Mie tek-tek palembang
Mie tek-tek kuah

Ada dua macam kuliner berbahan dasar mie di Palembang. Yaitu mie celor dan mie tek-tek.

Meski sama-sama mie, tapi rasa dan bumbunya juga berbeda. Cara membuatnya juga lain.


Mie Celor


Mie ini berkuah santan, dengan bumbu yang lumayan komplet. Menggunakan kemiri dan ebi (udang kering) sebagai kekhasan kuahnya. Diberi sedikit maizena untuk kekentalan kuah. Biasa disajikan dengan telur rebus, taburan bawang goreng dan daun sop. Bentuk mie-nya pun berbeda dengan mie tek-tek. Lebih besar-besar.


Mie Tek-tek

Mie tek-tek palembang
Mie tek-tek

Mie ini ada dua macam, yaitu mie tek-tek kering dan kuah. Mirip dengan mie tumis biasa. Bumbunya juga tidak ada yang spesial seperti mie celor yang harus bersantan dan ebi. Memang mie tek-tek itu mie tumis sih ya. Bumbu di tumis dahulu dan dimasak bersama mie setelahnya. Bisa juga dicampur telur. Mirip telur orak-arik jadinya.


Sepertinya dinamai mie tek-tek karena kekhasan cara memasaknya. Siru! (Lebay, seru, heboh) Kalau bahasa palembangnya. Tidak seperti kita numis mie di rumah, slow, biasa aja gitu ya. Kalau mie tek-tek, Mamang penjual biasanya masak dengan siru. Ketika mengaduk, harus terdengar suara sentuhan kuali dengan spatula besi atau aluminiumnya. Bahkan beberapa kali di pukul-pukulkan ke pinggiran kuali sehingga berbunyi "tek-tek".


Ngomongin dua mie ini, jujur aku lebih suka mie celor. Tapi kalau mau coba sensasi "tek-tek" Pilih mie tek-tek dong. Asyik juga ngeliat Mamang jualannya masak mie satu ini.


Dulu saat jalan Benteng Kuto Besak masih difungsikan menuju pasar 16, banyak pedagang mie tek-tek gelar lapak di sana. Tinggal pilih yang sesuai selera. Tapi sekarang tidak ada lagi. Karena BKB sudah dirapikan. Tidak boleh ada pedagang di sana. Meski kadang masih ada saja yang berjualan. 


Terakhir aku makan mie tek-tek di samping BKB minggu lalu. Tapi rasanya kurang pas di lidahku. Cuma asyik aja, lihat Mamangnya masak 😅


Oh iya, harga mie celor dan mie tek-tek mulai dari 10 ribuan aja. Kalau kalian ke Palembang, yuk icip-icip kuliner mie ini ☺


Klik RESEP untuk galeri resep sederhana.

13 Komentar

  1. Wahhh udah lama ga makan mie seperti ini.
    Di Jawa juga ada sebutan Tek Tek, tapi aku nggak ngerti apakah rasanya sama dengan yg di Palembang

    BalasHapus
  2. Lebih enaaaaak mie celor kemana-manaaaaa :D. Ya ampuuuun aku kangen bgt Ama Palembang.. kangen kulinernya. Pas kesana trakhir 4 hari, ttp aja ga cukup nyobain banyak kuliner di sana. Mie celor yg sempet aku coba, yg ilir26 Ama yg mie celor poligon. Enaaak banget, masih ga bisa lupain rasanya

    BalasHapus
  3. Mi tek-tek familier namanya, tp belum pernah makan. Mi celor juga belum pernah nyicipin. Jadi kepo aku pengen cari rumah makan Palembang di Jogja hehehee.. Taunya selama ini pempek aja *tutup muka :D

    BalasHapus
  4. aaaa jadi pengen mi tek-tek, di sini nggak ada mbak. cuma ada bakmi jawa, hhuuhu
    mau coba bikin mi tek-tek ah :D

    BalasHapus
  5. Mi tek-tek di Jakarta sering sih. Kalo mie celor yang belum pernah nih. jadi pengen deh, liat ke yutub dulu deh haa

    BalasHapus
  6. Kepingun nyobain dua-duanya, mie celor sama mie tek-tek. Pasti gurih, mantap dan bumbunya berasa banget. Soal mie tek-tek yang abang penjualnya sengaja memukul sodetnya ke wajan dengan berisik, saya jadi ingat soto gebrak ala Jawa Timur yang penjualnya sengaja menghempaskan botol kecap dengan ke meja dengan keras sehingga berbunyi "gubraaak!!"

    BalasHapus
  7. Waa kalo mie sih dmasak apa saja saya sukaa mbak.
    Btw kalo dsby adanya tahu tek tek.

    Tapi suara tek teknya di dapat saat memotong tahu nya pakai gunting sampai muncul bunyi tek tek gt

    BalasHapus
  8. Lampung ma palembang gak jauh beda ya kulinernya. Aku juga suka dua menu ini ... Murah dan Yummy.

    BalasHapus
  9. Kebayang kalo mie tek-tek itu masaknya rame, hi, hi. Aku pengen coba ah dua-duanya sepertinya sama-sama enak.

    BalasHapus
  10. Yang berbau Mie, pedes, panas, itu makanan kesukaan saya banget hehe
    Cuma kalo Mi Celor belum pernah nyoba. Baru nyoba Indomie rasa Mie Celor doang wkwkwk

    BalasHapus
  11. Apa hanya aku aja yang tahu makanan Palembang hanya pempek 😁. Makasih mba infonya

    BalasHapus
  12. Aku juga lebih suka Mie Celor Mbaaaa, apalagi di rantauan ini susah cari makanan Palembang :( ada juga rata2 pempek, akhirnya aku nyetok indomie mie celor doang deh di kosan hahaha meskipun jauh beda bgt sih tp yaaa lumayan mengobati hehehe

    BalasHapus
  13. Jadi pengen nyobain nih. Suka aku sebenarnya masakan mie-mie gini, spaghetti juga

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗