Privilege dalam Hidup

Privilege dalam hidup

Saya sempat bingung saat ditanya apa privilege terbesar saya dalam hidup ini? Lha pengertian privilege saja belum tahu 😅. Jadi ngeh, kalau masih sangat kurang literasi nih. Akhirnya saya searching sana-sini dan menemukan pengertian privilege yang cukup membingungkan buat saya orang biasa ini. Maksudnya, saya jadi berpikir cukup keras untuk menemukan apa privilege yang saya punya?

Pengertian Privilege

Secara garis besar kata privilege memiliki arti hak istimewa. Hak ini dimiliki oleh orang tertentu yang kadang tidak menyadari memiliki hak istimewa tersebut.

Misalnya saja orang kaya, memiliki akses lebih mudah dalam berbagai hal dan kebutuhan karena kekayaannya. Namun bagi dirinya sendiri, kadang fasilitas kemudahan tersebut dianggap biasa saja.

Dikutip dari gramedia.com, ada beberapa pengertian privilege menurut Cambridge Dictionary, yaitu:

  • Privilege memiliki arti kelebihan yang hanya dimiliki oleh satu orang atau sekelompok orang. Biasanya karena kedudukan atau jumlah kekayaan yang dimiliki.
  • Privilege adalah kesempatan dalam melakukan sesuatu yang istimewa atau menyenangkan.
  • Privilege adalah keuntungan yang dimiliki oleh sejumlah orang kaya atau berasal dari kelas sosial yang tinggi, ras atau jenis kelamin tertentu dalam masyarakat yang tidak dimiliki oleh orang yang tidak termasuk dalam kelompok tersebut.

Apakah Orang Biasa Memiliki Privilege?

Jika memandang dari segi ras, kekayaan, dan penampilan mungkin tidak semua orang memiliki privilege. Karena tentu tidak semua orang lahir dari ras kulit putih, misalnya. Tidak semua orang memiliki harta dan penampilan di atas rata-rata.

Namun jika mengacu pada pengertian privilege menurut Cambridge Dictionary pada poin kedua, yakni:

Privilege adalah kesempatan dalam melakukan sesuatu yang istimewa atau menyenangkan.

Maka setiap orang tentu memiliki hak istimewa dalam hidupnya masing-masing.

Manfaat Mengetahui Privilege Diri Sendiri

Saya sempat berpikir sejenak, untuk apa saya mengetahui privilege terbesar dalam hidup saya? Kenapa susah-susah memikirkan hal yang sepertinya tidak penting ini?

Akan tetapi setelah saya membaca beberapa artikel yang membahas mengenai privilege ini, saya menyimpulkan bahwa perlu dan ada baiknya untuk mengetahui hak istimewa diri sendiri.

Dengan begitu kita dapat menemukan hal positif yang dapat dipandang sebagai kelebihan yang kita miliki. Barangkali dapat menjadi lompatan menggapai impian dan kesuksesan.

Privilege Terbesar dalam Hidup Saya

Privilege dalam hidup saya, yang tidak semua orang memilikinya adalah: Saya istri dari seorang jurnalis.

Bagi saya ini sesuatu yang sangat istimewa. Sebuah berkah yang patut saya syukuri.

Hak istimewa apa yang saya miliki sebagai istri dari seorang jurnalis?

1. Saya bisa ikut liputan dan ikut menulis atau memosting hasil liputan tersebut, versi saya tentunya.

2. Saya bisa ikut beberapa event yang kadang sesuatu yang baru buat saya.

3. Saya bisa belajar banyak memperdalam kesukaan saya terhadap dunia menulis, khususnya dalam teknik menulis.

4. Saya bisa berdiskusi, saling memotivasi dalam hal positif kepenulisan.

5. Saya juga dapat belajar bagaimana perusahaan surat kabar beroperasi.

Masih ada lagi tentunya. Yang jelas semua hak istimewa ini memberikan saya kehidupan yang tidak biasa. Menulis menjadi bagian sehari-hari di keluarga kami. Meskipun, kemampuan menulis saya sangat jauh tertinggal di belakang suami. Tapi privilege sebagai istri seorang jurnalis, membuat saya merasakan 'dunia baru'. Memberi kenikmatan lain bagi saya untuk sekadar me time di tengah malam bersama laptop.

So, tidak ada ruginya ternyata memahami dan menggali mengenai privilege diri sendiri. Ibaratnya mencari hal positif yang kita punya dan mungkin tidak kita sadari, namun seharusnya sesuatu yang menunjang keberhasilan. Yuk, temukan privilegemu.

Komentar