Resep Ayam Berantakan Crispy Kobe, Bikinnya Mudah Banget!

Resep ayam kentucky crispy kobe
Beberapa hari lalu saya membuat ayam kentucky crispy dengan tepung Kobe. Saya praktikkan Resep Ayam Berantakan Crispy, yang ternyata cara bikinnya mudah banget!

Sejujurnya sudah beberapa kali saya mencoba membuat ayam goreng sejenis ini. Tapi tidak pernah berhasil. Selalu ada drama di balik pembuatan ayam crispy dengan resep sebelumnya.

Masalah paling sering terjadi adalah, tepung yang tidak menempel pada ayam. Sehingga setelah usai digoreng, jadinya ayam polos 😅 sementara tepung tertinggal di penggorengan.

Sudah saya coba menggunakan metode celup adonan bumbu basah dulu, atau celup adonan telur kocok, atau pakai metode dua kali celup. Namun hasilnya masih sama. Jauh dari ekspektasi.

Ketika saya menemukan resep Ayam Berantakan Crispy dari Kobe ini, perasaan cemas takut gagal muncul jua. Namun setelah mempraktikkan step by step dan mendapat hasilnya, kekhawatiran sirna. Ayam ala kentucky saya sukses!

Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy - Tepung Bumbu Menentukan Hasil

Varian tepung kobe
Ternyata keberhasilan membuat ayam ala kentucky ini sangat ditentukan oleh tepung yang dipakai. Kandungan racikan dalam tepung sangat memengaruhi hasil akhir.

Kobe tepung kentucky supercrispy yang saya gunakan ini, memang diracik dan diformulasikan untuk ayam kentucky yang crunchy dan crispy ala restoran. Perpaduan racikan bumbunya, membuat ayam goreng kentucky bikinan saya terasa pas di lidah, lezat dan gurih. Selain enak, kerenyahannya tahan hingga 8 jam.

Kobe tepung kentucky supercrispy diproses menggunakan teknologi modern. Tanpa menggunakan bahan pengawet  dan pewarna buatan. Tersedia juga kemasan praktis 70gr. Saya pakai dua bungkus untuk resep kali ini.

Sekilas tentang KOBE

Ternyata KOBE adalah singkatan dari KATA ORANG BANYAK ENAK. Saya baru tahu lho. Kobe memulai perjalanannya sejak tahun 1979, sebagai industri rumahan di kota Semarang, KOBE sukses menjadi pelopor tepung bumbu pertama di Indonesia. Sesuai dengan taglineny—KOBE AHLINYA TEPUNG BUMBU!—tepung bumbu Kobe memang dapat diandalkan untuk masakan sehari-hari. Bahkan bisa menjadi inspirasi dari berbagai variasi tepung kobe yang ada.

Ada Kobe Tepung Tempe Kriuk, yang diformulasikan khusus untuk tempe yang gurih dan renyah dengan racikan ketumbar asli. Kobe tepung bumbu putih, formulasi untuk membuat gorengan renyah bertekstur kristal. Kobe tepung serbaguna, formulasi untuk membuat gorengan renyah berempah. Kobe tepung bakwan dan perkedel, khusus untuk hasil bakwan dan perkedel yang lembut di dalam, renyah di luar. Kobe tepung pisang goreng, diformulasikan untuk pisang goreng dan aneka kue. Dan tentu saja ada Kobe tepung kentucky supercrispy.

Resep Ayam Berantakan Crispy Kobe, Bikinnya Mudah Banget!

Resep ayam berantakan kobe
Ini nih resep ayam kentucky Kobe yang sukses saya praktikan 👇

Bahan:

5 buah paha ayam (sayat-sayat ayam dan tulang tidak dibuang) ➖ saya 3 paha dan 2 potongan dada ayam

1 sachet Lada Kobe ➖ saya 1 sendok penuh lada bubuk

1 sachet Saus Tiram Selera ➖ saya pakai 2 sendok saus tiram

2 bungkus Kobe Tepung Kentucky SuperCrispy (80gr) ➖ saya pakai 2 bungkus yang 70gr.

Air secukupnya

Minyak goreng secukupnya

Cara membuat:

Bersihkan ayam, cuci kemudian sayat-sayat agar melebar.

Bumbui ayam dengan lada dan saus tiram diamkan selama 10 menit. Saya lebihkan hingga 20 menit.

Siapkan dalam 1 wadah adonan basah dengan perbandingan: 1 sendok makan Kobe Kentucky SuperCrispy ditambah 4 sendok makan air. Aduk rata.

Rendam ayam dalam adonan basah,  kemudian balurkan ayam ke dalam sisa Kobe Kentucky SuperCrispy yang kering sambil dicubit-cubit ringan dengan ujung jari (yang dicubit tepungnya, bukan ayamnya) ➖ tepungnya ya. Bukan ayamnya.

Goreng dalam minyak panas dan terendam dengan api sedang hingga matang.

Angkat dan sajikan.

Cukup mudah bukan? Soal rasa, tidak usah diragukan. Lezat dan renyah. Nah, untuk cek resep dapurkobe lainnya di http://www.dapurkobe.co.id/ ya. Selamat berkreasi.


Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗

Lebih baru Lebih lama

Palembang Beauty Blogger

Blogger Palembang Kumpul

Forum Lingkar Pena Palembang

Kumpulan Emak-emak Blogger

Formulir Kontak