Tags

Random Posts

randomposts

Recent Posts

recentposts

Classic Klondike Solitaire Game

1 komentar

Classic klondike solitaire game
Solitaire Game

Solitaire game adalah permainan menyusun kartu yang bisa dilakukan sendiri, tanpa lawan main. Permainan ini sudah sejak lama ada. Baik menggunakan kartu fisik secara langsung, maupun solitaire game dalam bentuk digital yang ada di komputer, bundling dengan windows. Tujuan awal tim Microsoft memasukan permainan ini ke dalam windows adalah untuk membiasakan pengguna windows (komputer) pada saat itu, dalam mengoperasikan mouse. Secara tidak langsung, orang yang memainkan game ini, makin paham fungsi dan makin ahli mengklik mouse dan mengarahkan kursornya, sesuai dengan kebutuhan. Selain berfungsi untuk membiasakan penggunaan mouse, tentu sebagai penghilang rasa jenuh dan penat, setelah bekerja menggunakan komputer. Double manfaat ya. Nah, Salah satu bentuk permainan ini adalah Classic Klondike Solitaire Game, yang akan saya bahas lebih panjang di tulisan ini.


Macam-macam Permainan Solitaire

Klondike solitaire game

Saya sendiri suka permainan kartu ini. Dulu di masa kecil, kartu remi—demikian saya menyebutnya—dan gap, ada di rumah. Kebetulan ibu membuka warung kopi. Tetangga banyak yang memesan kopi dan berkumpul di warung. Kemudian lanjut mengisi waktu dengan bermain kartu atau gap.

Memang beberapa orang menganggap tabu kedua benda ini. Karena sering digunakan untuk bermain judi. Tapi tidak demikian bagi saya. Karena nyatanya, bermain kartu dan gap, sangat seru dan mengasyikkan dilakukan bersama teman, untuk mengisi waktu dan menyenangkan hati.

Bersyukurnya, orang dewasa—tetangga dan pengunjung warung ibu—tidak memasang taruhan (berjudi) saat main di warung. Sekadar bersenang-senang sembari bergurau dan mengobrol.

Permainan yang sering kami mainkan dulu adalah ‘cangkulan’. Seperti namanya, cangkulan berarti menggali, mencangkul (kartu). Mencocokan dengan kartu yang terbuka dan saling cepat siapa yang bisa menghabiskan kartu duluan, maka dia yang menang.

Namun permainan cangkulan ini tidak bisa dilakukan sendiri. Harus dimainkan dua orang atau lebih. Berbeda dengan solitaire game, yang pada dasarnya permainan game sendiri, tanpa lawan main.

Tapi tunggu dulu, meski dimainkan sendiri, game ini sangat mengasyikan. Kita berpacu dengan waktu dan berusaha menyusun kartu dan memenangkan permainan. Meski tak ada rival, namun menuntaskan permainan sendiri, semacam menyibak teka-teki yang membuat penasaran dan betapa senang ketika mampu menyelesaikannya.

Ada beberapa macam solitaire game yang dapat dimainkan. Menurut saya semuanya mengasyikan dan seru untuk diselesaikan, yakni: classic klondike solitaire game, Spider, FreeCell, Pyramid, Tripeaks, Golf dan Mahjong.

Semua macam game solitaire ini bisa dimainkan sendiri. Tidak harus ada lawan. Bisa membangkitkan rasa penasaran untuk menyelesaikannya, mengumpulkan skor tertinggi dengan waktu sesingkat-singkatnya menjadi tantangan tersendiri.


Asyiknya Bermain Klondike Solitaire

Klondike online
Saya paling suka permainan Klondike Solitaire. Berkali-kali mencoba memenangkan permainan ini, dan berkali-kali juga gagal. Ha ha ha, jangan diketawain ya. Karena main Klondike butuh konsentrasi dan kecerdasan tinggi. Saya hanya belum menemukan ‘jalan yang benar’ untuk menang 😅

Yups. Klondike permainan menyusun kartu dari urutan terbesar hingga terkecil. Sementara untuk kartu AS di susun di bagian atas, ada tempat tersendiri. Dengan urutan kartu AS, kartu angka 2, 3, dan seterusnya, urutan dari kecil ke besar.

Misinya adalah, membuka semua kartu yang tertutup di bagian bawah. Setiap kita menempatkan kartu sesuai urutannya, poin kita bertambah. Kalau urutan kartu AS, poin bertambah lebih banyak, dibanding mengurutkan kartu pada bagian bawah.

Oh iya, untuk urutan kartu AS, wajib dengan warna dan bentuk yang sama dengan kartu AS nya. Berbeda dengan urutan kartu bagian bawah, hanya berdasarkan dari besar ke kecil, dan selang seling warna, namun mengabaikan bentuk. Jatuhnya lebih mudah. Itulah mengapa poin yang didapatkan lebih kecil dari pada poin menyusun kartu urutan pada kartu AS.

Permainan ini bisa bikin lupa waktu. Karena mampu membangkitkan rasa penasaran dan ya, sedikit rasa kesal karena kalah terus 🤣 Permainan ini berpacu dengan waktu. Karena semakin cepat menyelesaikan permainan dengan skor tinggi, tentu lebih baik.

Tapi saya berkali-kali mengabaikan waktu! Sebab, saya lebih fokus pada menyelesaikan permainan. Nyatanya sampai sekarang, rasa penasaran masih menggantung. Belum pernah menang main game solitaire satu ini.

Namun demikian, saya merasa terhibur, tidak terbebani dengan belum menangnya saya di game ini. Mungkin karena permainan ini tanpa rival. Sehingga tidak menjadi bad mood atau jengkel berlebihan ketika kalah. Saya suka sekali memainkannya. Benar-benar menghapus penat dan bosan.


Tips Bermain Klondike Solitaire

Tips ini hanya sekadar berbagi informasi saja ya. Bukan berarti saya sudah menang. Lah sampai sekarang belum tuntas juga membuka semua kartunya 😁 Akan tetapi, semoga dengan beberapa tips berikut, kalian bisa memenangkan permainan classic Klondike Solitaire ini.

Tips 1

Ketika permainan dimulai, konsentrasi untuk memindahkan atau mengatur kartu yang sudah terbuka terlebih dahulu. Jangan buru-buru membuka kartu baru di bagian atas.

Tips 2

Utamakan membuka kartu bagian bawah, sehingga bisa mengosongkan slot dan menuntaskan permainan. Di sini saya belum sukses. Selalu saja mati kutu dan kartu masih banyak yang tidak terbuka.

Tips 3

Jangan buru-buru menurunkan kartu atas ke bawah. Karena prioritas membuka kartu bawah.

Tips 4

Konsentrasi tinggi dan gunakan logika. Karena saat menyusun kartu agar tepat dan benar, perlu dipikirkan secara serius. Tidak asal tumpuk saja. Di sini saya sebut, bermain klondike butuh kecerdasan, konsentrasi dan ketelitian.


Rekomendasi Website Bermain Classic Klondike Solitaire Game

Klondike solitaire game
Di mana bisa memainkan classic Klondike Solitaire? Saya memainkannya di www.solitaire.org.

Banyak kelebihan bermain Klondike solitaire di website ini. Sehingga memberikan kemudahan dan kenyamanan saat bermain game. Tinggal klik alamat web yang super simple dan mudah diingat, menggunakan browser bawaan handphone atau Chrome, atau browser lain hasil download, solitaire.org bisa dibuka dengan cepat.

Tampilan yang sederhana, tidak membuat pusing bagi pengguna. Bahkan classic klondike solitaire game langsung tampil di halaman awal. Sangat menarik. Selain itu, tampilan game bisa secara landscape. Ada menu di bagian atas yang bisa diklik, atau di tampilan game sendiri ada menu full screen.

Menu garis tiga bagian kanan, jika diklik muncul pilihan jenis permainan Solitaire lainnya: klondike solitaire game, Spider, FreeCell, Pyramid, Tripeaks, Golf dan Mahjong.

Tanpa iklan. Ini juga yang membuat saya betah bermain di sini. Akses lancar dan ada pengaturan suara juga. Jadi saat bermain game terasa lebih seru dan semangat.

Bagian lain yang juga nilai plus website ini, adanya game lain selain solitaire! Saya bahkan berdecak kagum dengan kelengkapan kategori permainannya. Ada Logic puzzle games, word games, mahjong dengan pilihan permainan bervariasi, hidden object games (cocok untuk anak-anak. Permainan mencari gambar yang hilang), card games, match 3 games dan free online games lainnya. Untuk informasi lebih detail, silakan klik pada permainan yang diinginkan, dan rasakan sensasi keseruannya. Pesan saya, jangan sampai lupa waktu ya 🤭

Terbaru Lebih lama

Related Posts

1 komentar

  1. Dulu aku suka main solitaire yang di windows itu. Ada 2 macam solitaire di sana.

    BalasHapus

Posting Komentar


Kumpulan Emak-emak Blogger

Forum Lingkar Pena Palembang

Blogger Palembang Kumpul

Palembang Beauty Blogger