Tags

Random Posts

randomposts

Recent Posts

recentposts

5 Tips Membeli HP Baru

10 komentar

Tips Beli HP

Kapan sih seharusnya ganti HP? Tentu ada perbedaan jawaban satu sama lain. Mungkin saat HP lama sudah digunakan lebih dari satu tahun, sehingga si pemilik mengalami rasa bosan dengan tampilan HP yang itu-itu saja. Bisa jadi karena kebutuhan terhadap kapasitas dan fasilitas HP yang lebih besar (memori) dan lebih baik (kamera). Bisa pula karena HP lama yang dimiliki sudah mengalami kerusakan, atau karena ada handphone keluaran terbaru yang menarik perhatian, sehingga ingin sekali memilikinya. Apapun alasan seseorang hendak atau harus berganti HP, berikut ulasan tentang 5 Tips Membeli HP Baru:

1. Merk HP

Brand produk dapat menentukan kepercayaan. Karena semakin terkenal suatu brand, biasanya berbanding lurus dengan banyaknya jumlah pengguna atau pembelinya. Meskipun tidak menutup kemungkinan, jumlah tersebut dipengaruhi oleh hebatnya promosi brand tersebut, belum tentu berbanding lurus dengan kepuasan pengguna atau pembeli.

Ya, brand bisa terkenal oleh keunggulan maupun keburukannya. Saat memutuskan ingin membeli HP baru, segera searching info dari berbagai sumber, mengenai merk HP apa yang kualitasnya oke. Bukan sekadar banyak pengguna, tapi sering mendapat keluhan dari penggunanya tersebut.


2. Kapasitas memori

Salah satu alasan ingin membeli HP baru bisa karena kapasitas memori penyimpanan HP lama yang kecil. Sehingga cukup merepotkan, ketika harus menyimpan banyak foto, video atau file baru, sementara file lama masih dibutuhkan, alias tidak boleh dihapus. Meskipun biasanya smartphone memiliki slot memori tambahan, namun kadang, fitur yang tidak bisa mengatur otomatis penyimpanan ke memori, cukup merepotkan. Apa lagi, tidak semua file bisa dipindah ke memori tambahan.

Peringatatan ‘bersihkan memori Anda’ juga cukup mengesalkan. Tanda bahwa penyimpanan hampir penuh. Lebih menjengkelkan ketika butuh cepat men-download aplikasi yang dibutuhkan, malah harus menghapus beberapa aplikasi yang sudah ter-download sebelumnya. Bahkan, eror dan lambatnya akses saat menggunakan HP, tidak terelakkan. Parahnya, memori yang penuh, dapat mengakibatkan kerusakan pada HP. Fiks! Perlu HP baru dengan space bawaan HP yang lebih besar agar lebih leluasa.


3. Fitur dan kecanggihan

Fitur dan kecanggihan HP juga perlu diperhatikan. Pastinya disesuaikan dengan kebutuhan. Umumnya, kamera yang jernih, dengan pixel yang besar, dan kecepatan daya tangkap, semacam dapat memotret objek bergerak, menjadi fitur unggulan yang banyak dicari. Karena hampir setiap pengguna smartphone, baik yang profesional untuk pekerjaan, maupun pemakaian pribadi, sebatas buat selfie, kamera yang bagus tentu lebih membantu dan memuaskan.

Tidak hanya itu, fitur keamanan yang canggih juga perrlu menjadi pertimbangan. Saat ini, aplikasi dompet digital, layanan mobile banking dan sejenisnya yang berkaitan dengan transaksi keuangan, sudah banyak digunakan di smartphone. Maka fitur keamanan yang kuat, harus menjadi salah satu pertimbangan juga, sebelum membeli HP baru.


4. Harga

Mempertimbangkan harga juga merupakan hal penting sebelum memutuskan membeli HP baru. Jangan sampai harus meminjam uang sana-sini karena obsesi memilih HP lebih canggih. Sementara sesungguhnya, HP yang ada belum dimaksimalkan penggunaannya. Apa lagi jika sekadar karena ingin terlihat lebih keren di mata orang lain.

Selain itu, banyak pilihan HP dengan fitur dan kualitas yang sama atau mirip, dengan harga yang jauh berbeda, karena berasal dari brand atau merk yang berbeda. Ini bisa jadi pertimbangan yang sangat menentukan. Memang harga menentukan kualitas, namun jika disesuaikan dengan keuangan, maka harus bisa merasa legowo dengan HP yang sesuai dengan kantong. Kadang-kadang, tidak mahal bukan berarti tidak bagus. Hanya kalah nama saja, kualitas tetap bersaing.


5. Review

Zaman sekarang tidak sulit menemukan review jujur suatu produk, termasuk review mengenai smartphone. Merk, model dan tipe apapun, sangat mudah menemukannya. Hanya tinggal searching di google maka sederet informasi yang mengulas, bahkan sangat detail, bisa dibaca secara online. Selain itu, review jujur ini dapat kita temukan juga di ulasan toko-toko online, pada aplikasi marketplace, semacam Shoppe, Tokopedia dan sebagainya. Bahkan penilaian terhadap performa pelayanan toko terlihat jelas, jika akan membeli HP baru secara online.

Review juga bisa didapatkan melalui berrtanya langsung dengan orang-orang di sekitar kita, yang menggunakan smartphone. Sebagai orang terdekat, pastinya taka da kepentingan bagi mereka, untuk memberikan pendapat yang tidak apa adanya, bukan? Kecuali jika ia penjual atau sales merk smartphone tertentu, bisa jadi pendapatnya tidak apa adanya. Tapi, tak ada salahnya tetap menanyakan kepada mereka, sebagai tambahan pertimbangan nantinya.

Nah, demikianlah ulasan tentang Hal yang Perlu Dipertimbangkan saat Beli HP Baru. Semoga bisa membantu. Sebenarnya, tidak hanya membeli HP baru saja yang memerlukan pertimbangan. Membeli perabot rumah, semacam vas bunga pun, kita perlu melakukan pertimbangan. Termasuk memilih bentuk dan menyesuaikan fungsinya terhadap ruangan, untuk informasi memilih vas bunga untuk ruangan ini, bisa kamu temukan di artikel 3 model Vas Bunga Cantik untuk Ruang Tamu Minimalis.

Selain itu, ada banyak artikel bermanfaat lainnya yang bisa dibaca di blog Kak Citra: www.petunjukhidup.com. Sebagaimana judul blognya yang sangat menarik: Petunjuk Hidup. Segera klik link blognya ya. Semoga dapat menambah informasi dan inspirasi hari ini. Aku paling suka kata-kata terakhir di setiap artikelnya: Salam dan tetap bahagia.


Related Posts

10 komentar

  1. Setuju mbak fitur hp nih yang kuperhatikan kapasitas penyimpanan sama kualitas kamera maklum tukang selpie aku tuh hihihi

    BalasHapus
  2. Bener kak. Sekarang itu penting banget cek ketersediaan memorynya berapa di hape yang mau dibeli. Soalnya, jaman sekarang, memory gede itu dibutuhin banget. Apalagi buat yang suka ngonten kaya kita ya kak. Bakalan sering penuh hapeya

    BalasHapus
  3. Kalau Aku beli hape nanya langsung ke penjualnya kak, kebetulan nih punya teman yang jualan hape jadi enak kalau nanya-nanya suka jujur orangnya. Meski kadang ya nyebelin karena suka pamerin hape baru terus hehehe

    BalasHapus
  4. wah makasih infonya. Saya sendiri sudah lama tidak mengganti HP. Yang terakhir dapat lungsuran dari suami. Yang kami rasakan, review itu penting walaupun kami setia pada satu merek sejak bertahun tahun. Namun tipenya itu yang disesuaikan dengan kebutuhan kami saat ini.

    BalasHapus
  5. Kalau aku yang utama sekarang kapasitas memory, mau 165gb plus memory card aja masih kurang.... Sama fitur kamera sih untuk saat ini

    BalasHapus
  6. Wah, bener semua sih tipsnya kadang ketemu yang memory ok harganya gak oke di kantongku. Sekarang pengen beli hp baru lagi kumpulin uang euyy , tapi kalau gak terkumpul tetep pakai hp lama, sampai itu hp bener2 gak bisa terpakai lagi.

    BalasHapus
  7. Kalau aku beli HP bukan karena ada model terbaru. Lebih kekapasitas hpnya berapa gb, sm harga paling utama. Jadi g pernah ngikutin trend ada HP kliatan baru langsung beli. Kebanyakan lungsuran dari suami 😅🤣 dan kl pun pnya HP baru palingan dpt kado ultah, atau hadiah2 gitu.

    BalasHapus
  8. Kalau Saya sebelum membeli HP cari tahu dulu merk yang emang kualitasnya bagus, soalnya kan sayang kl beli HP merk asal2 yg ada cepat rusak

    BalasHapus
  9. Hiks kakkkkk

    Dulu aku pikir memori internal 16 giga udah bisa lah nih sekedar nulis blog di hp.
    Ternyata cepat banget terisi dan gak bisa upload Poto lagi ke blog. Padahal baru setahunan.

    Sekarang pengen nyari yang baru lagi.. hikss

    BalasHapus
  10. Awalnya aku selalu cari hp yg harganya murah nih, hehehe namun kemudian hari aku merasa memang spek hp itu perlu ya mbak agar tidak menyesal di kemudian hari.

    BalasHapus

Posting Komentar


Kumpulan Emak-emak Blogger

Forum Lingkar Pena Palembang

Blogger Palembang Kumpul

Palembang Beauty Blogger

Follow by Email