Membuat Pewangi Ruangan Sendiri

 

Membuat pewangi ruangan

Ada cara hemat membuat pewangi ruangan sendiri. Saya sudah mencobanya, dan hasilnya tidak mengecewakan. Terbilang sangat mudah membuat pewangi ruangan ini, cukup menggunakan tiga bahan saja. Bisa dengan bahan yang ada di sekitar. Tidak perlu repot dan murah meriah sekali.

Berikut cara membuat pewangi ruangan sendiri: 

1. Siapkan tiga bahan:

Pewangi pakaian merk apa saja.

Saya menggunakan pelembut pakaian konsentrat Royale parfum series by So Klin, harganya Rp. 500,-. Inginnya sih benar-benar menggunakan pewangi pakaian, merk lain misalnya Molto juga boleh. Sayangnya di warung dekat rumah hanya ada yang ini.

Kapur barus.

Saya menggunakan kapur barus yang ukuran kecil-kecil. Satu bungkus saya beli seharga Rp. 3000,-. Bisa juga pakai yang besar. Sesuai selera aja sih.

Botol bekas.

Saya menggunakan botol bekas mainan slime anak-anak. Botolnya tipis, jadi mudah dibolongi. Sebenarnya bisa menggunakan plastik, tapi karena untuk pewangi kamar mandi, saya putuskan menaruhnya di dalam botol, dan meletakkannya di pojokan. Meminimalisir terkena percikan air dan tersenggol.

2. Siapkan peralatan yang dibutuhkan:

Membuat pewangi ruangan

Gunting dan solder.

Untuk solder kalau tidak punya bisa menggunakan paku yang dipanaskan. Fungsinya membolongi botol. Kalau ingin lebih mudah botol bisa diganti dengan plastik atau wadah lain. Bebas aja sih, sesuai kreasi dan bahan yang ada di rumah.

3. Lakukan langkah berikut:

Membuat pewangi ruangan

Pertama, bolongi botol menggunakan solder dengan hati-hati. Jika ingin wanginya cepat keluar, buat lobang cukup banyak. Akan tetapi jangan terlalu ke bawah ya. Bisa juga dengan membuka tutup botol, atau memakai tempat yang tidak tertutup, semacam mangkok kecil.

Kedua, masukan kapur barus ke dalam botol.

Ketiga, tuangkan pewangi pakaian ke dalam botol. Usahakan kapur barus tidak tenggelam, supaya penguapannya lebih sempurna. Nah, karena lima kapur barus hampir tenggelam, akhirnya saya menambahkannya menjadi 10 butir.

Keempat, tutup kembali botol dan letakan di ruangan yang ingin diberi pewangi. Tunggu hingga wangi menyebar.

Review:

Awalnya kurang yakin kamar mandi akan wangi dengan pewangi ruangan buatan sendiri ini. Namun setelah 15 menit, wanginya mulai tercium. Rasanya senang percobaan pertama berhasil!

Akan tetapi, mungkin karena yang saya gunakan ini pelembut pakaian konsentrat, wanginya lembut sekali. Kurang tajam untuk kamar mandi. Yang saya suka, bau kapur barusnya seakan hilang. Menjadi perpaduan aroma yang manis. Terus terang saya kurang suka dengan bau kapur barus. Seperti bau rumah sakit. Sedikit trauma jika mengingat rumah sakit.

Namun saya belum tahu berapa lama wanginya bisa bertahan. Mungkin cukup lama juga, setidaknya sampai kapur barusnya mengecil atau habis menguap. Saya lihat perkembangan selanjutnya terlebih dahulu. Kalau sempat dan teringat akan saya update informasinya.

The last, menurut saya, membuat pewangi ruangan atau pewangi kamar mandi sendiri seperti ini, patut dicoba. Karena hasilnya tidak mengecewakan, bahan dan alat murah meriah dan mudah ditemukan. Next mau bikin dengan wangi yang lain. Kalau kalian sudah coba, komen dong bagaimana hasilnya dan menggunakan pewangi jenis apa.

Semoga bermanfaat.

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗

Lebih baru Lebih lama

Formulir Kontak