Resep Ampyang Kacang : Renyah dan Nyoklat

Foto pribadi
Sudah lama tidak posting resep masakan. Lihat-lihat koleksi foto, nemu si Ampyang Kacang. Saya suka sekali sama kue ini. Kue wajib ada di hari lebaran, selain nastar ya (wajib juga ini 😀).

Saya suka karena rasanya enak. Renyah, gurih, manis, nyoklat. Renyah dan gurih dari kacang tanahnya. Manis gula dan sensasi coklat menjadi paduan khas. Sebagai pengimbang rasa kue-kue lebaran manis lainnya. Tidak eneg, tidak membosankan. Mau lagi, mau lagi.

Selain itu, membuat kue ini simple. Gak perlu mixer atau blender. Manggangnya juga gak ribet dan gak pake lama. 

Saya pake resepnya Mb Rina. Karena menggunakan dark cocolate jadi hasilnya gelap. Gak hangus ya itu. Jangan sampe lebih gelap lagi, itu namanya kacang arang. Pahit! 😁 

Saya Copas resepnya dari Mb Rina Dapur manis.

Bahan :
500 gr kacang tanah berkulit ari
200 gr gula pasir (saya pake gula halus)
25 gr coklat bubuk kualitas baik (saya pake bensdrof)
1 butir telur utuh
1 sdt pasta coklat

Cara membuat :
1. Panaskan oven suhu 180 derajat C. Tuang kacang ke atas loyang lebar. Ratakan supaya kacang tidak bertumpuk-tumpuk. 

2. Panggang selama 20 menit. Keluarkan dari oven dan biarkan dingin di atas loyang. Setelah dingin kacang akan menjadi renyah.

3. Panaskan kembali oven dengan suhu 160 derajat C. Siapkan loyang kue kering, alasi kertas roti dan olesi margarin tipis-tipis.

4. Masukkan gula pasir dan coklat bubuk ke dalam dry mill (blender kecil untuk menghaluskan biji-bijian). Proses sampai halus.Tuang gula coklat ke dalam wadah besar. Masukkan telur dan pasta coklat, aduk rata. Menyusul kacang panggang, aduk sampai rata.

5. Sendokkan ke atas loyang menggunakan 2 bh sendok teh. Beri jarak di antaranya. Panggang selama 15 menit, keluarkan dari oven dan dinginkan.
---



  • Kalau loyangnya anti lengket gak usah dioles margarin lagi. Langsung sendok adonan ke loyang.
  • Menata adonan jangan sampai kacangnya terpisah ya, alias sedikit ditumpuk atau disatukan, biar menyatu saat sudah matang.
  • Gunakan gula halus. Biar gak berbutir-butir saat sudah matang.
  • Lama memanggang sesuai dengan oven masing-masing. Jadi kenali oven kita. Gak selalu waktu panggangnya 15 menit.
  • Memanggang dengan api kecil meskipun memakan waktu lebih lama, lebih baik untuk kue kering, karena membuat kue lebih renyah menyeluruh.
---

Ini resep dari saya. Saya biasa bikin contekan pas masak, jarang sekali menghafal resep. Ini contekan saya buat kue Ampyang Kacang. Semoga bermanfaat.

Bacground from : pixels.com

Selamat mencoba ^^

---

#satuharisatukaryaiidn



Komentar