Resep Ayam Berantakan Crispy Kobe, Bikinnya Mudah Banget!

Resep ayam kentucky crispy kobe
Beberapa hari lalu saya membuat ayam kentucky crispy dengan tepung Kobe. Saya praktikkan Resep Ayam Berantakan Crispy, yang ternyata cara bikinnya mudah banget!

Sejujurnya sudah beberapa kali saya mencoba membuat ayam goreng sejenis ini. Tapi tidak pernah berhasil. Selalu ada drama di balik pembuatan ayam crispy dengan resep sebelumnya.

Masalah paling sering terjadi adalah, tepung yang tidak menempel pada ayam. Sehingga setelah usai digoreng, jadinya ayam polos 😅 sementara tepung tertinggal di penggorengan.

Sudah saya coba menggunakan metode celup adonan bumbu basah dulu, atau celup adonan telur kocok, atau pakai metode dua kali celup. Namun hasilnya masih sama. Jauh dari ekspektasi.

Ketika saya menemukan resep Ayam Berantakan Crispy dari Kobe ini, perasaan cemas takut gagal muncul jua. Namun setelah mempraktikkan step by step dan mendapat hasilnya, kekhawatiran sirna. Ayam ala kentucky saya sukses!

Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy - Tepung Bumbu Menentukan Hasil

Varian tepung kobe
Ternyata keberhasilan membuat ayam ala kentucky ini sangat ditentukan oleh tepung yang dipakai. Kandungan racikan dalam tepung sangat memengaruhi hasil akhir.

Kobe tepung kentucky supercrispy yang saya gunakan ini, memang diracik dan diformulasikan untuk ayam kentucky yang crunchy dan crispy ala restoran. Perpaduan racikan bumbunya, membuat ayam goreng kentucky bikinan saya terasa pas di lidah, lezat dan gurih. Selain enak, kerenyahannya tahan hingga 8 jam.

Kobe tepung kentucky supercrispy diproses menggunakan teknologi modern. Tanpa menggunakan bahan pengawet  dan pewarna buatan. Tersedia juga kemasan praktis 70gr. Saya pakai dua bungkus untuk resep kali ini.

Sekilas tentang KOBE

Ternyata KOBE adalah singkatan dari KATA ORANG BANYAK ENAK. Saya baru tahu lho. Kobe memulai perjalanannya sejak tahun 1979, sebagai industri rumahan di kota Semarang, KOBE sukses menjadi pelopor tepung bumbu pertama di Indonesia. Sesuai dengan taglineny—KOBE AHLINYA TEPUNG BUMBU!—tepung bumbu Kobe memang dapat diandalkan untuk masakan sehari-hari. Bahkan bisa menjadi inspirasi dari berbagai variasi tepung kobe yang ada.

Ada Kobe Tepung Tempe Kriuk, yang diformulasikan khusus untuk tempe yang gurih dan renyah dengan racikan ketumbar asli. Kobe tepung bumbu putih, formulasi untuk membuat gorengan renyah bertekstur kristal. Kobe tepung serbaguna, formulasi untuk membuat gorengan renyah berempah. Kobe tepung bakwan dan perkedel, khusus untuk hasil bakwan dan perkedel yang lembut di dalam, renyah di luar. Kobe tepung pisang goreng, diformulasikan untuk pisang goreng dan aneka kue. Dan tentu saja ada Kobe tepung kentucky supercrispy.

Resep Ayam Berantakan Crispy Kobe, Bikinnya Mudah Banget!

Resep ayam berantakan kobe
Ini nih resep ayam kentucky Kobe yang sukses saya praktikan 👇

Bahan:

5 buah paha ayam (sayat-sayat ayam dan tulang tidak dibuang) ➖ saya 3 paha dan 2 potongan dada ayam

1 sachet Lada Kobe ➖ saya 1 sendok penuh lada bubuk

1 sachet Saus Tiram Selera ➖ saya pakai 2 sendok saus tiram

2 bungkus Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy (80gr) ➖ saya pakai 2 bungkus yang 70gr.

Air secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

Bersihkan ayam, cuci kemudian sayat-sayat agar melebar.

Bumbui ayam dengan lada dan saus tiram diamkan selama 10 menit. Saya lebihkan hingga 20 menit.

Siapkan dalam 1 wadah adonan basah dengan perbandingan: 1 sendok makan Kobe Kentucky SuperCrispy ditambah 4 sendok makan air. Aduk rata.

Rendam ayam dalam adonan basah,  kemudian balurkan ayam ke dalam sisa Kobe Kentucky SuperCrispy yang kering sambil dicubit-cubit ringan dengan ujung jari (yang dicubit tepungnya, bukan ayamnya) ➖ tepungnya ya. Bukan ayamnya.

Goreng dalam minyak panas dan terendam dengan api sedang hingga matang.

Angkat dan sajikan.

Cukup mudah bukan? Soal rasa, tidak usah diragukan. Lezat dan renyah. Nah, untuk cek resep dapurkobe lainnya di http://www.dapurkobe.co.id/ ya. Selamat berkreasi.


Komentar

  1. Haha sama kita setelah digoreng, jadinya ayam polos sementara tepung tertinggal di penggorengan. Memang pakai Tepung KOBE bisa jadi solusinya ya...mau ah coba resep Ayam Berantakan Crispy KOBE

    BalasHapus
  2. Ini sih praktis bnaget. Aku yang nggak bis masak pun pasti bisa masak seenak ini. Kobe emang tahu kebutuhan zaman now. Bahan masak yang praktis sehingga mudah memasaknya

    BalasHapus
  3. Saya banget ini, gagal terus bikin ayam goreng crispy. Wkwkwk... Bener, seringnya ayamnya jadi telanjang, tepungnya ketinggalan di penggorengan. Hiks... Mau coba resepnya ah.. Ini berarti marinasinya pakai saus tiram, yaa... Saya biasanya cuma pakai garam + lada thok. Hehe...

    BalasHapus
  4. Eh ternyata ada singkatannya ya, saya kira itu bahasa Jepang lho hahaha. Wah ini sih makanan kesukaan anak-anak ya mbak, ayam crispy. Ternyata bikinnya mudah banget dengan tepung kobe. Kapan-kapan mau coba juga ah. Makasih resepnya.

    BalasHapus
  5. Wah, nyoba ah resep ayam krispinya. Aku kurang pinter nih menggorengnya. Luarnya krispi, dalemnya belum mateng. Dilamaain lagi, malah gosong...Tapi emang tepung Kobe langganan sih, engga perlu ditambah garam udah enak...

    BalasHapus
  6. Ternyata pakai saus tiram juga ya. Akupun belum mahir buat ayam goreng crispy begini. Nyoba yang tepung kobe ayam kalasan juga enak deh mba, malah lebih ringkas lagi buatnya

    BalasHapus
  7. Ayam krispi berantakan, lucu banget namanya. Enaakk memang pake tepung kobe ini, sering share resep masakan juga di sosmednya. Hihi..

    BalasHapus
  8. Tepung Kobe memang paling enak kalau bikin ayam tepung, dulu aku juga suka gagal bikin ayam kentucky hahaha, tapi setelah tahu teknik dan jenis tepungnya, jadi lumayan berhasil pakai Tepung Kobe.

    BalasHapus
  9. Mantul nih resepnya. Cus cobain pake tepung Kobe Kentucky super crispy.

    BalasHapus
  10. Wah iyaa ini enak bangett aku sukaa. Mau dibuat ayam crispy enak, dipakein sama jamur jg enaakk..

    BalasHapus
  11. masak ayam tepung ini memang tricky banget yaaa. aku juga gagal melulu kalau bikin ayam krispi ini karena selalu nggak matang dalamnya. masih bingung gimana caranya bikin ayam krispi yang masak luar dalam

    BalasHapus
  12. Menarik ya resepnya, apapun bisa jadu lebih praktis kalau sudah ada kobe. Masak jadi simpel.

    BalasHapus
  13. Wah maksih lho mbak, sudah share resepnya
    Aku mau praktikkan nih
    Biar bisa bikin ayam enak seperti ini

    BalasHapus
  14. Resepnya mudah banget tinggal sayat ayam lalu dimarinasi dan celup, goreng sreeng! Gak usah ribet kudu ukep-ukep dulu ya. Makasih Kak. Jadi pengen masak ayam berantakan juga pake tepung Kobe.

    BalasHapus
  15. Kalau goreng kudu mendadak pas mau makan gitu yaa, kak?
    Aku masih suka gagal kalau masak Ayam Kentucky. hikks~
    Kudu coba kak Desi menggunakan Kobe Kentucky SuperCrispy. Dengan racikan bumbu yang pas, bikin makan ayam serasa di restoran nih..

    BalasHapus
  16. Saya paling doyan nih makan ayam kentucky. Tpi memang tepungnya kobe bisa bikin tambah kriuk ya mba. Makan jadi makin berselera

    BalasHapus
  17. Baru tahu singkatan KOBE hehehe. Tepung KOBE ini udah lama jadi andalan untuk bikin masakan yang crispy. Rasanya yang gurih dan hasilnya beneran crispy bikin keluarga suka.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗