Derisafriani.com - Lifestyle and Mom Blogger

Derisafriani.com mengulas tentang keseharian sebagai ibu, mencakup parenting, tips menulis, tips blog, kecantikan, makanan, buku, dan review produk.

ASUS Zenfone 9, Compact Size Big Possibilities Smartphone Penunjang Kesuksesan

22 komentar

Zenfone 9

ASUS Zenfone 9, Compact Size Big Possibilities Smartphone Penunjang Kesuksesan ➖ Sebagai seorang ibu rumah tangga, saya sempat merasa rendah diri pada banyak kesempatan. Paling terasa ketika bertemu dengan teman kuliah atau teman sekolah, yang kini telah sukses meniti karir. Perasaan tidak dihargai dan dianggap tidak penting memenuhi hati. Stigma bahwa ibu rumah tangga tidak memiliki pekerjaan “yang sesungguhnya”, cukup membuat saya down menjalani hari-hari. Mungkin pekerjaan yang sesungguhnya itu sama dengan punya penghasilan. Bukan kegiatan fisik nan melelahkan mengurus seisi rumah.

Stigma ibu rumah tangga

Padahal sebagai ibu rumah tangga saya seringkali harus menghadapi banyak tantangan dan tekanan dalam menjalankan tanggung jawab di rumah. Mengurus anak dengan jarak lahir yang dekat, mengelola keuangan rumah tangga yang terasa semakin sulit, belum lagi melawan pikiran-pikiran negatif karena merasa tidak berkontribusi terhadap perekonomian keluarga dan dianggap menyia-nyiakan ijazah ikut mengikis eksistensi diri.

Hingga suatu hari, saya mengenal istilah blogger dan influencer. Dua kata yang membuka mata untuk berani punya mimpi, agar kembali produktif seperti sebelum menikah. Berharap mampu ikut menstabilkan perekonomian keluarga, meski masih dengan label ibu rumah tangga.

Ada banyak alasan mengapa saya ingin berpenghasilan sendiri. Dimulai dari perasaan tidak ingin menjadi beban suami, harapan untuk membantu menambah pemasukan keluarga, sampai pada proses pencarian semangat hidup yang seakan terkikis habis semenjak menikah. Ya, kehidupan dalam pernikahan tak hanya dipenuhi hal indah saja. Titik beratnya adalah berjuang bersama.

Merajut Mimpi sebagai Blogger dan Influencer

Memutuskan mencari penghasilan dengan menjadi seorang Blogger dan Influencer, memberikan dampak positif bagi diri saya. Rasa optimis terhadap kemampuan diri sendiri mulai tumbuh. Seiring dengan pikiran yang dipenuhi keingintahuan yang tinggi. Kemauan belajar lebih banyak tentang Blogger dan Influencer membuat saya bersemangat.

Pekerjaan ibu rumah tangga

Nyatanya, keputusan ini tidaklah semudah dan semulus yang saya bayangkan. Saya harus memulai dari nol dengan segala keterbatasan yang ada. Saya harus punya komitmen dan dedikasi yang tinggi untuk belajar menulis dengan baik. Sebab, blogger dan influencer tak lepas dari dunia tulis menulis. Saya harus belajar membuat konten yang berkualitas. Saya perlu memiliki pengetahuan tentang cara mengelola dan mengembangkan blog, termasuk memilih platform yang tepat dan mengoptimalkan SEO. Saya harus belajar cara mengambil gambar dan video yang baik. Saya juga perlu online dalam durasi yang lebih lama.

Perangkat Pendukung Utama Kesuksesan

Kendala lain yang saya alami adalah peralatan yang tidak memadai dalam proses menjadi blogger dan influencer. Kebutuhan terhadap perangkat pendukung utama seperti laptop untuk menulis dan kamera untuk take foto dan video menjadi problem yang sangat mengganggu.

Dulu saat awal memutuskan menjadi blogger, saya terselamatkan dengan kehadiran laptop ASUS yang saya miliki. Bisa dibilang, laptop berwarna putih kesayangan saya itu, adalah saksi sejarah awal mula saya membangun blog ini.

Saya juga punya satu kamera untuk mengambil foto dan video. Tapi kamera ternyata tidak menjadi solusi untuk saya yang seorang ibu rumah tangga, dengan banyak anak usia dini dan setumpuk pekerjaan rumah yang tidak bisa diabaikan. Tidak ringkas dan cukup merepotkan. Saya harus take foto atau video menggunakan kamera besar dengan waktu dan space ruang gerak khusus. Sementara rumah tidak begitu luas dengan kondisi anak-anak begitu aktif.

Tidak sampai di situ saja, setelahnya hasil gambar atau video dari kamera, harus dipindahkan lagi ke dalam laptop melalui kartu memori. Pernah setelah jepret sana sini, ketika akan memindahkan ke laptop, memori tidak terbaca. Betapa pusingnya saya.

Saya berpikir, seandainya ada satu perangkat yang bisa memenuhi semua kebutuhan saya ini dalam satu genggaman, alangkah terbantunya saya. Sebuah perangkat yang mudah digunakan dalam artian bisa dioperasikan dimana saja dalam kondisi duduk, berdiri atau berbaring sekalipun.

Mungkin sebuah gawai ringkas dengan ukuran yang tidak terlalu besar. Gawai yang pas digunakan dalam genggaman satu tangan, dengan akses kecepatan memadai, kamera yang stabil dan tajam. Tentu akan menjadi pilihan terbaik. Pasalnya, sebagai seorang ibu rumah tangga, saya tidak punya waktu banyak memegang handphone apa lagi laptop. Dengan ponsel ringkas, saya bisa mencuri kesempatan kapanpun untuk mengakses kebutuhan online saya.

Compact Size Big Possibilities: Makin Percaya Diri Raih Peluang Bersama ASUS Zenfone 9, Gawai Ringkas dengan Sejuta Kemungkinan

Live launching asus
Saya kemudian menemukan informasi mengenai ponsel flagship ASUS Zenfone 9. Saya merasa beruntung bisa mengikuti Live Launching-nya, Kamis, 17 November lalu. Tidak berlebihan jika ASUS Zenfone 9 memiliki tag line “Compact Size Big Possibilities”. Pasalnya performa powerfull dan kualitas smartphone ini memiliki kinerja tinggi dengan upgrade signifikan fitur-fitur baru yang membuatnya tampil premium.

Smartphone ini benar-benar memenuhi apa yang dibutuhkan konsumen terkini, yakni smartphone dengan fitur yang lengkap dalam tubuh yang ringkas. Zenfone 9 pun hadir dalam tampilan yang lebih eye-catching, dilengkapi sertifikasi perlindungan dari debu dan air, peningkatan fitur fotografi dengan kamera 50MP IMX766 dan 6-Axis Hybrid Gimbal Stabilizer untuk foto yang lebih tajam dan bebas guncangan.

Jimmy Lin, ASUS Regional Director Southeast Asia.

Ponsel flagship yang ultra-compact

Zenfone 9

Zenfone 9 memiliki dimensi 5,9 inch dengan berat 169 gr. Dengan panjang kurang dari 14,8cm dan lebar kurang dari 7 cm. Didesain khusus agar pas dengan ukuran tangan dan saku pada umumnya. Antarmuka ASUS ZenUI 9 (Android™ 12) sudah dioptimalkan untuk penggunaan satu tangan. Tombol power yang bisa difungsikan sebagai akses fitur fingerprint sensor, kamera dan smart key all in one, dengan kemampuan smart key double press, slide, long press dan pilih aplikasi, makin mempertegas kemudahan dalam mengoperasikan smartphone ini.

Ponsel flagship yang ultra-stylish

Asus zenfone 9

Zenfone 9 dirancang dengan empat pilihan warna baru: yaitu MoonLight White, Sunset Red, Starry Blue, dan Midnight Black, dengan tekstur permukaan high-grip yang berkesan kokoh dan tampak indah. Selain itu desainnya yang sleek dan clean, diperkuat mid-frame dengan material matte aluminum dengan tombol multifungsi ZenTouch di sisinya, untuk gesture control yang lebih lengkap, makin memperkuat kesan stylish smartphone ini.

Ponsel Flagship yang ultra-speedy

Prosesor zenfone 9

Zenfone 9 diperkuat prosesor flagship Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform untuk menghadirkan performa yang lebih smooth dan responsif. Walau performanya galak, ponsel ini tetap adem berkat teknologi cooling system yang sudah diperbaharui dengan vapor chamber berteknologi tinggi dan fitur penyebaran panas, sehingga memungkinkannya menghasilkan performa tinggi tanpa kenaikan suhu berlebihan.

Snapdragon® 8+ Gen 1 Mobile Platform menawarkan CPU clock speed yang tinggi sampai 3.2 GHz, menghasilkan performa CPU dan GPU 10% lebih tinggi namun dengan efisiensi CPU 30% dibandingkan Snapdragon 8 Gen 1. Untuk meminimalisir potensi bottleneck, Zenfone 9 dilengkapi pula LPDDR5 RAM sampai 16GB dan UFS3.1 storage.

Ponsel ini sudah mendukung konektivitas Wi-Fi paling ngebut Wi-Fi 6E untuk menghasilkan konektivitas yang lebih stabil, lebih cepat, bahkan pada kondisi crowded. Multiple-antenna setup di dalamnya sudah di-upgrade dengan teknologi HyperFusion untuk menyajikan konektifitas simultan antara Wi-Fi dan seluler, yang mengarahkan pengguna ke koneksi dengan sinyal terbaik.

Performa terbaik tentu harus didukung baterai yang mumpuni untuk penggunaan yang lebih memuaskan. Zenfone 9 sudah menggunakan baterai berkapasitas 4300mAh untuk penggunaan seharian lebih. Baterai pada Zenfone 9 juga menggunakan teknologi STP (Specific Tab Process) yang memungkinkan baterai diisi dari middle and out sehingga menurunkan impedansi dan kenaikan suhu selama pengosongan dan pengisian daya, sehingga Zenfone 9 bisa menggunakan adaptor HyperCharger 30W. Ini memberikan daya baterai yang lebih lama dan pengisian ulang yang lebih cepat. Canggihnya lagi, kita bisa mengatur berapa persen daya baterai ingin diisi. Sehingga tidak khawatir over charger.

Gorila glass zenfone 9

Layar Zenfone 9 telah diproteksi dengan Corning Gorilla Glass Victus yang membuatnya empat kali lebih antigores dibanding kompetitor dan tangguh saat jatuh dari ketinggian sampai 2 meter. Sungguh super power sekali dengan layar terbaik di dunia Samsung AMOLED 5,9 inci.

Layar ini layak disebut layar flagship karena panelnya mampu menghasilkan akurasi warna yang tinggi. Untuk mempertahankan akurasi warna yang tinggi, bahkan di outdoor, panel layar ini memiliki tingkat brightness sampai 800 nits (100% APL) dan peak maximum brightness 1100 nits.

Tak hanya itu. Benefit lain yang bisa dinikmati pengguna pada layar Zenfone 9 adalah kecepatan responnya yang tinggi untuk pengalaman menikmati berbagai konten dengan visual yang lancar dan mulus. Ponsel ini sudah diperkuat refresh rate 120Hz yang ultra-smooth, touch-sampling rate 240Hz, dan response time hanya 1ms. Pengguna akan merasakan pengalaman sebagaimana yang diharapkan dari ponsel flagship yang lebih besar dan lebih mahal.

Layar pada Zenfone 9 juga sudah menggunakan format 20:9 untuk keseimbangan yang lebih baik antara aktivitas menikmati konten-konten video maupun melakukan browsing Internet dan gaming. Berkas multimedia, teks, maupun game, dalam format high resolution, akan tampak luar biasa di layar ini berkat diamond PenTile subpixel matrix dengan resolusi FHD+ (2400x1080) yang bisa memberikan densitas piksel sampai 445 ppi.

Tak perlu khawatir menggunakannya untuk movie marathon, karena layar ini sudah tersertifikasi SGS Eye Care Display untuk emisi blue-light yang lebih rendah sehingga lebih nyaman di mata. Layar ini juga sudah mendukung DC Dimming, Always-on Display, dan menawarkan empat pilihan refresh rate, yaitu 120Hz, 90Hz, 60Hz, dan Auto.

Gimbal stabilizer zenfone 9
6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer Zenfone 9

Zenfone 9 diperkuat formasi kamera depan dan belakang berkualitas pro dari Sony. Di belakang ada kamera utama 50MP ultra-wide angle dari SONY IMX766 yang diperkuat teknologi 6-axis Hybrid Gimbal Stabilizer dan Autofocus untuk pengambilan gambar yang lebih stabil dan bebas guncangan. Kamera ini mampu merekam video 8K/24fps dengan OIS/EIS. Kamera ini juga mampu merekam foto 16MP dengan light sensitivity yang lebih tinggi menggunakan filter warna Quad Bayer dan perekaman hingga 50MP pada kondisi terang.

6-axis hybrid gimbal stabilizer merupakan sebuah perangkat yang terdiri dari sebuah gimbal dengan enam sumbu (axis) yang dapat berputar secara independen. Gimbal ini dapat digunakan untuk menstabilkan kamera saat mengambil gambar atau video, sehingga hasilnya tidak terganggu oleh getaran atau gerakan yang tidak terkendali. Gimbal ini biasanya dilengkapi dengan berbagai fitur tambahan seperti kemampuan untuk mengikuti suatu objek, mengontrol sudut pandang, dan lain-lain. Dengan menggunakan 6-axis hybrid gimbal stabilizer, Anda dapat mengambil gambar atau video yang lebih halus dan memiliki kualitas yang lebih tinggi dibandingkan dengan menggunakan stabilizer gimbal dengan jumlah sumbu yang lebih sedikit.

Lalu kamera kedua 12MP ultra-wide dengan sensor SONY IMX363 yang mendukung fotografi makro dan disertai fitur autofocus. Kamera ini mampu merekam video 4K/60fps dengan EIS dan koreksi distorsi yang real-time. Kamera ini mampu merekam foto makro dengan fokus sampai jarak 4cm.

Kamera zenfone 9
Spesifikasi kamera Zenfone 9

Zenfone 9 menjadi ponsel pertama yang menggunakan sensor SONY IMX663 yang mampu melakukan autofocus dengan cepat berkat dual PDAF. Kamera depan ini mampu merekam foto hingga 12MP dan video 4K/30fps atau FHD/60fps dengan EIS. Tidak hanya mampu melakukan zoom, pengguna juga bisa melakukan selfie dengan tingkat kedalaman yang tinggi dan lebih tajam. 

Dengan formasi kamera selengkap dan secanggih ini, pengguna bisa melakukan perekaman foto dan video dalam mode pro. Di mana pengguna akan memiliki lebih banyak pilihan kustomisasi dan setup untuk menghasilkan foto maupun video yang diinginkan. Pengguna bisa melakukan manual setting untuk focus, ISO, kecepatan shutter, EV, dan white balance, serta perekaman dalam RAW. ASUS juga menyediakan fitur baru Light-trail mode (BETA) yang memungkinkan pengguna menggunakan manual shutter atau melakukan preset shutter time untuk merekam objek bergerak dan menghasilkan efek cahaya yang menarik, seperti lalu lintas malam hari, light graffiti, memotret air terjun, dan sebagainya.

Zenfone 9 tidak hanya punya dua speaker linier yang masif dan didukung oleh Qualcomm AqsticTM smart amps, tapi juga dilengkapi dengan jack audio 3.5mm yang menggunakan Qualcomm Aqstic DAC terbaru. Bersama dengan sound tuning dari Dirac, Zenfone 9 memberikan pengalaman audio yang impresif.

Dual speaker pada Zenfone 9 dilapisi Dbass foam ball untuk memberikan kedalaman suara ekstra. Tiap speaker sudah diperkuat Qualcomm Aqstic WSA8835 amp yang powerful. Dari pengujian, Zenfone 9 mampu memproduksi bass 50% lebih besar dibandingkan kompetitor.

Penggemar headphone 3.5mm bakal dipuaskan dengan output Hi-res Audio yang mampu dihasilkan oleh ponsel ini. Audio jack ini bahkan sudah menggunakan Qualcomm® AqsticTM WCD9385 DAC terbaru dan menghasilkan dynamic range dan low distortion yang luar biasa.

Untuk memaksimalkan speaker di tubuh smartphone yang ramping, ASUS bekerjasama dengan pakar sound dari Swedia di Dirac Research. Melanjutkan kerjasama sejak project ROG Phone 3, para pakar sound di Dirac menggunakan Dirac HD Sound Technologies untuk melakukan koreksi pada impulse dan frequency response, peningkatan bass dan volume, sehingga menghasilkan sound yang lebih kuat, bass yang lebih terasa, dan bebas distorsi.

Zenfone 9 juga sudah dilengkapi aplikasi AudioWizard yang bisa diset dengan cepat di quick setting, untuk mengoptimalkan dan meningkatkan kualitas audio pada Zenfone 9. Antarmukanya menampilkan 10-band equalizer yang mudah diatur serta pilihan audio style: Dynamic, Music, Cinema, dan Game.

Sertifikasi ip68
Zenfone 9 anti air dan debu

Zenfone 9 juga telah memiliki sertifikasi IP68 menunjukkan bahwa perangkat ini telah lulus uji coba yang ketat untuk memastikan bahwa sudah memenuhi standar ketahanan terhadap debu dan air. Hal ini menunjukkan bahwa perangkat ini memiliki kualitas yang baik dan dapat diandalkan untuk digunakan di lingkungan yang kotor atau banyak terkena air. Sehingga tidak perlu merasa khawatir akan rusak menggunakan Zenfone 9 di kondisi cuaca ekstrem, seperti di bawah hujan atau di bawah salju. Sebagai info tambahan, jika Zenfone 9 kotor, bisa disiram air untuk mencucinya. Jika terjatuh ke dalam air, semacam kolam renang, cukup diambil dan dikeringkan. Termasuk jika terjatuh di pasir yang berdebu.

Selain itu ASUS Zenfone 9 memiliki anti fingerprint sebagai pelindung jika tangan dalam keadaan lembab dan kotor, sementara perlu menggunakan handphone.

Spesifikasi zenfone 9
Spesifikasi Zenfone 9

Kesimpulan

Gawai ringkas dengan sejuta kemungkinan ASUS Zenfone 9 ini, seakan menjadi jawaban atas kebutuhan saya. Perangkat yang mumpuni menunjang terwujudnya kesuksesan saya, seorang ibu rumah tangga yang ingin mencari penghasilan dengan menjadi blogger dan influencer. Sejuta kemungkinan yang menopang impian saya untuk hidup lebih baik dari segala sisi.

Tidak mustahil saya mampu mewujudkan eksistensi diri dengan didukung smartphone se-powerfull ini. Ringkas untuk digenggam, mudah dioperasikan, gahar dengan prosesor dan layar terbaik.

Tidak ada lagi drama menyita waktu yang lama saat ngeblog dan membuat konten sebagai influencer. Saya bisa menyicil tulisan satu dua paragraf sambil mengurus anak. Saya bisa mengambil foto dan video dengan tangan sebelah saat menggendong anak, dengan hasil yang dijamin stabil, smoot dan jelas.

Tidak berlebihan kiranya saya akan menjadi makin percaya diri meraih peluang, menjadi Blogger dan Influencer bersama ASUS Zenfone 9.

Buat kalian yang mau beli Zenfone 9, udah bisa kalian dapatkan melalui partner dan channel pembelian resmi produk ASUS antara lain Erafone, Tokopedia, ASUS Exclusive Store, ASUS Online Store.

***

*Artikel ini diikutsertakan dalam ASUS Zenfone 9 Blog Writing Competition di Blog Widyanti Yuliandari

**Sumber tulisan: Release resmi ASUS Zenfone 9, live launching youtube ASUS Indonesia, zoom blogger Zenfone 9, dan website resmi ASUS.


Related Posts

22 komentar

  1. Benar2 smartphone idaman ini sih, fiturnya oke banget, sangat mendukung aktifitas seorang blogger, influencer dan mereka yang bekerja di bidang digital. Kita tidak perlu memiliki banyak perangkat. Cukup dengan zenfone 9 semua bisa teratasi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banget Mbak. Apa lagi buat emak2 sibuj kaya aku.

      Hapus
  2. Setuju banget, mbak. Zenfone 9 the real smartphone yang mampu mewujudkan kesuksesan profesi blogger dan influencer. Meskipun compact size namun big possibilities.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Compact sizenya jadi keunggulan tersendiri sih buat aku. Lebih simple megangnya.

      Hapus
  3. Asus Zenfone 9 ini memang sukses buat siapa saja penasaran ya Mbak. Bentuknya yang kecil tapi powerful, ditambah lagi kamera yang stabil dengan gimbal tentu jadi incaran banyak orang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yes, gimbalnya bikin tercengang. Oke banget. Ada tuh di postingan IG nya mbak Widyanti hasil videonya.

      Hapus
  4. Keren banget. Sanagat tertarik dengan pengisian daya yg bisa diatur. Spill harganya kak. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih terjangkau sih Mbak. Cuma perlu nabung juga sih kalau aku.

      Hapus
  5. Ternyata gak mudah ya...unutk menjadi seorang konten kreator dan blogger karena ada banyak hal yang dipelajari sekaligus butuh gadget yang mumpuni dari berbagai aspek seperti yang dimiliki ASUS Zenfone 9 ini.. Bagus bangettt...

    BalasHapus
  6. ASUS ZENFONE 9 memang juaranya gawai banget ya. Dengan Keunggulannya yang banyak

    BalasHapus
  7. Suka dengan bodynya yang compact jadi enak di bawa kemana-mana tapi soal spesifikasi keren banget lho terutama kameranya cocok buat dijadikan teman bikin konten, sudah ada teknologi Asus Gimbal ya jadi bikin video lebih stabil.

    BalasHapus
  8. Setuju
    Smartphone yang mumpuni seperti ASUS Zenfone 9 ini akan sangat mendukung produktivitas kita ya mbak

    BalasHapus
  9. Masyaallahu lengkap sekali review tentang smartphone ASUS Zenfone 9 yang super keren inj. Memang benar2 bisa membantu kita sebagai blogger dan influencer untuk mewujudkan mimpi.

    BalasHapus
  10. bagus ya Zenfone 9 ini, ringkas tapi banyak bisanya, duh naksir aku mbak ma zenfone 9 ini

    BalasHapus
  11. Mantul memang spesifikasi dari Zenfone 9 ini. Meskipun layar cenderung kecil untuk ponsel flagship, tapi fiturnya udah canggih banget

    BalasHapus
  12. Cocok untuk mom influencer ini.. Body ramping dan kameranya oke banget

    BalasHapus
  13. Kebetulan lagi pengen ganti Hp wah jadi referensi nih Asus Zenfone 9 jadi mau deh beli nya

    BalasHapus
  14. Asus Zenfone 9 ini salah satu impianku, Mbak. Dengan ukuran yang compact size, bikin nulis bisa dimanapun kapanpun.

    BalasHapus
  15. semoga ada rejeki punya asus aamiin, belum kesampaian punya gadget asus. Dia tuh kalau soal update dan upgrade luar biasa terdepan makanya envy kalau liat iklan asus tuh mba

    BalasHapus
  16. Kiranya memang benar ponsel terbaik sebagai influencer itu Asus, apalagi untuk pengambilan vidoe ada fitur gimbal nya masyaallah jadi pengen order juga hmmm

    BalasHapus

Posting Komentar