Tags

Random Posts

randomposts

Recent Posts

recentposts

5 Cara Pomosi Online Melalui Media Sosial

19 komentar

5 cara promosi online

Promosi online melalui Media Sosial merupakan cara yang sangat efektif. Sebab, media online menjangkau audiens lebih luas dan merata. Sehingga informasi mengenai keunggulan produk dapat diakses secara mudah oleh calon konsumen.

Selain promosi melalui marketplace, yang tak kalah booming adalah promosi penjualan melalui media sosial semacam Instagram, Facebook, Twitter dan Tiktok. Termasuk juga promosi produk yang menggunakan website (blog), content placement.

Promosi melalui media sosial biasanya dilakukan kerja sama dengan influencer. Influencer adalah orang yang memiliki banyak followers dan mampu memberikan pengaruh terhadap para followers-nya tersebut, melalui postingan media sosialnya.

Secara garis besar, Influencer terbagi berdasarkan jumlah pengikutnya:

Promosi online
Hatago consulting

Nano influencer: 1k - 10k followers

Mikro Influencer: 10k - 50k followers

Mid-Tier Indluencer: 50k - 500k followers

Makro Influencer: 500k - 1M follower

Mega Influencer: 1M+ followers

Di kalangan management talent influencer, lebih banyak menggunakan jasa influencer Nano dan Mikro. Karena dianggap lebih alami dan lebih mewakili gaya hidup sehari-hari. Diharapkan mampu memberi pengaruh soft promotion bagi folliwers-nya. Tapi memilih Influencer Nano atau Mikro juga tergantung pada kriteria yang diinginkan Brand.

Nah, berikut 5 bentuk promosi online melalui media masa, yang sering digunakan:

ENDORSMENT

Endorsement adalah pernyataan publik bahwa Talent Influencer/Blogger menggunakan atau menyukai suatu produk, untuk mendukung fitur, kualitas, manfaat, atau merek produk tersebut. Talent membuat sendiri foto, video atau tulisan blog berdasarkan pengalaman penggunaannya dengan mengacu pada ketentuan Brand.

📝 Endorsment berbayar ➖ Brand memberikan BAYARAN (FEE) dan PRODUK kepada Talent Influencer/Blogger, kemudian memberikan brief posting yang diinginkan.

📝 Endorsment free ➖ Brand hanya memberikan PRODUK kepada Talent Influencer/Blogger untuk di-review.

Ketentuan umum endorsment:

Payment sesuai rate card Talent atau ditentukan Brand.

Brief tidak terlalu detail.

☑ Satu kali revisi atau sama sekali tidak ada revisi.

☑ Biasanya tetap mengutamakan kebebasan Talent berekspresi sesuai dengan kepribadian Talent, namun tetap mengacu pada brief yang ada.

PAID PROMOTE

Paid promote adalah promosi dengan cara brand memberikan DRAFT MATANG POSTINGAN (foto, video, artikel, coption) kepada Influencer/Blogger, untuk diposting di media sosial maupun Blog Talent Influencer.

☑ Talent tinggal posting materi dari Brand.

Payment sesuai rate card atau ditentukan Brand.

CAMPAIGN

Campaign adalah promosi online media masa yang biasanya brief detail diberikan oleh Brand untuk postingan Influencer/Blogger. Influencer membuat konten sendiri.

☑ Revisi maksimal 3x atau bisa lebih sesuai kriteria Brand dan kesepakatan.

☑ Produk dikirimkan oleh Brand kepada Talent atau Talent membeli sendiri dengan reimburse seharga produk dan ongkir bersama payment.

☑ Bisa berbayar (fee) atau full barter produk (free).

EVENT

☑ Brand mengundang Influencer/Blogger untuk menghadiri acara live atau offline.

☑ Influencer/Blogger menghadiri acara maksimal 2 jam atau sesuai kesepakatan.

☑ 1x posting feed/story/reels medsos sebelum pelaksanaan acara, sebagai promosi ajakan atau informasi acara (instagram, facebook, tiktok, twitter, tergantung kesepakatan).

☑ 1x posting + story liputan acara.

Fee sesuai rate card atau sesuai rate Brand.

☑ Khusus Blogger 1x posting blog peliputan acara (bisa ditambah post medsos sesuai kesepakatan).

BUZZER LIKE, KOMENTAR, RETWEET

Buzzer dapat diartikan sebagai orang yang bisa menghidupkan atau membawa topik tertentu di media sosial menjadi viral. Namun dalam ruang lingkup promosi medsos, buzzer lebih dimaknai sebagai Influencer yang siap memberikam like, komentar atau repost, retweet terhadap status Brand.

Biasanya Brand menyiapkan topik, memberikan link yang hendak disupport, memberikan brief komen dsb., untuk Fee dari Brand atau sesuai kesepakatan.

Demikian ulasan 5 cara Promosi Online Melalui Media Sosial. Jika ingin mencoba mempromosikan produk kalian, bisa hubungi Zhi Management. Bebas konsultasi dan tanya-tanya. Sedikit TIPS saat mengajukan rate card, sesuaikan dengan engagement akun kalian ya.

Terbaru Lebih lama

Related Posts

19 komentar

  1. boleh nih dicoba promosinya mba, makkasih lho infonya..

    BalasHapus
  2. Alhamdulillah, meski masih nano, tapi udah pernah kerja sama dan dapat cuan, yang penting aktif terus di media sosial dan tambahin follower. Saya rasa, sekarang kayaknya brand lebih banyak promosi di media sosial deh, ketimbang iklan di televisi, udah mahal, yang nonton tv kan cuma emak-emak doang, wkwkwkwkwk....

    BalasHapus
  3. Saya jadi tau beda paid promote dan endorse heuu. Thanks mba. Jadi tambah bergizi otak saya 😁

    BalasHapus
  4. Jaman sekarang berjualan dan promosi lebih banyak dilakukan lewat media sosial malah ya. Apalagi saat pandemi, semua diarahkan dilakukan secara online demi meminimalisir kerumunan atau transaksi manual. Saya sebagai Freelancer senang banget pastinya ada banyak kesempatan bagus untuk ikut berpartisipasi dalam promosi media online inj

    BalasHapus
  5. Bener banget mbak, promosi online melalui Media Sosial sangat ini aku rasa paling efektif. Makanya banyak sekali brand-brand yang tahu dan melakukannya. Alhamdullillah jadi jalan rezeki buat para influence dan blogger macam kita ya mbak.

    BalasHapus
  6. Teknologi semakin maju, memang sudah selayaknya kita memanfaatkan teknologi untuk berbagai keperluan. Di zaman serba online seperti sekarang, cara promosi pun bisa dengan mengoptimalkan media sosial ya..

    BalasHapus
  7. jika kita amati, akhir akhir ini semakin banyak influencer yang mewarnai media sosial. Memang sudah saatnya mencari peluang seluas luasnya di dunia maya ini untuk mendapatkan penghasilan...

    BalasHapus
  8. Awalnya, aku kira pekerjaan sebagai nano influencer (kalau boleh saya sebut begitu, dari list-nya kak Deri) itu mudah. Eh ternyata, ngga segampang itu .. ahhahah. Apalagi ketika disambi dengan kerjaan kantoran yang menuntut waktu dan tenaga lebih banyak di kantor :)

    BalasHapus
  9. Hampir semua cara promosi online di atas sudah pernah saya terima di blog juga sosmed. Cuma sekarang agak selow aja karena ER menurun drastis sejak jrg nengok sosmed. Jadi tau diri juga kalau mau ajukan ratecard, hehe.

    BalasHapus
  10. Saya udah beberapa kali ikutan campaign jadi sedikit banyak tau soal kriteria influencer dan beberapa hal tentang endorsement.
    Thank you udah sharing-sharing ya mbak

    BalasHapus
  11. Ternyata banyak cara ya saat ini yang bisa digunakan untuk promosi di media sosial. Selama ini baru tahu endorse doang dan sponsored post.

    BalasHapus
  12. ah iya media sosial memang menjadi cara promosi yg sangat cocok di era digital seperti ini ya mbak

    BalasHapus
  13. Banyak cara media untuk promosi ya Mba. Cocok 2an model promosinya. Yang pasti sangat membantu brand makin dikenal ya mbak

    BalasHapus
  14. Wih bisa nih jadi rekomendasi, soalnya kadang banyak yang nyari informasi agen2 untuk project promosi usaha.

    BalasHapus
  15. Promosi online emang jadi salah satu cara yang tokcer buat meningkatkan penjualan ya... Apalagi medsosnya juga support buat jadi tempat promosi

    BalasHapus
  16. Semakin banyak pilihan menghasilkan uang di era digital yang serba online ini. Tinggal mau belajar atau gak.

    BalasHapus
  17. wah semuanya sudah pernah ku coba ternyata bagus banget meningkatkan engagement dan bertambah followers

    BalasHapus
  18. Alhamdulillah ya sekarang kita juga jadi bagian dari kegiatan promosi para Brand jadi banyak belajar tentang cara kerja sama baik dengan endorsment maupun paid promote.

    BalasHapus
  19. Ini buat pemilik usaha apapun, kayak sekarang mau ga mau supaya jualan dikenal banyak orang, penting banget ya mas utk promosi yg g cuma offline tpi online
    Jdi inget bisnis sendiri yg masih terbengkalai

    BalasHapus

Posting Komentar


Kumpulan Emak-emak Blogger

Forum Lingkar Pena Palembang

Blogger Palembang Kumpul

Palembang Beauty Blogger

Follow by Email