3 Makananan sehat, untuk menjaga daya tahan tubuh. Mana yang paling kamu suka?

Daya tahan tubuh bukan hal yang bisa dianggap remeh. Jika lemah, maka penyakit akan mudah menyerang. Virus dan bakteri gampang menempel dan berbahaya bagi tubuh. Sudah menjadi keharusan untuk menjaga imunitas. Terlebih akhir-akhir ini, dunia tengah diguncang gencarnya penyebaran virus corona. Termasuk di Indonesia.


Lebih menghebohkan lagi, ketika Menteri Perhubungan Indonesia, dinyatakan positif Corona (CNN Indonesia 14/3/20). Total sabtu lalu, sudah 96 kasus pandemi Covid-19 ini di Indonesia, dengan 5 kasus kematian. Sungguh bukan hal yang biasa saja, ketika banyak negara besar dunia yang sudah melakukan lockdown sebagai salah satu antisipasi penyebarannya.

Imunitas tubuh berfungsi sebagai penangkal masuknya virus dan bakteri tidak baik ke dalam tubuh. Jika telanjur telah mengalami 'sakit', maka tetap harus menguatkan imunitas untuk melawan penyakit tersebut, agar dapat segera sehat. Apa lagi virus Corona belum ditemukan obat atau vaksinnya. Sebagaimana dilansir dari Kompas dot com 14/3/20, juru bicara Pemerintah untuk Penanganan Virus Corona Achmad Yurianto mengatakan:


Kunci kesembuhan dari virus Corona hanya satu, yaitu imunitas tubuh.

Ia mengingatkan, hanya imunitas tubuh yang dapat menangkal semua jenis virus, termasuk virus corona.

So, jangan abai menjaga daya tahan tubuh. Kekuatan melawan segala penyakit adalah imunitas diri sendiri.


IDN Times

Berikut beberapa tindakan yang dapat dilakukan sebagai pencegahan terhadap Virus Corona:
1. Sering cuci tangan menggunakan sabun dan cairan hand sanitizer.
2. Hindari beraktivitas di keramaian. Jika terpaksa harus melakukannya, gunakan masker dan mengurangi interaksi yang tidak perlu.
3. Hindari orang yang tengah sakit: batuk, beresin, demam.

Selain 3 hal di atas, masih ada yang wajib dilakukan demi menjaga imunitas tubuh:
1. Melakukan olahraga teratur. Mengeluarkan keringat, merupakan salah satu detoksifikasi yang baik melalui kulit.
2. Banyak minum air putih. Karena air dapat membantu proses pencernaan dan pembuangan zat tidak penting dari dalam tubuh.
3. Mengonsumsi makanan yang sehat. Dengan asupan karbohidrat, protein, kalsium dan gizi seimbang. Termasuk makan buah dan sayur.

Berikut sedikit tips makan buah dan sayur:
~ Cuci buah dan sayur dengan bersih sebelum dikonsumsi.
~ Masak sayur jangan sampai sangat layu, karena akan mengurangi kadar gizinya.
~ Makan buah saat perut kosong, dengan mengunyah sampai lunak. Agar kandungan buah mudah dicerna dan diserap oleh tubuh. Jadi, bukan makan buah selepas makan nasi ya.
~ Waktu paling baik mengonsumsi buah adalah pagi, sebagai pengganti sarapan karbo. Jika buah dijus, akan sangat baik jika dikulum terlebih dahulu, sebelum ditelan.


1. KURMA


Kurma mengandung hampir 70% karbohidrat, terutama sukrosa dan fruktosa. Kurma juga mengandung beberapa sumber nutrisi lainnya, seperti: serat, protein, kalium, magnesium, tembaga, kebutuhan mangan, zat besi dan vitamin B6.


Tak hanya itu. Kurma juga kaya akan asupan kalsium, vitamin K, folat, serta antioksidan seperti karoten, fenolik, avanoid, dan anthocyanin (hellosehat/modified/27/3/19).

2. MADU


Madu merupakan antibiotik alami. Kadar gula alami, hidrogen peroksida dan protein yang ada dalam madu, mampu meningkatkan imunitas tubuh dan memberi energi.


Selain itu, madu dapat menyerap kandungan air pada bakteri. Sehingga bakteri tak dapat bertahan dan mati.

Madu yang diseduh dengan teh, dipercaya dapat mencegah Infeksi saluran pernafasan yang disebabkan oleh invasi bakteri, jamur, maupun virus. Madu juga diketahui mampu mengurangi risiko infeksi bakteri TBC. 

Madu berfungsi sebagai anti inflamasi dengan meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas. Menurut penelitian, keberhasilan pengobatan menggunakan madu mencapai 90 persen (IDN Times/8/1/20).

3. KACANG ALMOND


Kacang almond kaya akan nutrisi. Mengandung serat, protein, lemak, mangan, magnesium, vitamin E dan B2. Sehingga kacang almond dapat menjadi antioksidan, menurunkan tekanan darah, mengontrol gula darah, dan menurunkan kolesterol (tirto id/10/10/19).


Karbohidrat sangat penting bagi tubuh, sebagai sumber energi. Bahkan bagi ibu hamil, karbohidrat dapat mengurangi risiko bayi lahir cacat (Aladokter/modified/5/1/2020).

Sementara serat yang terkandung dalam kurma, madu dan almond dapat mengontrol berat badan (obesitas) dan mencegah kanker kolon (usus besar), umri ac id/pdf/Ir. Agus Santoso, MP.

Dan manfaat protein bagi tubuh adalah untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dokter spesialis gizi klinik MRCCC Siloam Hosiptals Semanggi, Inge Permadi, di Jakarta, baru-baru ini mengatakan: 
Makanan sel-sel imun adalah protein. Orang yang sakit disarankan mengonsumsi protein, agar daya tahan tubuhnya meningkat.
(Beritasatu/20/5/2015).

Dari penjelasan kandungan dan manfaat kurma, madu dan almond di atas, tidak perlu diragukan lagi untuk rutin mengonsumsinya. Selain manfaat, rasa ketiga makanan tersebut sangat enak dengan kekhasan masing-masing. 

Kurma terasa manis dan mengenyangkan. Madu juga manis dengan sedikit rasa asam dengan tekstur yang kental. Bisa diseduh dengan air atau teh hangat. Dapat juga dijadikan olesan roti tawar. Hem... yummy....

Sementara kacang almond yang biasanya dipanggang, terkenal gurih dan bikin nagih. 7 butir cukup untuk kecantikan, 20 butir baik sebagai penambah energi dan kesehatan jantung. Bisa dimakan langsung sebagai camilan atau dijadikan toping dan taburan. 

Antara kurma, madu dan almond panggang, mana nih yang paling kamu suka?

🌸

*Tulisan ini diikut sertakan dalam Tantangan Blogging Ibu-Ibu Doyan Nulis Interaktif




#SelasaBlog #BlogChallenge #TantanganBlogging #IIDN







Komentar

  1. Saya suka semuanya. Suka kurma, suka madu, dan juga suka almond. Benar banget mba, makanan sehat sangat diperlukan untuk menjaga stamina, terlebih di saat sekarang ini. Btw, judulnya ada typo, "manjaga=menjaga"

    BalasHapus
  2. untuk saat ini yg mudah ditemukan madu dan kurma, dan memang di rumah selalu stock 2-2 nya ini mba. Kalo kacang almond, aku kok seringnya sekalian pas beli coklat yg ada kandungan kacang almond nya hihi

    BalasHapus
  3. kadang kalau belanja bulanan suka bimbang antara beli makanan sehat atau makanan favorit yang serba gurih dan pedas :D. Tapi suka inget ceramah ustad Zainul Akbar yang intinya makanlah makanan yang baik&sehat sebagai salah satu bentuk amal sholeh.

    BalasHapus
  4. Saya suka madu sebenarnya, tapi maunya yang asli.
    Dan itu jarang ditemukan, kalaupun ada mihil bingit hehehe.

    Kalau kurma akhir-akhir ini jadi parno juga konsumsinya, kacang almond juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak mbak madu. Harganya memang lumayan sih. Kebanyakan madu ternak.

      Hapus
  5. Saya juga jadinya stok kurma, madu sama rempah-rempah buat dijadikan minuman kesehatan. Moga virus Corona bisa segera berlalu.

    BalasHapus
  6. Aku lebih suka madu sih. Selain rasanya yang enak, madu juga mudah bgt didapat.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Penyuka manis. Samaan kita. Madu juga bisa diseduh teh dan jeruk nipis. Enak.

      Hapus
  7. Alhamdulillah stok madu masih ada. Bismillah semoga ikhtiar hidup sehat kita bisa menjaga kita dari wabah Corona. Semoga wabah cepat hilang dari dunia.

    BalasHapus
  8. Alnoond favoritku. Tapi emang pricey jadi jarang-jarang sekarang bisa ngemilin almond. Susu almond aku juga sukaa. Bisa buat minum anak bayi juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Temenku jual lho mbak. 120gr 35rb. Cek di postingan Abuya snack.

      Hapus
  9. Saya suka semuanya, makanan super. Tapi susah menemukan kacang Almond kecuali supermarket dan toko tertentu. Senang rasanya lihat resep masakan yang menggunakan makanan-makanan ini, selain sehat juga lezat

    BalasHapus
  10. Temanku jual lho mbak. Lumayan murah menurutku. 120gr 35rb. Bisa cek postingan "abuya snack".

    BalasHapus
  11. Mbak Deris, katanya kl kita #dirumahsaja lebih efektif cuci tangan langsung di bawah air kran yang mengalir. Hand sanitizer kl sdg otw atau terpaksa harus beraktivitas di luar rumah.

    BalasHapus
  12. Suka yang kacang almond... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngemal ngemil happy dengan kacang almond ya mbak Denik...

      Hapus
  13. Saya suka semuanya, madu, kurma juga almond.
    Kandungan nutrisi didalamnya memang punya khasiat masing-masing. Makanan yang enak memang tidak semuanya menyehatkan tubuh.

    BalasHapus
  14. Paling suka almond tapi paling jarang dimakan. Kalau madu sama kurma lumayan sering ada di rumah. kalau almond memang bujetnya harus khusus. Kecuali almond dalam coklat, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Almond dalam coklat tuh udah pasangan paling pas wkkk

      Hapus
  15. Semuanya aku suka, tapi kalau untuk almond aku batasi karena bisa bikin aku jerawatan hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya toh mbak? Kalau aku sih jerawatan karena tidur kemalan biasanya. Sama terlalu banyak makan coklat.

      Hapus
  16. Ini di rumah sudah langsung nyiapin madu, sari kurma dan vitamin. Biar lebih fit dan strong menghadapi semua ini.

    Ya Allah, semoga semua lekas berlalu ya..

    BalasHapus
  17. Madu kurma saya suka.. kalau kacang almond blm pernah nyoba... Makasih mbak share infonya bermanfaat banget!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba deh Mbak. Aku suka banget. Kadang ada di toping brownis atau cake.

      Hapus
  18. Suka ketiganya..dan nomor 1 dan 2 biasa sedia di rumah, yang almond aja jarang karena mahal kwkwkw, paling pas lebaran

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo di sini ada 120gr 35rb lho mbak. Gak terlalu mahal jadinya. Kemasannya cakep pula. Ada dipost abuya snack palembang.

      Hapus
  19. Aku suka ketiga makanan sehatnya 😁
    Terutama sih, kacang almond.

    Sekalian buat acara ngemil ngganjel perut biar maag ngga kambuh 🙂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Madu juga bagus banget buat lambung. Makasih ya sudah Mampir.

      Hapus
  20. Aku gak bisa pilih kak, karena semuanya bagus untuk menjaga imunitas tubuh, baik madu, kurma , almond aku konsumsi ketiganya itu setiap hari

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain itu, enak juga ya Kak. Jadi suka semua 😄

      Hapus
  21. Bener banget mbak, menjaga imun tubuh untuk kondisi saat sekarang benar2 sangat dibutuhkan. Semoga kita semua dijauhkan dari penyakit2 yg berbahaya.

    BalasHapus
  22. Kurma itu termasuk buah multifungsi banget ya kak. Manfaatnya segudang. Dari buat jaga kesehatan sampe buat ikhtiar kesembuhan. Dan kurma termasuk yang aman buat penderita alergi apapun ya. Aku suka banget sama kurma

    BalasHapus
  23. Wah aku suka banget minum madu dan makan Almon, sedap banget.. apalagi susu almond mantap

    BalasHapus
  24. Alhamdulillah kurma sama madu anak-anak suka sekali dan mudah dijangkau. Kalo kacang almond sebenarnya suka kak. Apalagi dibuat susu pake kurma
    Sayangnya harganya agak mihil hehehe

    BalasHapus
  25. Setuju banget, kita mesti menjaga imun tubuh supaya gak drop, krn kl udah drop tentunya akan merugikan diri sendiri

    BalasHapus
  26. Hallo Mbak Deris,

    aku paling suka buah jeruk, berries, dan apel karena selalu tersedia kapan saja dalam empat musim di supermarket. Selain itu kacang-kacangan juga suka, karena bikin kenyang juga. Cuman sayuran, aku tuh suka lupa huhu dan kadang emang malas.

    Oh iya, mencuci buah dan sayur bisa juga pakai direndam di cuka apel sebentar kemudian dibilas air keran - untuk menghilangkan pestisida.

    BalasHapus
  27. Betul sekali kak menjaga imujitas daya tahan tubuh itu penting sekali ya, apalagi dimasa pandemi seperti sekarang ini

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗