Hidden Gems di Lombok Ini Pas untuk Healing, Cuss ke Sini Sekarang!

kaspars-upmanis-mI9zHNtqhd8-unsplash
Unsplash

Lombok adalah salah satu daerah wisata yang populer di Indonesia. Bahkan menurut Kepala Dinas Pariwisata NTB dalam NTBSatu.com, ada 1,7 juta wisatawan mengunjungi Lombok pada semester pertama tahun 2023. Itulah kenapa Lombok bisa menjadi tempat yang pas untuk kamu healing.

Namun alih-alih pergi ke tempat liburan yang mainstream, kamu bisa mengunjungi hidden gems di Lombok lho! Penasaran dengan hidden gems tersebut? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Hidden Gems di Lombok

Lombok memang telah menjadi salah satu surganya liburan bagi para wisatawan domestik maupun mancanegara. Tak hanya berisi tempat-tempat populer saja, Lombok juga mempunyai hidden gems yang patut kamu coba kunjungi. Berikut di antaranya:

  • Pantai Semeti

Lombok memang terkenal akan panorama pantainya yang menakjubkan. Namun kalau berkunjung ke Pantai Semeti, kamu akan melihat pemandangan yang berbeda dan tak biasa.

Pemandangan tak biasa dan luar biasa ini disebabkan oleh adanya bebatuan unik layaknya planet lain. Bebatuan di sini mirip dengan Planet Krypton dalam cerita Superman. Itulah mengapa pantai ini juga disebut sebagai Pantai Krypton.

Namun, stamina yang kuat perlu disiapkan terlebih dahulu karena kamu perlu mendaki bebatuan untuk menikmati pantai ini dari atas bukit. Selain itu, kamu juga harus berhati-hati karena ombaknya cukup besar.

  • Goa Bangkang

Pernahkah kamu mengunjungi goa eksotis? Kalau belum, cobalah ke Goa Bangkang. Uniknya, goa yang berada di antara hutan dan perbukitan ini telah berumur ratusan tahun, lho!

Ada banyak hal yang bisa kamu lakukan di sini saat berpetualang. Misalnya, kamu bisa menjelajahi goa ini sembari melihat kelelawar yang sedang tidur. Penjelajahanmu akan semakin menarik kalau dilakukan saat Matahari sedang terbenam.

  • Air Terjun Tiu Kelep

Lombok memang menawarkan beragam bentuk destinasi wisata. Salah satunya adalah air terjun. Kalau kamu tertarik mengunjunginya, maka Air Terjun Tiu Kelep bisa menjadi referensi yang menarik.

Air terjun ini memang terletak di daerah terpencil. Jadi, kamu perlu berjalan menyusuri hutan untuk mencapainya. Jangan takut tersesat karena kamu bisa menyewa pemandu untuk sampai ke sana.

Perjalananmu pun akan terbayar saat sudah sampai karena Air Terjun Tiu Kelep mempunyai pemandangan yang menakjubkan. Belum lagi air terjun ini memiliki udara yang sejuk akibat adanya pepohonan rimbun di sekelilingnya.

  • Pantai Nambung

Masih ingin berlibur ke daerah pantai? Kalau iya, cobalah pergi ke Pantai Nambung. Pantai ini cukup unik karena deburan ombaknya bisa mencapai tebing di sekitarnya. Ombak inilah yang menciptakan efek seperti air terjun laut.

Tak hanya itu saja, kamu juga bisa berselancar di sini karena ombaknya cukup besar. Namun, kamu perlu berhati-hati agar tidak menghantam bebatuan maupun tebing di sekitarnya.

  • Desa Sapit

Lombok juga mempunyai pedesaan yang menawan. Salah satunya adalah Desa Sapit. Desa Sapit merupakan daerah yang terletak di kaki Rinjani, gunung yang sering menjadi tujuan pendaki dari seluruh dunia. 

Desa ini mempunyai pemandangan yang indah karena adanya persawahan di sekelilingnya. Selain itu, latar belakang Gunung Rinjani juga membuat desa ini semakin menakjubkan.

Kamu bisa menginap di desa ini selama beberapa malam di homestay yang telah disediakan. Selain menikmati suasana pedesaan, kamu juga bisa melakukan berbagai aktivitas di sini seperti ikut bertani dan menikmati makanan khas daerah sana.


koes-nadi-iOm3cItGqEg-unsplash
Unsplash
  • Pantai Tebing

Pernahkah kamu ke Grand Canyon? Kalau belum, maka kamu tak perlu jauh-jauh ke luar negeri karena Lombok juga mempunyai pemandangan yang sama indahnya di Pantai Tebing.

Jadi selain mempunyai daerah pesisir dengan laut yang menawan, pantai ini memiliki bebatuan tebing dari letusan Gunung Rinjani Tua. Letusan tersebut membawa sedimen lalu mengendap bersama pecahan karang di sini.

Tebing ini juga bisa dipanjat kalau kamu suka olahraga yang memacu adrenalin. Namun kamu harus berhati-hati karena bebatuan di sini bisa lepas dengan mudah dan membuatmu tergelincir.

  • Jembatan Gantung Lama

Ingin berwisata sekaligus menikmati situs bersejarah? Kalau iya, kamu bisa ke Jembatan Gantung Lama di Gerung, Lombok Barat. Jembatan ini sendiri cukup estetik dan dikelilingi oleh pepohonan rimbun sehingga cocok bagi kamu yang ingin berfoto.

Jembatan yang memiliki tinggi 100 meter ini telah dibangun pada tahun 1932. Uniknya, material besi jembatan ini berasal dari Australia. Insinyur ahli yang membuat jembatan inipun berasal dari Pulau Jawa.

Dahulu memang jembatan ini digunakan sebagai jalan raya utama. Namun kini, jembatan ini hanya sesekali dilewati oleh warga sekitar. Kamu pun perlu berhati-hati saat mengunjunginya agar tidak jatuh ke sungai di bawahnya.

  • Bukit Pergasingan

Bagi kamu yang menyukai olahraga, maka Bukit Pergasingan bisa menjadi pilihan untuk didaki. Bukit ini sendiri memiliki panorama persawahan yang berpetak-petak dan terlihat menakjubkan.

Selain itu, Bukit Pergasingan juga memiliki fenomena yang tak kalah indah, yaitu saat awan putih menyelimuti daerah tersebut. Tentu kamu bisa menikmati fenomena ini sembari duduk bersantai.

Apakah kamu tertarik untuk mengunjungi 8 hidden gems di Lombok ini? Tenang saja, digital credit card pertama di Indonesia, yaitu Kartu Kredit Digital digibank, bisa mendukungmu untuk mewujudkannya!

Apply dan approval dalam 60 detik. Tak hanya itu, kamu bisa atur dan monitor semua transaksi Kartu Kredit digibank melalui Aplikasi digibank by DBS. Penasaran? Dapatkan informasi selengkapnya mengenai Syarat pengajuan kartu kredit di sini!


Komentar