Holiday Wishes menjadi Nyata, Hemat dan Praktis bersama OYO

Pentingnya Liburan
Foto koleksi pribadi (Ampera)

Liburan adalah momen istimewa yang selalu dinantikan kehadirannya. Berhari-hari disibukkan dengan aktivitas kerja, pulang dan pergi pada jam yang sama dengan rutinitas cenderung menoton, sudah pasti menghadirkan rasa jenuh dan lelah yang bertumpuk.

Tidak hanya bagi pekerja—orang yang bekerja di luar rumah—ibu rumah tangga seperti saya sekali pun, tak luput dari rasa bosan dengan aktivitas sehari-hari urusan domestik rumah. Liburan menjadi sesuatu yang selalu dinanti. Fix! Saya dan kamu butuh liburan!

Banyak orang yang memaknai liburan sebagai kegiatan menghabiskan waktu di tempat-tempat wisata nun jauh di luar kota tempat tinggal. Mengunjungi objek wisata alam, seperti: gunung, danau, laut dan pantai, atau air terjun alam, dsb.

Hal itu tidak salah adanya. Karena tujuan berlibur adalah merefresh tubuh dan terutama pikiran agar merasakan bahagia, kebebasan, kesenangan dari hal-hal harian yang menjenuhkan, demi untuk mempersiapkan diri kembali menghadapi rutinitas seperti biasanya. Akan tetapi liburan seperti ini membutuhkan waktu yang tidak sebentar. Lalu, bagaimana mengisi liburan yang hanya satu atau dua hari? Weekend misalnya? Ini lah liburan ala saya, yang dijamin bisa menenangkan pikiran dan tubuh.

Liburan dalam Kota
Saya tinggal di kota Palembang. Memiliki tiga orang anak yang kesemuanya sudah sekolah. Suami hanya memiliki satu hari libur setiap minggunya. Sangat jarang bagi kami pergi liburan ke luar kota, kecuali ketika libur lebaran atau suami mengambil cuti. Bisa satu sampai dua minggu lamanya.

Lalu bagaimana cara kami menghabiskan waktu, membahagiakan diri di hari libur yang cuma sehari itu?

1. Mengunjungi Mall
Kami selalu menyiapkan budget tertentu untuk setiap liburan. Mengajak tiga orang anak mengunjungi mall, bukan perkara ‘santai’. Apalagi berkenaan dengan pengeluaran. Biasanya, ketika ke Mall, kami menyepakati dulu, apa yang akan kami lakukan di sana? Bermain di wahana permainan yang ada, nonton bioskop, atau sekadar berbelanja di supermarket. Kami biasa menentukan jatah masing-masing untuk anak.

Jika kamu mengunjungi kota Palembang, ada beberapa Mall yang bisa didatangi. Kamu dapat memilih salah satu yang paling ingin dikunjungi, atau yang terdekat dengan tempat menginap kamu. Di daerah Jakabaring ada OPI Mall, di Jalan Sudirman ada IP (International Plaza), di jalan Angkatan 45 ada PS (Palembang Squre) dan Palembang Icon, di jalan R. Sukamto ada PTC Mall. Kesemuanya memiliki bioskop lho.

2. Mengunjungi Perpustakaan
Pilihan mengisi liburan dengan mengunjungi perpustakaan, adalah hal yang paling murah meriah. Cukup bermodal ongkos saja. Anak-anak juga senang, karena di Perpustakaan Daerah Palembang terdapat wahana bermain khusus anak. Saya juga senang, karena buku itu seperti surga buat saya. Sayangnya, tidak demikian dengan suami. Biasanya, setelah mengunjungi Perpustakaan, dia masih mengajak nonton bioskop (berdua tapi ya 😁)

3. Mengunjungi tempat-tempat wisata di dalam kota Palembang
Yups! Di dalam kota Palembang juga ada banyak tempat yang bisa menyejukkan mata dan menenangkan pikiran lho. Objek wisata khas Palembang, diantaranya:

Foto koleksi Bayu Prasetya
Jembatan Ampera, jangan sampai kamu melewatkan jembatan bersejarah ini. Wajib berfoto di atasnya. Kalau tidak, saya yakinkan kamu bakal menyesal. Jembatan Ampera adalah icon kota Palembang. Gak banget kalau sampai tak ada kenangan dengannya. Kamu bisa naik dari sisi kanan dan kiri jembatan. Ada tangga yang bermuara tepat di tengah jika kamu menaiki tangga tersebut. Atau bisa dari ujung jembatan. Tapi, jangan sekali-kali memarkir kendaraan di atasnya ya. Kamu bisa bikin macet lalu lintas. Gawat kan kalau sampai kena tilang 😄

Hined.co.id (Masjid Agung Palembang)
Masjid Agung Palembang, masjid khasnya Palembang. Penuh ukiran nan unik memanjakan mata. Di sini kamu akan merasakan suasana sejuk dan menenangkan. Cobalah mampir dan nikmati suasananya ya. Kamu juga bisa berpose di air mancur yang ada di bagian luar Masjid Agung dan mengunjungi Monpera (Monumen Penderitaan Rakyat) tepat di seberang Masjid Agung. Monpera ini bentuknya sebuah monumen besar seperti namanya, pada bagian dalam terdapat museum.

Genpi.co (Benteng Kuto Besak)
Benteng Kuto Besak, nah, tempat bersejarah yang tak jauh dari jembatan Ampera, Masjid Agung dan Monpera adalah Benteng Kuto Besak. Kalau saya bilang, kesemuanya masih dalam satu komplek. Hanya dipisahkan oleh jalan saja. BKB, terletak tepat di pinggiran sungai Musi. View-nya sangat cantik di malam hari, memandang ke arah jembatan Ampera. Pantulan lampu Ampera di sungai Musi, menjadi replika begitu indah. Angin membelai lembut, memberi ketenangan tersendiri. 

Satyawinnie.com (Warung Apung)
Pada sore hari, ada setidaknya dua warung apung yang bisa menjadi pilihan tempat mengisi perut. Warung apung ini berupa kapal atau perahu kayu (tongkang), yang berukuran cukup besar. Ada tongkang yang lebih kecil, biasa untuk mengangkut penumpang. Warung ini menyediakan makanan khas palembang, seperti empek-empek, tekwan, model, kemplang, gorengan dan berbagai minuman pendamping. Jangan khawatirkan harga ya, dijamin pas di kantong. Murah meriah mengenyangkan. 

Foto koleksi Bayu Prasetya
Kamu bakal merasakan perasaan berbeda saat menikmati makanan di warung apung. Goyangan ombak Musi, sapaan angin lembut dipadukan dengan empek-empek dicocol cuka, aih... akan menjadi kenangan dengan sensasi tak terlupa.

Jika kamu mau tahu lebih jauh tentang kebudayaan dan sejarah kota Palembang, sekalian saja, mampir ke Museum Sultan Mahmud Badaruddin II. Masih di BKB juga letaknya. Cukup jalan kaki sekitar lima menit saja. Ulasan tentang museum ini, ada di

Palembang : Kunjungi Dua Museum Ini! Terasa Sum-Selnya.


Trivadvisor.co.id (Kambang Iwak)

Trapedia.com (Kambang Iwak)
Nativeindonesia.com (Kambang Iwak)
Bacpackerjakarta.com (Kambang Iwak)

Masih ada tempat wisata yang bisa dicapai dengan berjalan kaki 10-15 menit saja dari BKB, yakni Kambang Iwak. Bentuknya berupa taman kota. Sejuk dan asri. Biasanya KI selalu ramai pada pagi hari, tempat masyarakat berolahraga ringan. Berlari maraton di trotoar yang mengelilingi KI dengan arah yang sudah ditentukan, agar tidak tabrakan antar pelari atau pejalan. Ada pula beberapa alat olahraga sederhana yang khusus disediakan free untuk pengunjung, termasuk jalan setapak berbatu untuk terapi syaraf kaki.


Sekanak Sidewalk

Sekanak Sidewalk
Jika ingin menuju KI dari BKB, kamu juga bisa mampir di Sekanak Sidewalk. Sempatkan berfoto dengan macam-macam background lukisan uniknya ya.

Masih banyak tempat wisata lainnya di kota Palembang. Ada Bukit Siguntang, Taman Wisata Punti Kayu, Jakabaring Sport Center, Bird Park, OPI Water Fun, Kampung Kapiten (Kampung Arab), Pulau Kemaro, komplek tenun songket, dan tempat-tempat kuliner khas Palembang yang siap memanjakan mata, mengenyangkan perut dan memberi kenangan tak terlupakan.

4. Menginap di hotel atau penginapan
Dari tiga hal sebelumnya, menginap di hotel atau penginapan yang ada di dalam kota Palembang, adalah yang paling saya suka. Meski hanya semalam, namun menikmati pelayanan hotel atau penginapan barang sejenak ini, sempurna memberi kesegaran pada tubuh dan pikiran. 

Saya bisa lepas bebas dari segala pekerjaan rumah. Datang sebagai tamu, disambut dengan ramah, dijamu dengan makanan siap kunyah, masuk kamar yang sudah bersih, fresh, wangi, adem, bisa langsung dinikmati untuk merebahkan tubuh dan melepaskan semua beban urusan sehari-hari. Apa lagi yang lebih nikmat bagi seorang ibu rumah tangga seperti saya?

Voucher 70% OYO Hotels Indonesia
Jika saya mendapat voucher 70% dari OYO Hotels Indonesia, sudah pasti saya akan menggunakannya untuk menginap di salah satu hotel OYO yang ada di kota saya ini. Bersyukurnya, banyak pilihan OYO Rooms di Palembang. Ada berbagai harga terjangkau dengan fasilitas sesuai kebutuhan dan keinginan kita. Tinggal disesuaikan dengan tempat tujuan kamu, kalau mau berlibur di sini.

Saya akan memilih hotel yang memiliki AC, tempat parkir dan kolam renang. Karena liburan ini bertujuan untuk menyenangkan anak-anak juga. Hotel yang memiliki fasilitas kolam renang dan ramah keluarga, adalah pilihan utama saya. Salah satunya adalah OYO 224 WISMA GRAND KEMALA.


Oyorooms.com

Oyorooms.com

Oyorooms.com
Terdapat enam pilihan tipe kamar: deluxe twin, deluxe double, suite double, standard twin, standard double dan suite keluarga. Harga saat ini mulai dari 200 ribu hinga 325 ribu saja. Sedang diskon hingga 50%! Keren kan OYO! Murah, mewah dan lengkap. Pas sekali menjadi teman liburan.

Sesuai dengan selogannya, OYO, Pengalaman luar biasa. Setiap saat. OYO Rooms akan mendukung penuh kenikmatan dan kenyamanan berlibur kamu. Mengapa harus OYO? Simak video berikut ini!

Tips Berlibur bersama OYO:
1. Download terlebih dahulu aplikasi OYO di gawai kamu. Lalu buat akun dengan memasukan nama, email dan nomor handphone. Bisa download di playstore ya.

2. Tentukan kota mana yang ingin kamu tuju, bisa cek di sini pilihan kotanya. Atau langsung melalui aplikasi OYO.

3. Tentukan hari, tanggal dan waktu kamu akan tiba dan mulai menggunakan OYO Rooms. Sehingga dapat melakukan pemesanan secara online dan praktis melalui aplikasi OYO.

4. Kamu dapat memilih kamar sesuai fasilitas yang diinginkan. Sesuai jarak atau lokasi dengan tujuan utama kunjungan berlibur. Penggunaan aplikasi OYO terbilang sangat mudah. Ada pilihan menu yang jelas dan gampang dipahami bagi yang awam sekalipun.

Tunggu apa lagi? Mari berlibur asyik bersama OYO Hotels Indonesia.
________
*Tulisan ini diikutsertakan dalam OYO Hotels Blog Competitions (Holiday Wishes).

#OYOBlogCopetitions
#PastiAdaOYO
#OYOIndonesia

Komentar