Daftar Biaya untuk Acara Pernikahan, Siapkan dari Sekarang!

Persiapan biaya pernikahan
https://www.freepik.com/free-photo/bunch-flowers-leaves-table_1211899.htm#query=wedding&position=47&from_view=search&track=sph)

Setiap pasangan pasti ingin mengadakan pernikahan impian yang istimewa dan berkesan. Rencana pernikahan perlu dipikirkan sejak jauh-jauh hari karena ada banyak kebutuhan yang harus disiapkan. Salah satu hal penting yang harus disiapkan secara matang adalah biaya pernikahan. 

Untuk bisa mewujudkan pernikahan yang didambakan, tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Apalagi dalam acara pernikahan ada berbagai komponen biaya yang cukup menguras kantong. Oleh karena itu, Anda perlu effort dalam mengumpulkan dana atau modal untuk menikah.


Pastinya Anda tidak ingin menunda menikah dan tidak mau acara wedding banyak kekurangan lantaran modal tidak mumpuni. Sebaiknya Anda menabung mulai dari sekarang atau sejak jauh hari supaya dana pernikahan bisa terkumpul sesuai harapan. Anda perlu membuat rekening khusus untuk tabungan pernikahan. Saat ini syarat buka rekening cukup sederhana dan pendaftaran bisa dilakukan secara online


Supaya lebih mudah dan terarah dalam menyiapkan dana untuk menikah, Anda perlu tahu komponen biaya yang harus dikeluarkan untuk acara pernikahan.


Komponen Biaya untuk Acara Pernikahan

Mengadakan pernikahan bukan hanya soal menyiapkan mahar, dekorasi, atau gaun pengantin. Di samping itu, ada beberapa kebutuhan lain yang juga harus Anda pikirkan supaya acara wedding Anda bisa berjalan sesuai keinginan dan membahagiakan.


Mungkin saat ini Anda masih belum ada gambaran mengenai apa saja kebutuhan dalam acara pernikahan. Berikut ini beberapa komponen biaya yang harus Anda siapkan untuk menggelar resepsi pernikahan.


  1. Biaya Persyaratan KUA

Biaya pernikahan yang pertama harus Anda siapkan adalah persyaratan nikah melalui KUA. Sesuai dengan ketentuan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 48 tahun 2014, pelaksanaan pernikahan atau rujuk di KUA pada jam dan hari kerja tidak akan dikenai biaya nikah, alias dapat dilakukan secara gratis. 


Namun apabila Anda melakukan pernikahan atau rujuk di luar lingkungan kantor KUA dan di luar jam serta hari kerja, maka akan dikenai biaya sejumlah Rp 600.000. Ketentuan ini juga berlaku bagi pasangan yang menjalankan akad nikah di tempat seperti rumah pribadi, masjid, atau gedung pertemuan, walaupun perayaannya dilangsungkan pada jam kerja KUA.

.

  1. Mas Kawin atau Mahar

Biaya pernikahan berikutnya yang perlu disiapkan adalah mahar atau maskawin, yang diberikan oleh mempelai pria kepada pengantin wanita. Mahar dapat berbentuk barang berharga atau memiliki makna mendalam, seperti emas, perak, uang tunai, perlengkapan ibadah, dan lainnya. 


Untuk keperluan mahar, sebenarnya tidak perlu mengeluarkan dana yang besar. Misalnya biaya mahar dalam bentuk seperangkat alat ibadah lengkap yakni sekitar Rp 1.000.000. Sebagai alternatif lain, mahar dalam bentuk emas batangan dibanderol dengan harga per gramnya sekitar Rp 800.000.


  1. Seserahan atau Hantaran

Selain mahar, pengantin pria juga perlu memberikan seserahan atau hantaran kepada mempelai wanita. Namun pemberian seserahan ini bukanlah suatu kewajiban. Isi dari seserahan pernikahan biasanya dapat berupa perlengkapan yang diperlukan dan akan digunakan oleh calon istri, seperti tas, pakaian, alat make up, sepatu, dan lain sebagainya. Saat menghitung biaya seserahan, jangan lupa dengan biaya kemasan untuk mempercantik tampilan hantaran.


  1. Cincin Nikah

Biaya pernikahan
https://www.freepik.com/free-photo/golden-bands-hands-groom-bride_8317115.htm#page=3&query=wedding&position=38&from_view=search&track=sph) 

Cincin pernikahan dapat dipilih dari bahan emas murni atau perak, sesuai kesepakatan bersama pasangan. Selain jenis cincin, pasangan juga perlu berdiskusi terkait desain cincin yang diinginkan. Biaya untuk sepasang cincin pernikahan dari emas dengan berat 3-5 gram sekitar Rp 5 juta. Sementara sepasang cincin berbahan perak dapat dapat dibeli dengan harga sekitar Rp 2.000.000.

  1. Tempat dan Dekorasi Pernikahan

Anda dan pasangan bisa memilih tempat pernikahan di rumah atau di gedung, sesuai dengan kebutuhan dan budget. Mengadakan pernikahan di rumah sendiri bisa mengurangi biaya sewa gedung. Biaya sewa gedung pernikahan bervariasi tergantung jenis gedung yang dipilih. 


Jangan lupa juga untuk menyiapkan biaya dekorasi. Harga dekorasi cukup bervariasi sesuai dengan keindahan dan kesulitan desain yang diinginkan. Semakin rumit dan detail dekorasi yang diperlukan, maka semakin tinggi harganya.


  1. Konsumsi

Biaya katering seringkali menjadi komponen terbesar dalam anggaran pernikahan. Supaya budget konsumsi bisa ditekan, sebaiknya Anda memilih katering dalam bentuk paketan sesuai dengan kebutuhan Anda. Semakin banyak jumlah tamu undangan Anda, maka Anda bisa memperoleh diskon katering lebih besar.


  1. Riasan dan Busana Pengantin

Bagi calon pengantin wanita, hari pernikahan adalah saatnya menjadi Ratu Sehari. Anda perlu mencari MUA (Make Up Artist) berpengalaman dan profesional yang bisa memenuhi gaya riasan sesuai keinginan Anda. 


Dalam mempersiapkan busana pengantin, Anda dapat menyewa, membeli, atau membuat sendiri di desainer. Biaya pembuatan baju pengantin di tempat desainer biasanya lebih mahal. Namun Anda bisa request desain dan material gaun sesuai keinginan Anda.


  1. Dokumentasi

Pernikahan adalah salah satu momen yang istimewa sehingga penting untuk diabadikan melalui dokumentasi foto dan video. Anda bisa menyewa jasa foto dan videografer profesional yang menawarkan pilihan paket dokumentasi pernikahan. Selain itu, Anda juga perlu menyiapkan sesi foto pre-wedding jika diinginkan.


  1. Undangan dan Souvenir

Di era sekarang, Anda bisa memilih membuat undangan pernikahan dalam bentuk fisik atau digital. Undangan digital saat ini banyak digunakan karena lebih praktis dan dibuat dengan desain yang menarik. Apabila Anda ingin memberi kenang-kenangan bagi tamu undangan, Anda bisa menyiapkan souvenir pernikahan. Anda dapat memilih souvenir unik seperti pouch, buku catatan, mug, kain, tumbler, dan lainnya. 


Menggunakan Rekening Online untuk Menabung

Setelah mengetahui beberapa komponen biaya untuk acara pernikahan, pastinya Anda sudah bisa memperkirakan berapa jumlah dana atau modal yang harus dikumpulkan. Supaya kegiatan menabung Anda semakin mudah dan terkontrol, sebaiknya buat rekening khusus untuk tabungan pernikahan. Saat ini Anda bisa buka rekening online gratis tanpa pungutan biaya. 


Salah satu rekening online yang pendaftarannya bisa dilakukan secara gratis adalah PermataME. PermataME adalah tabungan online yang disediakan oleh PermataBank. Pembukaan rekening bisa dilakukan secara online menggunakan aplikasi mobile banking PermataMobile X yang bisa diunduh di Play Store dan App Store. Syarat buka rekening ini juga sederhana dan nggak ribet.


Informasi lebih lengkap mengenai syarat buka rekening online PermataME dan pendaftarannya bisa Anda baca di sini.

Komentar