Tags

Random Posts

randomposts

Recent Posts

recentposts

Aplikasi Membaca Gratis di Android

6 komentar

Aplikasi membaca gratis

Banyak kelebihan membaca melalui gadget. Selain mudah mengaksesnya, juga lebih terasa dekat dan praktis. Yups, kenyataannya, saat ini di kehidupan sehari-hari, handphone menjadi benda terdekat dengan tubuh. Bahkan pada sebagian orang, kehilangan benda elektronik satu ini, seperti kehilangan separuh diri. Nah, buat yang suka membaca, tentunya lebih efektif menikmati bacaan via aplikasi membaca yang ada di hp. Maka pada postingan kali ini, saya membahas tentang Aplikasi Membaca Gratis di Android. 

Ada beberapa apliaksi membaca yang bisa di-download di android. Rata-rata berbayar menggunakan koin. Akan tetapi, meski berbayar, sebagian besar ceritanya, masih ada yang bisa dinikmati secara gratis. Berikut ulasannya:


1. Wattpad

Aplikasi membaca gratis

Aplikasi satu ini sudah mendunia. Saya pun pertama kali tahu aplikasi membaca yang bagus dan gratis adalah Wattpad. Wattpad kerap disebut dunia orange oleh pembaca dan penulisnya.

Kalau dulu, cerita di Wattpad semuanya gratis. Paling-paling di-private oleh si penulis, sehingga bagi yang ingin mengakses bab selanjutnya, atau bab tertentu, pembaca wajib mem-follow author terlebih dahulu. Ya, penulis di wattpad lebih familiar dengan sebutan Author, thor, tor, semacam itu.

Namun sekarang, cerita di wattpad banyak yang paid stories. Diawali dari hilangnya fasilitas private cerita atau bab yang sempat membuat kecewa para penulis. Kemudian Wattpad menyediakan cerita berbayar sebagai apresiasi kepada para author.

Wattpad

Sebagian pembaca tentu merasa keberatan, karena akhirnya harus membayar untuk membaca di wattpad. Tapi, tunggu dulu, tidak semua cerita harus dibayar kok. Banyak yang gratis baca! Tinggal dicari saja mana yang disuka. Karena wattpad juga memberlakukan syarat tertentu bagi para penulis, yang ceritanya ingin menjadi paid stories.

Memang kesimpulannya, cerita yang berbayar, biasanya cerita yang bagus. Pembacanya sampai ratusan ribu. Mungkin jumlah pembaca ini juga syarat wattpad menjadikannnya cerita berbayar.

Namun, yang tidak—belum—berbayar pun banyak yang bagus. Entah karena penulisnya memang ingin menggratiskan, atau tulisan tersebut masih dalam proses memenuhi persyaratan.

Tak ada salahnya men-download aplikasi satu ini, jika kamu mau membaca gratis melalui handphone. Oh iya, pada cerita yang berbayar, bahkan bisa diakses gratis dengan menonton iklan untuk membuka per babnya. Walau kadang harus sabar, karena iklan tidak selalu tersedia.

2. Innovel

Innovel

Sebenarnya saya baru men-download Innovel. Sepanjang penggunaan, saya cukup puas dengan penyajian cerita di sini. Tentunya karena banyak cerita gratisnya.

Pembaca bisa mendapatkan aplikasi ini secara gratis di play store dan membuat akun menggunakan gmail atau facebook. Bahkan bisa memilih tiga genre cerita yang disukai, sehingga secara otomatis, Innovel akan menyajikan pilihan cerita sesuai kategori yang pembaca pilih di awal.

Tapi pembaca juga bisa mencari atau memilih cerita lain sesuai selera. Cukup dengan mengetikkan kata kunci—atau judul cerita--di kolom pencarian pada bagian atas tampilan aplikasi.

Selain itu, pembaca bisa mendapatkan koin secara gratis. Banyak penawaran yang diberikan kepada pembaca, terutama pembaca baru oleh Innovel. Program login diberi koin pun ada. Program membaca gratis dengan menunggu dalam waktu tertentu dan berhadiah koin juga tersedia. Kalaupun ingin membeli koin, Innovel aksesnya sangat mudah. Pembaca bisa membayar dengan Ovo, Gopay, Dana, Link aja, Doku wallet. Bahkan ada diskon tambahan tertentu saat membeli koin.

Aplikasi gratis membaca

Satu hal yang harus diingat, saat mulai membaca di Innovel, jangan lupa mengatur tampilan layar. Karena ketika membuka bab pertama, secara otomatis, layar handphone menjadi terang sekali. Tidak nyaman di mata. Bagian bawah, ada tanda gerigi setting untuk mengatur tampilan ini. Bisa juga mode gelap atau terang. Senyaman kalian pastinya.


3. Mangatoon

Aplikasi android

Jangan kaget saat membuka aplikasi Mangatoon, karena yang tersaji pertama kali adalah komik.

Seperti namanya, aplikasi ini sepertinya memang lebih mengutamakan komik sebagai menu utama. Akan tetapi, ternyata banyak novel yang juga bisa dibaca.

Membaca komik juga cukup menarik lho. Karena visual gambar dapat memberi efek lebih nyata.


4. KBM App

Aplikasi membaca gratis

Aplikasi satu ini tergolong baru. Menilik dari sejarah berdirinya, KBM (Komunitas Bisa Menulis), besutan Asma Nadia ini, berawal dari swbuah grup menulis di facebook, dengan jumlah anggota aktif ribuan orang. Saya termasuk salah satu anggotanya. Sempat share tulisan juga di grup Facebook tersebut.

Lalu dibuatlah versi aplikasinya. Tidak banyak novel gratis yang bisa dibaca di sini. Karena aplikasi ini begitu menghargai penulis. Syarat untuk menjadi cerita berbayar cukup mudah. Tapi, masih ada penulis yang menggratiskan ceritanya kok. Bisa juga membeli koin jika memang menyukai dan penasaran dengan ceritanya.

Demikian sedikit ulasan tentang Aplikasi Membaca Gratis di Android. Jangan lupa, setelah membaca, klik bintang, jempol atau like untuk per bab ceritanya ya. Setidaknya sebagai salah satu apresiasi kita terhadap karya tulis penulis. Akan sangat menyenangkan, jika ditambah dengan komentar-komentar positif. Apa lagi jika mau membeli koin untuk membayar—membuka—ceritanya.

Oh iya, masih ada satu lagi nih aplikasi membaca gratis di Android, yakni Storial. Bisa langsung cek infonya di blog Kak Ipeh Alena ya. Semoga bermanfaat.


Related Posts

6 komentar

  1. Yang Innovel dan Mangatoon malah baru tau nih mbak. Selama ini jarang banget baca dari aplikasi semodel ini. Jadi lebih banyak tau nih.

    BalasHapus
  2. Zaman udah semakin canggih ya mbak, kadang terpikir apa kabar nasib toko buku ya, Semakin ditinggalkan pembacanya kali ya. Semoga saja semua baik online maupun offline bisa punya pangsa pasar sendiri2

    BalasHapus
  3. Kalau innovel aku jarang. Malah sering baca di noveltoon. Sekarang apa2 serba gampang ya mbak. Dlu slu bawa buku bacaan kemana2. Sekarang dengan kotak ajaib semua keinginan kita terpenuhi. Tinggal pencet2 jadi, deh.. 😁

    BalasHapus
  4. Aku juga sika membaca, tapi biasanya aku membatasinya agar mata gak terlalu lelah akibat efek yang ditimbulkan menatap layar terlalu lama, dan biasanya aplikasi yang dibaca paling sering KBM App

    BalasHapus
  5. Sekarang lebih enak baca bisa melalui aplikasi apa aja ya. Saya kl KBM juga pernah baca2 ceritanya, dan nulis juga cerita di KBM aplikasinya

    BalasHapus
  6. Dengan adanya aplikasi membaca ini sangat memudahkan banget ya, gak perlu cari-cari ke toko buku lagi, dalam genggaman udah bisa baca , gratis pula.

    BalasHapus

Posting Komentar


Kumpulan Emak-emak Blogger

Forum Lingkar Pena Palembang

Blogger Palembang Kumpul

Palembang Beauty Blogger

Follow by Email