4 Merk Clodi yang Bagus di Shopee

4 merk clodi yang bagus
Clodi adalah singkatan sari Cloth diapers, yaitu popok kain atau popok cuci ulang. Penggunaan clodi  berhubungan erat dengan konservasi alam karena membantu mengurangi dampak negatif sampah plastik sekali pakai terhadap lingkungan. Berikut sedikit ulasan mengenai 4 merk clodi yang bagus di Shopee.

Oh iya, aku membahas merk clodi yang bagus di Shoppe, karena Shopee salah satu marketplace favorit aku. Apa-apa kalau belanja online, sering melalui marketplace orens ini. Yang aku suka, belanja di sini selalu free ongkir. Namanya emak-emak, seribu dua ribu pun jadi perhitungan.

Penggunaan Clodi Berkontribusi Pada konsevasi Alam

Sebelum aku membahas mengenai 4 Merk Clodi yang Bagus di Shopee, aku ingin sedikit membahas mengenai kaitan penggunaan clodi dengan konservasi alam. By the way, Konservasi alam adalah suatu manajemen terhadap alam dan lingkungan secara bijaksana untuk menjaga kelangsungan hidup flora dan fauna beserta beragam genetiknya demi memelihara ekosistem alam (kompas.com).

Menggunakan clodi dapat mengurangi masalah sampah plastik, karena dapat digunakan berulang kali, sehingga membantu mengurangi polusi dan dampak buruk terhadap ekosistem. Selain itu, memakai clodi juga mengurangi konsumsi sumber daya sebagai bahan baku dan energi produksi, karena clodi bisa digunakan berulang. Tidak hanya itu, menggunakan clodi juga dapat membantu mengurangi tingkat pencemaran sebab clodi memiliki siklus hidup yang lebih berkelanjutan. Dengan demikian, menggunakan clodi dapat menjadi salah satu langkah praktis dalam mendukung konservasi alam. Yaitu dengan mengurangi jejak ekologis yang dihasilkan oleh penggunaan diapers sekali pakai.

Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Clodi

Kelebihan Menggunakan Clodi

1. Ramah Lingkungan

Clodi memiliki dampak lingkungan yang lebih kecil karena dapat digunakan berulang kali, sehingga dapat mengurangi jumlah sampah.

2. Ekonomis dalam Jangka Panjang

Meskipun biaya awal tinggi, clodi dapat menjadi lebih ekonomis dalam jangka panjang karena bisa digunakan berkali-kali. Kalau diakumulasi, penggunaan clodi bisa memberi keuntungan hemat keuangan karena tidak habis dipakai seperti popok sekali pakai.

3. Risiko alergi sangat rendah

Beberapa orang mengklaim bahwa clodi dapat mengurangi risiko alergi kulit pada bayi karena bahan-bahan yang digunakan cenderung lebih ramah terhadap kulit.

4. Pilihan Desain yang Beragam

Ada berbagai desain dan warna yang dapat dipilih untuk memberikan variasi dan keunikan pada clodi. Tidak seperti popok sekali pakai yang cenderung berwarna putih saja.

Kekurangan Menggunakan Clodi

Merk clodi yang bagus

1.    Perlu Pemeliharaan Ekstra

Clodi memerlukan perawatan tambahan, seperti mencuci dan menjaga kebersihan agar dapat digunakan kembali. Beberapa clodi bahkan ada yang hanya bisa dicuci dengan tangan.

2.    Investasi Awal yang Tinggi

Biaya awal untuk membeli clodi dan aksesori lainnya seperti liner dan penutup bisa lebih tinggi daripada popok sekali pakai.

3.    Berat dan Tidak Praktis di Luar Rumah

Clodi dapat terasa lebih berat dan tidak sepraktis penggunaan popok sekali pakai. Terutama saat bepergian atau di luar rumah karena memerlukan tempat penyimpanan dan tempat khusus untuk mencuci.

Meski ada kekurangan penggunaan clodi untuk sehari-hari, aku tetap menyarankan untuk menggunakan clodi. Sebab, efeknya terhadap lingkungan sangat berpengaruh. Kekurangan penggunaan clodi, tidak menjadi halangan, sebab dapat diatasi dengan niat dan pembiasaan.

4 Merk Clodi yang Bagus di Shopee

Di sini aku pilihkan merk clodi sekaligus toko official-nya ya. Rekomendasi toko dan clodi dengan rate 4,8 ke atas. Karena kalau mau belanja online, terutama belanja di Shopee, salah satu pertimbangan utamaku adalah rate bintang dan review produk di kolom penilaian. Selama ini tidak pernah kecewa belanja di Shopee dengan standar rate bintang toko, rate bintang produk dan review pembeli.Nah, berikut 4 merk clodi yang bagus di Shopee:

1.  Clodi Little Hippo

Little Hippo merupakan perusahaan produksi aneka baju  bayi dan pakaian muslim anak untuk dalam dan luar negeri. Mengklaim menggunakan bahan yang nyaman untuk bayi. Salah satu produk unggulannya adalah Clodi.

Di Shopee akun resminya adalah LITTLE HIPPO OFFICIAL SHOP. Rate bintang toko 4,9 dengan rate produk khusus clodi rata-rata 4,8. Terdapat Clodi pants (celana) dan one size clodi, popok kain dengan satu ukuran namun dapat diatur sesuai ukuran pemakai S, M atau L menggunakan adjustment snap button.

2.  Clodi Mamamoli.id

Clodi mamamoli

Akun resmi di Shopee MAMAMOLI.ID dengan rate bintang toko 4,9 dan lebih dari 48 ribu pengikut, rata-rata rate produk clodi 4,9. Tentu sangat terpercaya sebagai toko online di toko orens.

Terdapat enam produk clodi di toko ini, dengan kata kunci pencarian clodi. Uniknya, clodi mamamoli.id berbentuk celana dalam. Sehingga lebih praktis dan mudah digunakan. Terutama untuk bayi baru belajar berjalan. Ada pula clodi khusus anak perempuan yang berupa rok.

3.  Clodi Ningrat

Akun di Shopee CLODI NINGRAT IDN dan NINGRAT CLOTH DIAPERS (Wafi Bebe) dengan rate bintang toko 4,9, serta rata-rata rate produk clodi 4,9. Terdapat clodi pull up, clodi front snap, popok tali waterproof, dan potty pant ningrat sebagai clodi pilihan. Ada juga paket  hemat terdiri dari tiga pcs clodi dan insert-nya.

4.  Clodi Babyland, Clodi Klodiz Minikininizz, dan Clod Sobi

Tiga macam Clodi ini terdapat di distributor resminya di Shopee dengan nama toko CLODI SPECIALIST dengan rate bintang toko 4,9, pengikut lebih dari 10 ribu akun, rata-rata rate produk clodi 4,9.

Jadi toko ini punya banyak merk clodi yang dijual. Bunda bisa memilih dan menyesuaikan dengan kebutuhan dan keungan. Terdapat pula paket trial kit untuk Bunda yang baru akan mencoba menggunakan clodi.

Demikian ulasan mengenai 4 Merk Clodi yang Bagus di Shopee. Mengenai detail harga dan bahan, silakan langsung cek ke akun yang sudah aku sebutkan sebelumnya. Bunda bisa menyesuaikan produk dengan kebutuhan, berat badan bayi, pilihan warna dan motif sesuai keinginan. Bunda juga bisa belanja di toko lain ya. Selalu ingat untuk mempertimbangkan rate bintang toko, rate bintang produk dan review pembeli. Semoga artikel ini membantu.

*Postingan ini diikutsertakan dalam eco literasi aksi melestarikan bumi, Challenge Eco 3Dop Ibuku Content Creator.

Komentar