Membuat Yogurt Homemade Super Mudah

MNC Trijaya

Tahu yogurt? Itu lho minuman seger yang teksturnya agak kental, rasanya asam manis. Kalau di supermarket, biasa diletakkan di dalam mesin pendingin deketan sama susu dan yakult.

Saya suka minum yogurt. Selain rasanya yang unik, manfaat bagi kesehatan juga sangat baik. Tentu harus dikonsumsi dengan tepat, tidak boleh berlebihan.

1 botol yogurt siap minum isi 250ml berkisar 7 sampai 9 ribu per botol. Lumayan juga kalau satu hari satu, plus ditambah anak-anak. Berawal dari rasa suka, lalu dilanjut ke harus berhemat ala emak-emak, maka dengan modal niat yang ikhlas biar bisa menerapkan prinsip ekonomi "mendapatkan sebanyak-banyaknya dengan modal sekecil-kecilnya," maka saya belajar membuat yogurt sendiri.

Apakah berhasil? Yes! Alhamdulillah jadi pembaca sekalian. Saya sangat bangga dan bahagia. Mau ikutan bikin? Yuk ah, lanjut scrol 😁

Yogurt Homemade super mudah

Bahan:
Susu UHT Indomilk full cream 1000ml
Yogurt Biokul Plain 80ml




Katanya sih, bisa pakai susu dan yogurt yang lain, termasuk yogurt siap minum seperti Cimory. Bahkan ada yang coba bikin menggunakan yakult dan sukses juga. Tapi saya baru coba pake susu UHT Indomilk dan yogurt Biokul Plain ini. Menimbang susu ini yang lagi promo dan karena yogurt Biokul mengandung lebih lengkap bakteri baiknya; S. Themophilus, L. Bulgaricus, L. Acidhophilus, bifidobacterium.

Saatnya berakasi pembaca yang budiman. Mari kita ucapkan Bismillahirrohmanirrohim 😊

Cara membuat:
1. Masak air secukupnya untuk merendam peralatan yang akan digunakan untuk membuat yogurt, istilahnya mensterilkan. Masak sampai mendidih dan diamkan sejenak baru disiramkan, dikocokkan, direndamkan untuk perlatan yang akan dipakai.



2. Keringkan atau tiriskan perlatan yang sudah disteril atau direndam tadi secara alami. Diangin-anginkan, jangan di lap.

3. Siapkan panci, dan masak susu dengan api sedang cenderung kecil sambil diaduk. JANGAN SAMPAI MENDIDIH, cukup hingga pinggiran susu berbuih. Angkat dan dinginkan hingga susu bersuhu 50-40 derajat, caranya tes dengan jari. Kalau merasa tidak terlalu panas lagi, berarti sudah cukup. Hati-hati jarinya ya bu ibu 😁

4. Masukan Yogurt Biokul sebagai biang ke dalam susu hangat tadi, sambil diaduk hingga tercampur rata.

5. Tuang dalam wadah penyimpanan yang sudah disterilkan tadi. Tutup rapat, balut dengan handuk bersih, simpan di tempat yang kering dan bersuhu hangat. Saya simpan di rak piring yang bertutup kaca. Bisa juga di lemari pakaian.

Saya bikinnya jam 3 sore, saya buka jam 7 pagi, berarti 16 jam. Yogurt sudah jadi! Bangganya saya 😍 beneran bisa jadi banyak. Hemat, sehat, mudah!

Ini penampakan yogurt 16 jam saya. Tekstur sudah mengental, mirip yogurt Biokul lho, malah lebih kental. Rasanya belum terlalu asam, maka yang satu lagi masih saya lanjut penyimpanan hingga 24 jam. Mau membedakan hasilnya nanti.

Yang jelas, pagi ini, saya sudah menikmati yogurt buatan sendiri. Saya campur buah plum merah dan diberi larutan gula plus air agar teksturnya siap minum. Saya suka, saya suka 😙

Cobain juga yuk...
Kalau ada yang mau ditanyakan, silahkan di kolom komentar ya teman's.

Komentar

  1. ngomong2 yogurt.. jadi inget jaman kuliah dulu sempet jadi pelatih KIR di SMP.. dan beberapa kali percobaan bikin yogurt.. sambil disambung2in teorinya secara biologi.. wkwk

    BalasHapus
  2. Aku kira bikin yogurt from scratch. Tapi bukannya yogurt udah mengandung susu ya? Kalau dicampur susu lagi jadi lebih manis atau gimana, mbak?

    BalasHapus
  3. Wah daku blm pernah bikin yogurt, ternyata lumayan mudah Dan bahan2 lumayan mudah d dapat ya mba

    BalasHapus
  4. Jadi yoghurt ditambah susu lagi ya mom,seger banget kalo dicampur salad buah, bisa nih buat dessert di rumah

    BalasHapus
  5. Singkat dan kayaknya gampang di tiru ya mba... Set set jdi, lezat lagi tampak nya

    BalasHapus
  6. Tahu yogurt buatnya mudah juga ya. Aku kira susah. Bisalah ino buat bareng anak

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗