sistem Pembayaran Bikin Kredit Lancar

8 komentar

Autodebet kredit
Autodebet pembayaran kredit

Seiring berkembangnya teknologi, kita telah dimudahkan dalam urusan pembayaran. Termasuk sistem pembayaran autodebet yang secara otomatis mengurangi saldo rekening karena transaksi yang dilakukan nasabah. Fitur ini memudahkan keperluan Anda membayar berbagai transaksi, salah satunya untuk membayar tagihan KTA. 

Baca juga: 5 Tips Move on paling cepat

KTA adalah kredit tanpa agunan atau layanan pinjaman dana yang tidak mewajibkan calon kreditur menyerahkan jaminan. Dengan adanya pinjaman KTA, Anda bisa mendapatkan pinjaman dana dengan mudah dan cepat saat kondisi mendesak. 

Apa itu Autodebet dalam Pinjaman KTA

Mungkin Anda sedang bertanya-tanya, apa itu autodebet? Bagi Anda yang belum tahu, autodebet adalah sistem pembayaran yang secara otomatis mengurangi jumlah saldo kita di dalam rekening. Potongan saldo dilakukan setiap adanya transaksi yang Anda lakukan. 

Sistem autodebet telah digunakan dalam berbagai kartu pembayaran. Salah satunya diterapkan pada KTA. Autodebet dalam Pinjaman KTA merupakan sistem untuk membayar tagihan kartu kredit, asuransi, atau tagihan media secara otomatis. Bila Anda sering terlupa untuk membayar tagihan, pembayaran autodebet akan memudahkan kebutuhan Anda. 

Perlu diketahui, pengurangan dalam sistem autodebet tidak terjadi secara tiba-tiba. Perlu adanya kesepakatan antara Anda sebagai nasabah dan pihak bank. Sehingga, Anda akan mengerti kalau setiap bulan di tanggal yang sama, saldo akan berkurang untuk membayar tagihan tersebut. Biasanya, pihak bank akan memberikan notifikasi melalui SMS, mobile banking, atau rekening koran setiap ada pemotongan saldo. 

Kelebihan Autodebet

Dalam sistem autodebet yang terpasang pada kartu kredit, ada banyak fasilitas yang bisa kita dapatkan. Terutama, bagi Anda yang menyukai hal-hal praktis dan tidak ribet. Berikut beberapa kelebihan autodebet yang bisa Anda dapatkan:

1. Bebas Denda

Saat Anda menggunakan sistem pembayaran autodebet, saldo akan terpotong secara otomatis untuk membayar tagihan. Makanya, Anda bisa terhindar dari denda pembayaran. 

2. Keuangan Lebih Tertata

Menggunakan autodebet tentu akan memudahkan Anda untuk mengatur keuangan secara terperinci. Sistem autodebet akan secara otomatis memotong tagihan secara konsisten. Setelah itu, Anda akan dikirimkan jumlah transaksi yang telah Anda bayarkan melalui sistem. Dengan begitu, Anda bisa melihat bukti-bukti transaksi Anda dengan jelas. 

3. Ramah Lingkungan

Percaya atau tidak, saat Anda memilih fasilitas autodebet dari pihak bank, berarti Anda sudah berkontribusi membantu pelestarian lingkungan. Karena sistem serba daring ini meminimalisir penggunaan kertas transaksi. Sebab, semua tagihan akan dikirimkan melalui surat email.

Baca juga: 5 Cara Promosi Online Melalui Media Sosial

Anda hanya perlu menunggu surat tagihan dikirimkan melalui email, lalu pihak bank akan mengurangi saldo yang ada di rekening tabungan sesuai tagihan Anda. Hal ini tentunya sangat praktis dan Anda tidak perlu datang langsung ke bank. 

4. Pengeluaran Lebih Hemat

Selain lebih praktis, menggunakan sistem autodebet tentunya akan membantu Anda menghemat pengeluaran. Anda tidak perlu lagi membeli perangko sebagai bukti tagihan pembayaran. Selain itu, Anda juga tidak perlu mengeluarkan ongkos untuk datang ke kantor bank. 

Contoh Penerapan Autodebet

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya, autodebet dapat Anda manfaatkan untuk membayar berbagai jenis tagihan. Mulai dari pembayaran subscription hingga entertainment

Pembayaran subscription biasanya membutuhkan persetujuan nasabah untuk melakukan pembayaran rutin pada waktu tertentu. Contoh yang paling umum adalah tagihan untuk membayar SPP sekolah setiap bulannya. 

Sementara, pembayaran entertainment adalah tagihan yang mendukung hiburan Anda. Bila Anda suka melihat film, mendengarkan musik atau podcast, Anda biasanya akan berlangganan setiap bulannya. Misalnya, Netflix, Spotify, YouTube hingga We TV. 

Daripada membayar secara manual, Anda bisa menggunakan fasilitas autodebet supaya transaksi berjalan otomatis.

Tips Membayar KTA

Sistem pembayaran kredit
Source Freepik

Salah satu layanan kredit yang bisa Anda dapatkan adalah Kredit Tanpa Agunan (KTA). Kredit KTA adalah produk pinjaman tanpa persyaratan jaminan (sertifikat, rumah, atau kendaraan pribadi). 

Meski kartu pinjaman KTA terlihat lebih menguntungkan dan hemat, namun Anda bisa boros kalau tidak tahu cara menggunakannya. Bagi Anda yang menggunakan KTA, Anda perlu mengetahui beberapa tips bayar KTA yang tepat.

1. Selalu Melunasi Tagihan

Pihak bank yang mengeluarkan pinjaman KTA memang memberikan Anda kesempatan untuk berhutang atau mencicil hutang sampai beberapa bulan ke depan hingga hitungan tahun. Bahkan, ada penerbit yang menawarkan jangka waktu 12 bulan hingga 5 tahun, atau sesuai kemampuan Anda. 

Sistem pembayaran dengan cicilan ini bisa menjadi alternatif yang tepat karena bunga yang dikeluarkan adalah bunga tetap. Namun jika semakin besar tagihan yang belum kita lunasi, akan semakin menumpuk bunga yang perlu dibayarkan. Anda perlu membayar tagihan tepat waktu agar tidak kesusahan di akhir.

2. Manfaatkan Layanan Autodebet

Layanan autodebet cocok bagi Anda yang suka hal praktis dan tidak ingin repot mengurus tagihan KTA setiap bulannya. Dengan autodebet, Anda lebih dimudahkan untuk membayarkan tagihan tepat waktu.

3. Simpan Semua Bukti Pembayaran

Tips membayar KTA berikutnya adalah menyimpan bukti pembayaran. Anda harus menyimpan bukti ini untuk berjaga-jaga kalau ada masalah peng-input-an yang terlewat. 

4. Gunakan KTA Semestinya

Saat menggunakan pinjaman KTA, tips yang tak kalah penting adalah menggunakan alat pembayaran ini dengan cerdas dan cermat. Dengan cara ini, berbagai masalah keterlambatan bisa Anda hindari dengan baik. Selain itu, Anda bisa menikmati layanan kartu pinjaman KTA lebih maksimal.

5. Buat Pengingat di Email atau Minta melalui Kurir

Bukti tagihan pinjaman KTA dapat dikirimkan melalui email atau paket kurir. Anda bisa meminta ke pihak bank untuk mengirimkannya. Kalau ingin menghindari keterlambatan dan kesalahan alamat, Anda bisa memilih pengiriman tagihan melalui email dan mengaktifkan notifikasi. Dengan cara ini, keterlambatan bisa Anda hindari.

Pinjaman Tanpa Agunan PermataKTA

Salah satu layanan pinjaman KTA yang memiliki fitur autodebet adalah PermataKTA. Layanan pinjaman tanpa agunan dari PermataBank ini bisa Anda manfaatkan ketika membutuhkan pinjaman dana saat dalam kondisi mendesak. Pinjaman KTA ini bias Anda dapatkan secara mudah melalui mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store.

Selain sistem autodebet, PermataKTA juga menawarkan berbagai kelebihan lainnya. Berikut sejumlah alasan mengapa Anda perlu mengajukan pinjaman dana PermataKTA: pinjaman hingga Rp300 juta, bunga rendah dan kompetitif mulai dari 0.88% per bulan, besar angsuran tetap hingga akhir masa pinjaman, jangka waktu pinjaman fleksibel dari 3 bulan hingga 5 tahun, serta syarat dan cara pengajuannya yang mudah. Untuk mengetahui informasi selengkapnya, Anda bisa mengunjungi laman https://www.permatabank.com/id/kta-retail/permatakta.



Terbaru Lebih lama

Related Posts

8 komentar

  1. Benar banget sih ini, melalui autodebet seluruh tagihan bulanan bisa dibayar tepat waktu dan menghindari denda serta pemutusan (kaya layanan entertaiment). Cuma kalau soal pinjaman gini memang harus dipikirkan matang-matang ya Mbak, Kalau nggak terdesak banget lebih baik nggak usah minjam hehehe.

    BalasHapus
  2. Iya juga ya kalau serba digital kan gak perlu struk kertas lagi. Melainkan salinan transaksi saja yg bisa kita screenshot juga. Jadi hemat kertas dan termasuk peduli lingkungan juga ya transaksi seperti ini

    BalasHapus
  3. kalau pakai sistem autodebet jadinya kita bisa disiplin ya mbak dalam membayar hutang kita. ini juga bisa diterapkan nih ke pembayaran tagihan rumah tangga

    BalasHapus
  4. Wuw banyak banget yak keuntungan jadi nasabah PermataKTA jadi pengen ikutan juga

    BalasHapus
  5. Pembayaran autodebet memang memudahkan, terutama yang suka lupa apa tagihan sudah di bayar atau belum, apalagi tanggal jatuh tempo tagihan seperti listrik, internet, dan lainnya beda-beda, kadang suka bingung juga. KTA harus diakui membantu bagi seseorang yang butuh modal cepat dan tidak memiliki angunan, tapi harus dimanfaatkan untuk hal yang produktif.

    BalasHapus
  6. Layanan Auto debet ini, memudahkan banget , praktis, ringkas. Tidak repot pokoknya.

    BalasHapus
  7. dulu waktu saya menyimpan deposito rutinan setiap bulan juga menggunakan autodebet, memang sangat membantu jika kita kelupaan, maka akan otomatis ketarik. termasuk unuk pembayaran-pembayaran penting untuk entertainment. jadi lebih simpel ga pakai manual lagi

    BalasHapus
  8. Wah jadi paham alurnya tapi masih bertanya-tanya bagaimana Islam menyikapi hal ini ya .KTA boleh nggak ya

    BalasHapus

Posting Komentar