Mengoptimalkan Peluang Dunia Blog

Mendapatkan penghasilan dari blog tidaklah mustahil. Jaman sekarang, ngeblog sudah menjadi tren baru di dunia pemasaran dan promosi. Akan tetapi, ada banyak hal yang harus dilakukan dalam mengoptimalkan peluang dunia Blog ini. Untuk itu, kali ini saya akan mengulas cara menghasilkan uang dari blog, sebagai salah satu peluang penghasilan blogger.


Kalau kamu suka menulis, mengapa tidak menulis di blog? Tulisan itu akan abadi dan dapat dibaca banyak orang dari waktu ke waktu. Jika mengandung kebaikan, tentu menjadi pahala. Demikian pandangan saya saat awal mula memutuskan menulis di blog.


Saya suka menulis. Meski dulu masih sebatas curahan hati. Namun saya tetap ingin tulisan itu memiliki esensi lain, yakni hikmah dan nasihat. Pada awalnya saya hanya suka-suka saja. Kadang cuma menulis puisi dan cerita pendek. Bahkan sekadar flash fiction yang tak sampai 300 kata.


Kala itu, saya tidak mengerti cara menulis artikel yang baik. Tidak tahu fungsi blog selain menulis suka-suka ala saya. Ada istilah Domain Rating, Domain Autority, Page Autority, dan lain-lain, sebagai pengukur performa blog. Sungguh saya tidak paham itu semua. Bahkan sempat vakum dalam bilangan tahun.


Kemudian saat melihat banyak blogger yang blognya rapi, tulisannya enak dibaca, postingannya sudah sampai ratusan, komentarnya banyak pertanda hidupnya interaksi antara penulis dan pembaca, saya mulai bertanya-tanya.


Apa sih enaknya ngeblog selain curhat?


Setelah saya amati, tulisan mereka tidak hanya tentang kegiatan sehari-hari, tips dan trik, atau artikel biasa lainnya. Mereka juga membahas produk, atau review jasa. Usut punya usut, ternyata ada peluang menghasilkan uang dari blog! Tulisan review tersebut diberi remunerasi sesuai rating blog itu sendiri.


Sejak saat itu, saya mulai serius. Kenapa? Karena daya tarik penghasilan dari blog, menjadi magnet pertama buat saya. Saya tidak bisa memungkiri bahwa saya butuh uang.


Berikut cara menghasilkan uang dari blog versi saya:


Fokus

Fokus bisa dibilang sebagai titik pertama mengoptimalkan peluang blog. Karena fokus, membuat kita tahu arah dan mulai memetakan langkah. Fokus juga bisa menjadi dasar tumbuhnya konsistensi. Karena tanpa konsistensi, semua keinginan tak akan tercapai. Termasuk menghasilkan uang dari blog.


Belajar

Semua hal baru perlu ilmu dan pengetahuan tentangnya. Dunia blog berkenaan dengan dunia kepenulisan dan dunia internet. Sudah pasti sebagai blogger, kita harus meng-upgrade diri dalam kedua hal ini.


Saya sangat mengapresiasi program webinar untuk blogger, yang diadakan oleh IM3 Ooredoo dan komunitas Ibu-ibu Doyan Nulis (IIDN). Ada 25 webinar series yang dilaksanakan mulai dari 29 Agustus sampai dengan 3 Oktober 2020 lalu. Saya bersyukur bisa mengikuti 16 webinar-nya dengan tema berbeda. Sungguh berterima kasih kepada penyelenggara, karena materi yang diberikan sangat relevan dengan kebutuhan blogger, apa lagi blogger pemula seperti saya.

Webiner iidn

Dari webinar series ini lah saya dapat menuliskan beberapa hal yang harus dilakukan dalam mengoptimalkan peluang dunia blog, berkenaan dengan 'belajar' untuk meng-upgrade diri sebagai blogger:


1. Traffic

Pengunjung blog adalah tamu yang harus diberi pelayanan yang memuaskan. Artinya, kita harus membuat betah pengunjung. Bisa dengan tampilan blog yang menarik, akses yang mudah, dan tulisan yang apik.


2. Konten is the King

Demikian yang harus dipahami seorang blogger. Yang dijual adalah tulisan. Semakin berbobot dan bermanfaat, semakin informatif dan edukatif, maka orang akan terus mengunjungi blog kita, jika mereka butuh dan merasa terbantu dengan isi blog kita.


Mengenai konten ini, webinar IM3 Ooredoo dan IIDN mengadakan kelas khusus sebanyak tiga kali. Salah satunya saya tuliskan di blog ini dengan judul Cara Menulis Konten Blog untuk Pemula.


3. Optimasi foto, video dan desain grafis

Baik dari cara mengambil gambar atau videonya, sampai dengan teknik editing. Karena selain tulisan, konten dalam blog juga bisa berupa foto, video dan desain grafis. Tiga hal ini bisa menjadi daya tarik tersendiri bagi pengunjung blog.


4. Memahami SEO

Di awal sudah saya singgung, bahwa dunia blogging berkenaan dengan dunia digital. Posisi halaman pertama di google, adalah salah satu cara jitu menaikkan traffic pengunjung blog. Saya pernah menuliskan tentang SEO ini di blog, yakni 5 Tips Blogger Pemula yang Pemula Banget. Bisa langsung dipraktikkan ya.


5. Optimasi Media Sosial

Setelah memposting tulisan di blog, menurut saya sangat wajib membagikannya ke media sosial kita. Karena traffic pengunjung juga bisa didapat melalui share ke medsos seperti ini. Sebut saja instagram, facebook, dan twitter sebagai media sosial paling populer digunakan orang banyak. Optimasi youtube juga perlu dilakukan untuk eksistensi diri seorang blogger.


6. Menguasai public speaking blogger

Untuk apa? Sebagai bagian dari pencitraan diri seorang blogger, seni berbicara di depan umum juga perlu dipelajari. Suatu saat, blogger mungkin dihadapkan pada situasi demikian. Cerdas menulis, akan makin sempurna dengan cerdas berbicara.


Mendapatkan peluang job

Dari pemaparan Mbak Widyanti Yuliandari pada webinar episode 11: Mendapat peluang job Blogger, blogger bisa mendapatkan job dari beberapa hal berikut:

- Berkomunitas, dengan prinsip take and give. Bukan hanya enaknya saja tapi tidak berkontribusi.

- Bergabung dengan platform khusus blogger atau penulis.

- Mengoptimalkan sosial media sebagai etalase 'siapa kita'.

- Menyiapkan mediakit diri.

- Pasang disclouser dan portofolio di blog. Karena ada juga brand, yang mencari atau tertarik untuk bekerja sama dengan melihat hal tersebut.


Selain itu, cara menghasilkan uang dari blog juga dapat dengan memanfaatkan peluang adsense dan affiliasi.


Siapkan perlengkapan ngeblog

Ngeblog butuh fasilitas tentunya. Sebagai perlengkapan utama yang dibutuhkan adalah laptop, notebook, atau handphone. Saya sendiri lebih sering menggunakan handphone, karena laptop saya sudah lama rusak. Tapi ini tidak menyurutkan semangat. Dengan handphone pun bisa ngeblog.


Selanjutnya yang dibutuhkan adalah kuota Internet. Karena basisnya online, maka kuota internet merupakan salah satu hal wajib dipersiapkan sebelum ngeblog.


Bicara tentang kuota, IM3 Ooredoo memiliki paket terbaru bernama IMPreneur. Salah satu kelebihan paket ini, bisa dibagi ke 20, bahkan ke 25 orang dalam tim. Misal pemilik usaha berlangganan paket ini, maka bisa membagi ke karyawannya untuk kepentingan promosi dan sebagainya, sesuai dengan kebutuhan. Paket ini juga dapat kuota telepon ke sesama IM3 Ooredoo dan all operator.

Impreneur

Nah, bukan cuma untuk pengusaha atau pembisnis, IMPreneur juga bisa lho digunakan untuk keluarga. Sehingga orang tua tak perlu bingung mengontrol kebutuhan internet anak yang saat ini sedang sekolah daring. Jika berminat, bisa menghubungi nomor telepon di bawah ini ya.

Center im3

Kuota impreneur
Paket impreneur


Selain IMPreneur ada juga paket Freedom U. Mulai dari kuota 5,5 GB. Ada promo aplikasi Zoom, Skypi, M Tim hingga 31 Desember 2020 ini.

Paket im3
Paket im3

Dengan IM3 Ooredoo, kenyamanan dan kelancaran ngeblog terjamin. Akses internet 24 jam non stop.


Sudah pakai IM3 Ooredoo? Aku sudah ☺

Im3 ooredoo
***

Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba Blog IM3 Ooredoo X IIDN Mengoptimalkan Peluang Dunia Blogging.

Lomba blog

32 Komentar

  1. Setujuuuuu... Konsistensi emang penting banget ya kak. Klo gak fokus, bisa2 peluang dr blog gak bs didapatkan yess hehhee semangattttttt for us

    BalasHapus
  2. Banyak manfaat yang didapat dan memacu kita untuk terus belajar, ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aktivitas ngeblog jadi lancar jaya dengan paket internet yang memadai dong, ya.

      Hapus
  3. Saya harus belajar banyak lagi tentang public speaking untuk blogger nih. Ternyata meski banyak diam karena kerjaannya mayoritas nulis (ngetik) cara etika bicara juga diperlukan banget ya... Hehehe

    BalasHapus
  4. Waahh...saya masih harus belajar banyak, apalagi istilah-istilah yang cukup njelimet utk optimasi SEO. Learning by doing :))

    BalasHapus
  5. Webinar IIDN dan Indosat ini beneran kece badaaaiii!
    (pe)materinya sangat profesional, maestro di bidangnya masing2 ya Mba

    BalasHapus
  6. Bagi blogger, internet itu senjata utama haha. Mau nulis, unggah sampe share ke sosmed emang butuh internet. Baru deh bisa menghasilkan cuan. Sinyal IM3 kayaknya oke ya. Belom pernah coba sih, tapi di beberapa wilayah kayaknya emang IM3 jago sinyalnya.

    BalasHapus
  7. Blog itu memang bisa di monetisasi dan perlu memahami PA dan lainnya. Terpenting mau fokus dan konsisiten karena pasti akan banyak hal yang harus di upgrade. Untuk kebutuhan internet bisa menggunakan im3 Impreneur ini ya, mba.

    BalasHapus
  8. 5 tips optimalisasi untuk blogger pemulanya jadi evaluasi buat saya Mbak. Semoga bisa terus konsisten ya.

    BalasHapus
  9. Ini artikelnya kereeen banget.

    Ilmu dari webinar langsung dituangkan dalam sebuah karya tulisan.

    Mbak, gaya bahasanya bagus. Menjadi inspirasi saya, blogger pemula, untuk mengembangkan tulisan.

    Makasih ya, Mbak Deris

    BalasHapus
  10. Wah, sepertinya 'daging' banget nih materi webinar IIDN dan Indosat Ooredo...Banyak cara optimasi blog hingga menghasilkan uang..perlu tingkatkan kompetensi dan konsistensi ya

    BalasHapus
  11. Mantap mba, ngeblog dengan handphone saja. Laptop di rumah juga suka full book. Akupun suka dari hp

    BalasHapus
  12. Saya termasuk yang awal bikin blog hanya untuk suka-suka, sedikit curcol, dan menyalurkan hobi. Dulu enggak paham dengan DA, PA, SEO, dan sebangsanya. Gabungnya sama anak-anak Twitter yang suka ngeblog lebih ke cerpen dan puisi. Enggak kepikiran buat monetisasi. Wawasan jadi makin terbuka setahun belakangan. Mulai belajar dan serius melihat peluang dunia blog. Syukurlah ada komunitas IIDN yang bisa kasih pelatihan webinar yang luar biasa.

    BalasHapus
  13. Saat sekarang sih internet emang senjata ampuh buat optimasi blog. Banyak yang kita bisa dapetin dari internet kemudian menuliskannya lagi di blog. Pastinya bisa menghasilkan pundi-pundi ya, Kak. Hehehe. Makasih banyak, Kak!

    BalasHapus
  14. Aku kalo ngeblog juga pakai HP, biar bisa disambi momong anak-anak, hehehe. Sampai sekarang saya belum terlalu fokus nih buat mengoptimalisasi blog. Kemarin ini setelah ikut webinar im3oreedoo jadi makin tercerahkan sih. Semoga bisa semakin bergeliat nih blognya, hehe

    BalasHapus
  15. Seru ya mba ikutan webinar IM3 Ooredoo X IIDN, smoga menang ya mba lomba blognya

    BalasHapus
  16. Ngeblog tak hanya sekadar ngeluarin unegg-uneg ya. Kalau serius dan fokus bisa jadi cuan. Apalagi kalau didukung jaringan inet yang cepet

    BalasHapus
  17. Aku udah ngeblog lama tapi masih b3lum faham seo.

    Katanya asal nulis aja nanti juga ada yang baca, tapi ya tetep ya upgrade diri itu penting.
    Butuh internet unlimited buat belajar seo via online. Karena selama ini juga semunya otodidak.. hehwhh

    BalasHapus
  18. Ini nih ilmunya bermanfaat banget soalnya selama ini masih banyak curhatnya, setelah ditekunin emang bener bisa cuan juga ya kak

    BalasHapus
  19. Daku juga ngeblog persiapannya dengan ponsel, karena nggak punya laptop haha. Dan yang penting internetnya ngebut nih bareng indosat

    BalasHapus
  20. Selama setahun terjun ke dunia blog, aku masih fokus ke konten nih, belum ulik yang lain dari blog

    BalasHapus
  21. Mom deris keren deh. Salah satu mom influencer yg aktif nulis dan produktif ngeblog. Aku diajak gabung ke grub blogger dong mom, biar ketularan semangatnya hehehe

    BalasHapus
  22. Blog memang menjanjikan banget ya. Makasih mbak sudah merangkumnya di sini.

    BalasHapus
  23. konsistensi nih untuk menulis, menulis dan menulis. mulai menulis dari yang sepele. duh kadang masih berat dilakukan

    BalasHapus
  24. Banyak ya yg harus diPersiapkan Buat jadi blogger, nulispun harus yg rutin biar bisa belajar tulisannya udah oke apa belum, makasih banyak tipsnya

    BalasHapus
  25. Dari dulu sudah ada blogger dan prospek blogging selalu ada, ya. Keren nih rangkuman kelasnya :)

    BalasHapus
  26. Akhirnya aku mulai sedikit demi sedikit melihat daleman blog. KArena emang saat ini dengan menulis di blog bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah ya kak.

    BalasHapus
  27. Ngeblog selain buat curhat, ternyata bisa menghasilkan juga ya mba. Yang paling aku suka dari pelatihan berbobot dari IIDN kemarin, para mastah itu gak setengah-setengah ngebagi ilmunya yang mantap. Jadi selama di rumah aja tetep bisa produktif akhirnya

    BalasHapus
  28. Wahhh, materinya daging banget ya mba. Ditambah pematerinya pun enggak usah diragukan lagi. Dari tiap poin yang mba ulas jadi reminder banget buat aku agar bisa lebih belajar banyak, utamanya tentang SEO. Cakep bangeeettt

    BalasHapus
  29. Suka asyik aja melihat komentar penuh, tapi aku belum fokus tulisan menjadi penghasilan. Masih buat asyik saja buat menyalurkan ...

    BalasHapus
  30. Lewat blog kita bisa melakukan banyak hal ya. Mulai dari curcol sampai dengan menghasilkan pundi-pundi uang. Muaranya satu sih, mencurahkan tulisan melalui blog milik kita sendiri. Melegakan dan menyenangkan. ;)

    BalasHapus
  31. Tulisannya keren. Enak banget buat dibaca. Aq sampai malu jika dibandingkan dengan blogku😭😭😭

    Sukses selalu ya kaka....

    BalasHapus

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗