LMS ruangkerja, Solusi Bisnis Berdaya Saing Tinggi

Learning management system

Tidak dapat dipungkiri, Sumber Daya Manusia yang berkualitas adalah kunci eksistensi sebuah perusahaan dan bisnis. Sebab, karyawan merupakan pelaku utama berjalannya sistem bisnis atau perusahaan dengan baik. Karyawan harus terus meng-upgrade diri menjadi lebih baik dan up to date, untuk dapat menyesuaikan dengan perkembangan masa kini. Sesuai dengan tuntutan kemajuan bisnis dan perusahaan. Salah satunya dengan mengikuti LMS ruangkerja.

Sebelum kita membahas LMS ruangkerja, kita akan berkenalan terlebih dahulu dengan istilah Learning Management System (LSM) ini.

Mungkin Anda pernah mendengar Learning Management System (LMS). Ya, LMS kini menjadi alternatif untuk melakukan kegiatan-kegiatan pembelajaran secara digital.

Mengapa harus digital? Yap. Kenyataannya, pandemi membuat ruang gerak terbatasi. Menjadi kendala masa kini yang harus dicari solusinya.

Pandemi menuntut kita untuk menjaga jarak dan menghindari kerumunan. Sementara selama ini, pelatihan dan pembelajaran, khususnya untuk karyawan, selalu dilakukan secara langsung. Face to face di satu ruangan, dengan durasi pertemuan beberapa jam atau beberapa hari. Akan tetapi, di masa sekarang, pelatihan semacam itu tidak mungkin dilakukan lagi, demi menekan penyebaran virus Covid-19.

Maka langkah yang paling  tepat, untuk tetap dapat meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia dalam bisnis atau perusahaan, adalah dengan mengikuti pelatihan online. Sebab, dengan sistem ini, karyawan tidak harus bertemu langsung. Dan tentu saja tidak akan ada kerumunan.

Upgrade kualitas sumber daya manusia tetap bisa dilakukan dengan memanfaatkan teknologi digital. Istilah canggihnya mengikuti learning management system (LMS).

Secara umum, LSM merupakan sebuah sistem pembelajaran yang sudah bersifat full online. Mulai dari pendaftaran, distribusi materi, hingga interaksi belajar antara pengajar dan peserta.

Nah, salah satu LMS di Indonesia yang menyajikan jasa pelatihan online bagi SDM-SDM di berbagai perusahaan, dan sudah memiliki track record yang baik dalam menjawab kebutuhan pelatihan karyawan secara digital adalah ruangkerja by Ruang guru.

Ruangkerja memahami beragam kebutuhan terkait proses pelatihan perusahaan di era modern. Berbagai fitur yang mendukung proses pelatihan membuat proses pelatihan yang sangat nyaman untuk karyawan.

Apa saja kelebihan yang ditawarkan ruangkerja dari Ruangguru ini?

1. Menggunakan teknologi mobile learning, ruangkerja menawarkan sistem pembelajaran yang lebih fleksibel, dapat dilakukan di mana saja dan kapan saja ketika karyawan benar-benar tidak sibuk bekerja. Karena tidak harus menggunakan laptop atau komputer, semua bisa diakses melalui smartphone.

2. Menggunakan sistem learning journey, karyawan akan belajar dengan gaya belajar yang terstruktur dan sistematis, sehingga tidak akan kebingungan harus mulai belajar dari mana dan sampai mana. Tentu sangat cocok digunakan oleh karyawan-karyawan yang sangat sibuk.

3. Terdapat fitur learning plan untuk karyawan. Fitur tersebut didesain untuk memudahkan perusahaan dalam menyusun kelas-kelas pelatihan karyawan secara terstruktur dan sistematis, sesuai dengan kompetensi yang dibutuhkan masing-masing karyawan. Jadi perusahaan tidak perlu khawatir, jika yang karyawan pelajari tidak sesuai kebutuhan.

Fitur kolaborasi ruangkerja

4. Terdapat Fitur kolaborasi. Jadi, ruangkerja membuat forum diskusi, agar setiap peserta pelatihan mendapat kesempatan berkolaborasi dengan peserta pelatihan lainnya. Bahkan dapat bertanya langsung kepada para ahli terkait materi yang mereka pelajari. Sangat efektif dan efisien kan.

5. Kemudian ada leaderboard juga yang bisa memacu peserta pelatihan untuk mendapat nilai setinggi-tingginya, dan peringkat tersebut akan dilihat oleh pimpinannya. Maka, bukan tidak mungkin, karyawan-karyawan Anda semakin semangat untuk belajar. Setelah itu mereka akan dapat sertifikat.

LMS ruangkerja menawarkan kepada Anda solusi untuk pelatihan karyawan perusahaan yang fleksibel. Para peserta akan mendapatkan kemudahan dalam mengakses materi belajar dengan menggunakan beragam perangkat mulai dari handphone atau PC/laptop.

Nah, salah satu bagian terpenting yang menjadi alasan mengapa ruangkerja dipercaya oleh banyak perusahaan menjadi mitra pelatihan online yaitu, ruangkerja memiliki fitur-fitur yang dapat memudahkan para administrator bahkan pimpinan dalam monitoring, menentukan kelas apa saja yang ingin diberikan, dan memberikan penilaian.

Kemudian, peserta dapat memperoleh poin yang bobotnya ditentukan langsung oleh perusahaan apabila peserta telah menyelesaikan modul pelatihan pada kelas perusahaan yang telah ditugaskan. Jadi, semuanya bisa dikontrol dengan baik tanpa khawatir pelatihan yang dilakukan berjalan tidak maksimal.

Fitur ruangkerja

Selain itu, untuk menghindari rasa bosan dan membingungkan, pada aplikasi ruangkerja, desain dibuat dengan baik, agar enak dilihat, dengan perpaduan warna yang nyaman di mata, mudah saat digunakan, dan tidak berbelit-belit ketika mengakses pelatihannya (letak fitur dan menu rapi dan simple), sehingga karyawan menjadi nyaman saat belajar.

Secara teknis ruangkerja memang sangat efektif, begitu juga berdasarkan waktu sangat efisien untuk digunakan. Lalu bagaimana terkait harga? Apakah ruangkerja juga mampu menghemat anggaran perusahaan untuk pelatihan para karyawan? 

Jawabannya adalah IYA. Ruangkerja memiliki sistem Cloud-Based, sebuah investasi perusahaan agar lebih hemat. 

Subscription model melalui cloud ruangkerja, akan menghemat investasi perusahaan hingga milyaran rupiah dibandingkan membangun sistem sendiri. Waktu implementasi pun jauh lebih singkat dan hanya butuh 2 minggu saja untuk dapat go live. Dilengkapi SSL Security, konten dan data perusahaan juga akan aman terlindungi di cloud ruangkerja.

Berikut manfaat memercayakan proses pelatihan karyawan melalui ruangkerja:

1. Perusahaan akan menghemat waktu.

2. Memangkas pengeluaran perusahaan, termasuk biaya akomodasi dan transportasi.

3. Mempermudah monitoring pelatihan, dan tetap mampu mendapatkan hasil maksimal. Yakni, Sumber Daya Manusia yang berkualitas dan kekinian.

Jadi, tunggu apalagi? Inilah saatnya membantu para karyawan Anda untuk tumbuh, dengan begitu, rencana dan inovasi perusahaan untuk bergerak lebih maju dapat dilakukan dengan bersama-sama, lebih aman di masa pandemi ini dan menjadi lebih praktis, bersama ruangkerja by Ruang guru.

Komentar

  1. Kereen...
    Selain ruangguru untuk anak-anak, kini ada ruangkerja yaa..
    Lengkap sekali.
    Dan diharapkan karyawan atau pra-kerja bisa mengambil pembelajaran yang sesuai dengan bidang minatnya.

    BalasHapus
  2. Semakin keren aja Ruangguru, lengkap banget pembelajaran online-nya. LMS Ruangkerja solusi yang tepat banget untuk upgrade skill karyawan. Pandemi nggak jadi kendala, pelatihan karyawan tetap bisa dilakukan, waktu dan monitoring mudah banget. Nggak ada ceritanya pelatihan dijadikan ajang 'istirahat sejenak', wkwkwk.

    BalasHapus
  3. Maksih buat informasinya ya mom jadi dapet ilmu baru tentang ruang kerja

    BalasHapus
  4. Inovasi ruangguru memang keren ya. Kayak ruangkerja ini sistemnya dibuat nyaman, basis cloud base lagi

    BalasHapus
  5. Ooh ada ya alat kerja macam begini. Ini memudahkan banget buat semua pihak. Inovatif ya, namanya juga era digital. APalagi lagi musim pandemi yg orang2 bisa WFH. Mendukung kondisi banget nih

    BalasHapus
  6. Saat pandemi seperti sekarang, sistem pembelajaran seperti ini cocok dan bisa diterapkan selama ditunjang fasilitas yang memadai seperti di wilayah perkotaan.

    BalasHapus
  7. Well, betapa hidup di era digital kita memperoleh banyak sekali kemudahan ya, Mbak. Dan kemudahan-kemudahan tersebut terasa sekali di tengah pandemi seperti sekarang. Apa-apa serba daring. Jujur ini informasi baru untukku, bermanfaat pastinya hehe..

    BalasHapus
  8. Perisahaan saya harus coba ruangkerja ini nih biar SDM karyawan makin meningkat. Apalagi fiturnya sangat mudah dimengerti

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗