Review Ebook 'Kiat Menulis Artikel di Media dari Pemula sampai Mahir'


Menuliskan resensi dan REVIEW BUKU atau ebook yang telah saya baca, merupakan salah satu cara mengukur seberapa jauh pemahaman saya terhadap buku atau ebook tersebut. Juga menjadi catatan inti bacaan yang terdapat di dalamnya, untuk kemudian, suatu saat, ketika membutuhkan informasi lama itu, saya bisa memancing ingatan dengan membaca ulang resensi dan review tersebut.


Kali ini, saya akan membuat resensi EBOOK yang membahas tentang CARA MEMBUAT ARTIKEL di Media Massa.


***

Menulis Artikel: Curahan Ide, Gagasan dan Kritik Terhadap 'Teks' Kehidupan


Tentang Ebook:
Judul: Kiat Menulis Artikel di Media dari Pemula sampai Mahir
Pengarang: M. Arief Hakim
Penerbit: Nuansa Cendikia, Bandung
Tahun Terbit: 2017, cetakan viii
Tebal: 156 halaman
Harga: Free di aplikasi IPusnas


Agaknya menulis artikel menjadi sesuatu yang penting untuk dikuasai. Mengingat media massa online maupun cetak makin ramai keberadaannya. Selain itu, di dalam sebuah artikel mencakup ide dan gagasan dari penulisnya. Sebuah pandangan yang bahkan mampu merubah keadaan suatu bangsa.


Selaras dengan hal itu, M. Arief Hakim kemudian membuat ebook bertajuk 'Kiat Menulis Artikel di Media dari Pemula sampai Mahir' ini. Latar belakang yang sama seperti yang dibahas dalam ebook 'Tips & Trik Menulis Artikel Layak Jual' oleh Aan dan Novi. Akan tetapi, ada perbedaan mendasar di antara kedua ebook ini, salah satunya, pembahasan Arief dalam ebooknya, lebih luas. Mencakup apa itu berita, feature, dan panorama jurnalisme.

Tentang Arief sendiri, setidaknya lima buku telah ia terbitkan dan beredar di pasaran, termasuk ebook 'Kiat Menulis Artikel di Media dari Pemula sampai Mahir' ini. Ia mulai menulis sejak usia 15 tahun. Tulisannya bahkan dimuat hampir di semua media massa yang terbit di tanah air (hal. 5).

Seperti judulnya, ebook ini membahas mengenai bagaimana proses kreatif menulis artikel yang bertujuan untuk diterbitkan di media massa. Sebuah ebook yang cukup lengkap sebagai panduan bagi pemula. Ebook ini diterbitkan oleh Nuansa Cendikia. Sebuah penerbit yang beralamat di Ujung Beruang, kota Bandung.

Makin ramainya media massa cetak dan online saat ini, nyatanya membuat gairah ide makin memuncak. Banyak hal yang dapat disoroti yang kemudian menggugah daya kritis masyarakat. Hal ini menyebabkan lahirnya bermacam kritik melalui tulisan. Baik berbentuk tulisan ilmiah atau sastra. Kuantitas tulisan yang meningkat, sepatutnya dibarengi dengan bertambahnya kualitas. Itu lah yang menjadi latar belakang lahirnya ebook 'Kiat Menulis Artikel di Media dari Pemula sampai Mahir' ini.

Dalam ebook ini, Arief memulai pembahasannya dengan bagaimana proses kreatif menulis: sastra, artikel, esai dan kolom. Menurutnya, proses kreatif dimulai dari mendapatkan ide dari apa yang ada dalam kehidupan. Kemudian membahasnya melalui banyak sudut pandang: psikologis, antropologis, ekonomis, dsb..

Pada bagian kedua, ia juga menjabarkan tentang mengasah naluri bahasa sebagai salah satu amunisi menulis. Yakni dengan membaca sebanyak-banyaknya dan menulis terus menerus. Selain itu, belajar pada penulis tenar untuk penulis pemula merupakan cara yang baik untuk memulai kegiatan menulis. Tentu dengan membaca, menelaah dan meniru gaya menulis penulis tenar sebelum menemukan gaya atau kekhasan sendiri.

Jika ingin menjadi penulis (di media massa), maka modal yang perlu dimiliki seseorang adalah 'kepekaan' dan sikap 'kritis'. 
(Hal. 16)

Ia juga membahas mengenai tinjauan buku dan kritik seni sebagai bentuk lain penulis dalam menuangkan ide dan gagasannya. Kemudian sub bab selanjutnya adalah tentang menulis artikel populer. Mulai dari menentukan ide, membuat sketsa sampai pada tahap 'eksekusi' artikel, sehingga menjadi tulisan yang utuh (hal. 74). Dituliskannya juga dua model artikel berdasarkan penggarapannya (hal. 82).

Bagian ketiga berisi tentang artikel aktual di media massa. Ditambahkannya pembahasan motivasi menulis dan karakter tulisan. Juga mengenai apa itu bahasa populer, padat dan komunikatif.

Bagian keempat Arief pun menjelaskan apa itu berita, feature, dan panorama jurnalisme. Cara memperkaya bahasa dan kosakata, cara menemukan gagasan baru, segar dan orisinal dan tentang karakter artikel media massa.



Keunggulan:
Pemaparan tentang proses kreatif menjadi keunggulan tersendiri pada ebook ini. Sebelum kita memahami apa itu menulis artikel, pengarang mengajak kita memahami dasar 'untuk apa kita menulis?' Suatu hal mendasar yang menumbuhkan 'tujuan' pasti seseorang menulis, terutama menulis artikel.

Selain itu, terdapat bahasan yang menerangkan artikel media massa. Baik dari pengertiannya, cara menulis artikel populer, model artikel, dan karakteristik artikel aktual di media massa. Semua lengkap dijabarkan.

Arief juga memasukkan pembahasan mengenai motivasi menulis di dalam ebook ini. Jadi, seseorang yang ingin menulis, apa lagi menulis artikel, tentu sangat memerlukan materi motivasi ini sebagai kekuatan tersendiri, guna lebih memantapkan diri.

Kekurangan:
Sementara kekurangan yang terdapat dalam ebook ini, pemaparannya kadang terlalu meluas. Contohnya pada bagian keempat: Berita, feature, dan panorama jirnalisme. Pada bagian kedua: Tinjauan Buku dan Kritik Seni. Tema tersebut, tidak berkaitan langsung dengan how to membuat artikel. Hal ini membuat fokus pembaca sedikit buyar karena diarahkan pada 'pemikiran baru how to membuat tinjauan buku dan kritik seni.

Namun demikian, kelengkapan pembahasan mengenai artikel dalam ebook ini menjadikannya sangat layak untuk dibaca bagi pemula yang ingin belajar menulis artikel. Sebagaimana keinginan pengarangnya, berharap pembaca dapat mengambil manfaat dari buku yang ia tulis ini. Bukan sekadar manfaat dan gunanya, akan tetapi manfaat menulis apapun dan di mana pun (hal. 9). 


Selain itu, pada bagian akhir ebook, pegarang mencantumkan lebih dari 50 alamat media massa yang menerima naskah tulisan berupa artikel dan lainnya. Ini merupakan nilai tambah tersendiri bagi pembaca.


***

#sahabatWrC
#WrCSBJBProfesiB181
#pekan3



Komentar

  1. Tulisannya bermanfaat sekali bagi yang tertarik dalam dunia tulis menulis artikel, Mba. Saya juga jadi banyak belajar dari sini. Nice share, thank you..

    BalasHapus
  2. Kayaknya saya harus baca ebook ini deh. Udah lama semenjak saya nulis artikel di koran pas zaman kuliah dulu...

    BalasHapus
  3. Setuju banget mb sekarang ini menulis merupakan keharusan karena berkembang pesatnya media sosial, nice artikel mb

    BalasHapus
  4. Jadi penasaran untuk baca e-booknya langsung deh. Pas lagi ada pe er bikin artikel juga nih.

    BalasHapus
  5. Wah jadi tahu mana jadibuku yang target belanja berikutnya. Kepengin bisa nulis artikel lagi. Udah lupa semua caranya. Hix

    BalasHapus
  6. Kayanya patut dibaca ya mba untuk blogger dan penulis. Kira-kira dimana bisa mendapatkan e-book ini?

    BalasHapus
  7. Baca bagian ini "Sebelum kita memahami apa itu menulis artikel, pengarang mengajak kita memahami dasar 'untuk apa kita menulis?' " saya jadi penasaran pengin baca ebooknya... Makasih reviewnya ya, mbaaa.. sangat bermanfaat buat saya :)

    BalasHapus
  8. wah bacaan bermanfaat banget ini tuh. masyaallah, untuk yang ingin menulis artikel di media harus ya mba baca ebook ini, ilmu banget isinya.

    BalasHapus


  9. Wah, menarik nih.
    Kebetulan saya masih harus banyak belajar tentang cara menulis artikel. Terimakasih atas sharing ulasan bukunya.

    BalasHapus
  10. wah ada 50 alamat media massa juga...Cuss kepoin e book nya biar makin lancar nulisnya. Terima kasih sudah berbagi:)

    BalasHapus
  11. Menulis review memang salah satu cara mengingat apa-apa yang memberi kesan ke kita. Saya juga suka menulis review, tapi film dan drama.

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗