Tags

Random Posts

randomposts

Recent Posts

recentposts

Manfaat Blogwalking bagi Blogger

2 komentar

Manfaat Blogwalking

Istilah Blogwalking sudah sering terdengar di kalangan Blogger. Diartikan sebagai kegiatan saling berkunjung, dari blog satu ke blog lainnya, antara sesama teman blogger. Biasanya ada kesepakatan bersama untuk komitmen membaca postingan dan saling berkomentar. Sebenarnya Blogwalking memiliki makna lain, yakni berkunjung ke blog Blogger lain, dengan tujuan membaca dan mengamati blog dan postingannya, tanpa ada kewajiban berkunjung balik.

Saya lebih nyaman dengan Blogwalking versi kedua. Di mana tak ada tuntutan atau kewajiban untuk membaca postingan yang kadang tidak ingin saya baca. Selain itu, rasanya lebih bebas menghayati dan mengekplorasi blog yang menarik buat saya, tanpa harus terburu-buru dikejar waktu, untuk segera menyelesaikan kewajiban blogwalking.

Akan tetapi, Blogwalking dengan kesepakatan untuk saling berkunjung, kerap kali saya lakukan juga. Karena keduanya sama-sama memiliki sisi positif, baik untuk diri sendiri sebagai Blogger, maupun sisi positif untuk kemajuan blog. Berikut beberapa manfaat Blogwalking bagi Blogger:

 

Sebagai sarana menjalin silaturahmi antar Blogger

Mengunjungi blog orang lain, membaca dan memberikan komentar sebagai apresiasi atau tanggapan terhadap tulisannya, dapat membangun hubungan pertemanan yang baik antar Blogger. Apa lagi jika hal ini dilakukan bukan karena kewajiban bertukar komen.

Setiap kali ada notifikasi komentar di blog saya, rasanya bahagia sekaligus penasaran. Siapa sih yang komentar ini? Mengapa dia tertarik membaca postingan saya? Tak butuh waktu lama. Biasanya saya akan segera meluncur ke profilnya, bahkan jika ia berkomentar kurang sepakat dengan apa yang saya tulis, asalkan masih dengan kata yang sopan, saya tetap kepo dengan siapa dia.

Mungkin jika hanya sekali, blogwalking semacam ini tidak terlalu berkesan, namun jika dilakukan rutin, rasa ingin tahu tak akan terbendung lagi. Entah secara diam-diam mengunjungi balik ke blognya, maupun menuliskan komentar sebagai tanda komunikasi yang mulai terjalin. Apa lagi jika blogwolking ini dilakukan secara rutin, lama-lama akan kenal pemilik blog yang kita kunjungi.

 

Menambah pengunjung blog

Pengunjung adalah poin penting yang diharapkan dari sebuah blog. Tulisan yang baik, tampilan blog yang menarik, menerapkan SEO On page maupun Off page, kesemuanya bertujuan untuk menarik pengunjung ke blog. Blogwalking, yang merupakan kegiatan saling berkunjung, tentu dapat menambah jumlah visitors blog. Meski kualitas pengunjung ini juga ada yang berdampak baik dan buruk terhadap blog.

Andai pengunjung hanya membaca sekilas, kemudian meninggalkan blog kita, pengunjung seperti ini dianggap tidak berkualitas untuk blog. Akan membuat halaman pantulan tinggi, dan tidak baik untuk penilaian google. Oleh karena itu, ada aturan khusus yang harusnya diberlakukan pada blogwalking atas dasar kesepakatan, agar berdampak baik pada blog. Misalnnya menentukan minimal waktu untuk stay di blog, mewajibkan membaca dengan benar postingan yang telah ditentukan, atau diminta mengeklik salah satu tautan yang ada di postingan yang dibaca, alias tidak langsung keluar begitu saja.

Begitu juga dengan Blogwalking tanpa kewajiban. Potensi untuk segera meninggalkan blog, karena merasa blog tersebut tidak menarik, cukup besar terjadi. Apa lagi tanpa adanya kesepakatan seperti sebelumnya saya jelaskan. Namun, bila blog kita memang berkualitas, secara alami pengunjung akan lebih lama stay.

 

Tempatnya mencari ide dan inspirasi

Banyak berkunjung ke blog orang lain dan membaca tulisan-tulisannya, tentu akan menambah banyak pengetahuan baru, maupun memperdalam wawasan. Ulasan yang ditulis pasti bermacam tema dengan sudut pandang yang juga berbeda. Semua itu dapat melahirkan ide dan inspirasi bagi seorang Blogger. Baik ide untuk menulis, maupun inspirasi memperbaiki dan memperelok tampilan blog.

 

Mendapatkan backlink gratis

Backlink sangat berguna untuk kemajuan blog, karena dapat meningkatkan Domain Autority, Page Autority dan Domain Rating. Backlink dapat menaikan traffic blog, dan ini bisa didapatkan melalui backlink berkomentar saat melakukan blogwalking.

Tipsnya, jangan memberikan komentar spam. Ada baiknya komentar yang dituliskan relevan dengan isi postingan, sehingga tidak dianggap spam oleh pemilik blog, kemudian dihapus. Jangan menuliskan link di kolom komentar, karena sebagian keamanan blog, secara otomatis mengaggapnya spam, tapi masukan link di kolom seharusnya sebagai data pemberi komentar.

Kadang ada Blogger yang hanya memperbolehkan pengguna akun google (gmail) saja yang bisa berkomentar, tapi ini tidak masalah. Jika komentar kita menarik, si pembaca, baik pemilik blog, maupun pengunjung lain, akan mengeklik profil kita.


Sebagai sarana mendapatkan job blog

Dulu saya pernah membaca postingan Blogger lain tentang ulasan suatu produk, semacam mempromosikan. Saya lalu penasaran, apakah tulisan tersebut dibayar atau tidak, dan dari mana ia mendapatkan informasinya? Akhirnya saya menghubungi Blogger tersebut melalui salah satu akun media sosialnya, dan menanyakan perihal ini.

Saya paham tidak semua Blogger mau berbagi. Bersyukur, Blogger tersebut menyambut hangat pertanyaan saya. Ia memberi tahu bahwa itu merupakan postingan berbayar. Bahkan ia mau memberi tahu asal job tersebut dari mana.

Tidak mungkin terlalu banyak bertanya, saya lalu mencari informasi sendiri. Tentu saja kembali dengan melakukan blogwalking. Ternyata banyak Blogger yang mengulas tentang tips mendapatkan job Blogger ini. Rasanya sangat terbantu. Saya jadi ingat, di awal ngeblog dulu, banyak artikel mengenai tutorial blog yang saya baca. Misalnya, cara membuat blog, cara membuat postingan pertama di blog, atau cara memasang template blog. Semua saya temukan dengan blogwalking, menjelajah satu demi satu blog yang menurut saya informasinya pas dengan kebutuhan saya.

 

Nah, demikianlah manfaat Blogwalking bagi Blogger yang pernah saya alami dan rasakan. Semoga memberi pencerahan. Baca juga tulisan Mbak Inna tentang Waktu terbaik untuk memposting di media sosial. Ada ulasan tentang memosting di blog juga lho.

 

 


Related Posts

2 komentar

  1. Andai pengunjung hanya membaca sekilas, kemudian meninggalkan blog kita, pengunjung seperti ini dianggap tidak berkualitas untuk blog. >>> Insyallah, saya berusaha membaca artikel yang dikunjungi, Mabak. Walau tidak terlalu detil.Terlebih artikel yang puanjaaaannggg. butuh waktu setengah jam lebih. Kan masih banyak artikel teman lain yang akan dibaca.





    BalasHapus
  2. Bermanfaat banget ini blogwalking, tapi jangan meninggalkan blog kita secara cepat, lebih baik dibaca dulu sekitar 5 menitan gitu, malah tidak bermanfaat kalau seperti ini, biasanya kalau dibuatkan group jadi tau rulenya sehingga blogwalking bermanfaat

    BalasHapus

Posting Komentar


Kumpulan Emak-emak Blogger

Forum Lingkar Pena Palembang

Blogger Palembang Kumpul

Palembang Beauty Blogger

Follow by Email