Tags

Random Posts

randomposts

Recent Posts

recentposts

Seo Moms Cummunity, tempatnya belajar SEO basic emak-emak

Posting Komentar
Seo Moms Cummunity, tempatnya belajar SEO basic emak-emak

Belajar SEO (Search Engine Optimization) merupakan proses wajib yang harus dilakukan oleh seorang Blogger, jika ingin serius mengurus blognya. Sebab, SEO yang baik, mampu mendatangkan traffic dan meningkatkan kualitas blog di mata mesin pencarian (google). Sayangnya, belajar SEO bukan hal mudah. Banyak istilah asing yang harus dipahami, bahkan penerapan ilmunya pun butuh keseriusan dan kerja otak yang lumayan berat. Selain itu, tidak mudah menemukan kelas SEO FREE yang serius mau memberikan pemaparan dari A – Z. Rasanya, saya sangat beruntung dapat mengenal Seo Moms Cummunity, tempatnya belajar SEO basic emak-emak.

Awalnya, saya memang mencari kelas SEO untuk menaikan DA (domain authority) blog saya. Bahkan sempat mendaftar di kelas berbayar, namun karena sesuatu dan lain hal, kelas tersebut dibatalkan. Sempat kecewa dan sedih, terasa pupus harapan untuk belajar SEO. Hingga terbaca informasi pembukaan pendaftaran SEO Moms 4 di facebook.

Segera saya hubungi Mom Arda Sitepu sebagai admin area Sumatera. Beliau memberi info syarat yang harus dipenuhi, yakni dikhususkan untuk blogger perempuan, baik yang sudah menikah maupun belum. Blog harus sudah TLD (top level domain), tahan didikan sampai akhir, dan bersedia aktif di kelas.

Bismillah, saya rasa mampu memenuhi semua persyaratan dan mengisi formulir yang disediakan. Beberapa hari kemudian, saya dimasukkan grup whatsapp SEO Moms Sumatera. Yes! Akhirnya merasa sangat lega. Tinggal menunggu kelas Seo basic Sumatera dimulai.


Sekilas tentang Seo Moms Community (SEMOC)

Komunitas ini memang khusus diperuntukkan bagi emak-emak, meski pendirinya seorang lelaki tulen berasal dari Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat. Mas Qbank, begitu saya menyapanya.

Mulai dari pendirinya seorang laki-laki, hingga mengetahui sejarah berdirinya, saya menilai SEMOC unik. Komunitas yang begitu peduli perempuan.

Founder SEMOC seorang kuli bangunan. Fakta yang membuat saya berdecak kagum. Ditambah alasan mendasar pendiriannya sebagai upaya ungkapan kasih sayang Mas Qbank kepada almarhumah ibunda tercintanya. Suatu landasan murni yang begitu menyentuh.


Mengapa SEMOC bertitle SEO Basic?

Sebenarnya bahasan ini sudah masuk ke materi pertama dalam perkenalan oleh Mas QBank. Menurutnya SEO basic wajib dipelajari oleh setiap blogger. Ibaratnya rumah, SEO basic adalah pondasinya. Percuma rumah bagus, tapi tidak kokoh.

Pada pemaparan awal ini, niat saya diluruskan. Kelas ini bukan untuk menaikan DA dan PA blog, tapi belajar bagaimana SEO berdasarkan google. Tetapi, secara tidak langsung, tentu dapat memengaruhi DA dan PA. Hal ini malah lebih menarik dibanding pusing memikirkan DA yang naiknya susah bak meniti tangga yang jarak antar anak tangganya satu meter! Kebayangkan susahnya naik 😄

Menurut Mas QBank:

Backlink adalah Ratu setelah Konten adalah Raja.

SEO Basic terbagi dua, seo on page dan seo off page.

Konsep dasar SEO ini yang kadang tidak dipahami secara utuh. Sibuk tanam backlink—yang sebenarnya bagian dari SEO off page—untuk menaikan DA secara cepat, sementara perbaikan on page terabaikan. Menurut Mas QBank, hal ini bisa menyebabkan DA PA turun drastis. Saya manggut-manggut sendiri membaca informasi-informasi yang diberikan oleh Mas QBank. Oh, ternyata begini, oh, ternyata begitu....

Kelas bahkan dimulai dengan materi dasar sekali, sejarah SEO dari tahun 1990 an. Materi yang sungguh tidak bisa diabaikan dan tidak saya dapatkan di kelas SEO yang pernah saya ikuti sebelumnya. Tepatlah istilah:

Historia Vitae Magistra = Sejarah adalah guru kehidupan.

Sebuah filosofis yang dikemukakan oleh seorang filsuf Romawi bernama Cicero (brainly/10/9/19). Karena kita tak akan paham langkah selanjutnya jika tidak belajar sejarah.

Sekarang kelas SEO basic khusus Sumatera sudah menuntaskan materi SEO on page. Eits, tidak hanya materi, peserta juga wajib praktik lho. Gimana? Mau gabung juga? Silakan berkenalan lebih dalam dengan SEO Moms Community.


Related Posts

Posting Komentar


Kumpulan Emak-emak Blogger

Forum Lingkar Pena Palembang

Blogger Palembang Kumpul

Palembang Beauty Blogger

Follow by Email