GOA PUTRI, Bebatuan Elok Terpahat Menawan

Selfie sama batu cantik

Rumah orang tua saya terletak di desa Banjarsari, Kecamatan Semidang Aji. Kabupaten OKU (Ogan Komering Ulu), Provinsi Sumatera Selatan. Dekat dengan kota Baturaja, dilalui jalan Lintas Sumatera dan sungai Ogan yang bermuara ke sungai Musi.


Ada satu objek wisata terdekat, 15-20 menit perjalanan menggunakan mobil dari rumah. Dijamin bebas macet, kecuali kalau ada kecelakaan ya (jangan sampai deh). Objek wisata itu adalah GOA PUTRI. Terletak di desa Padang Bindu.

Dari atas jembatan

Batu Putri

Seberang batu putri
Mengunjungi Goa Putri terasa bersatu dengan alam. Ada perasaan sejuk hingga ke jiwa. Ketika mulai memasuki kawasan Goa Putri, kita akan disambut hamparan sungai Ogan dengan rerimbun hijau sepanjang sungai membentang. Gemericik air mengalir membentur bebatuan besar makin sempurna memberi kenyamanan.

Batu Putri
Dari jembatan, di atas sungai Ogan. Tampak disebelah kiri batu besar yang menjulang serupa pohon. Lengkap dengan rumput dan ilalang liar yang tumbuh diatasnya. Itulah BATU PUTRI. 

Menurut cerita turun temurun, batu tersebut adalah putri yang tengah menampi beras. Namun karena berulang kali Si Pahit Lidah memanggil dan tak didengarnya, maka Si Pahit Lidah mengutuknya menjadi batu. Bahkan Goa Putri sendiri adalah istana yang dikutuk Si Pahit Lidah.


Setelah melalui jembatan menyebrangi sungai Ogan, bebatuan dikiri kanan sungguh mengagumkan. Besar dan tinggi. Seperti dinding alami dengan pahatan mengagumkan, juga dihiasi tanaman liar menjuntai padanya. Udara terasa begitu sejuk. Benar-benar menenangkan.



Semakin masuk ke area Goa, semakin takjub dengan maha karya ciptaan Tuhan itu. Bebatuan dengan berbagai bentuk, seakan dipahat sempurna dengan tata letak yang mencengangkan.





Saat masuk ke dalam goa, mulai disambut remang dan lembab. Khas suasana goa. Kalau dulu masa saya kecil--20 tahun lalu kurang lebih--cahaya didapat dari lampu patromak yang dibawa sendiri. Jalan meraba-raba dan licin. Tapi sekarang sudah layak untuk dikunjungi. Sudah ada pagar pengaman, lampu listrik yang memadai bahkan jalan masuk dan keluar cukup nyaman.



So, yang mau tafakur alam, yang mau melihat keindahan ciptaan Tuhan nan mengagumkan, yang mau selfie cantik sama batu-batu bersejarah, jangan ragu mengunjungi GOA PUTRI ya 😊

---

#satuharisatukaryaiidn

Komentar

  1. Pernah ke goa putri, tapi sudah lama mungkin lbh dr 5thun yg lalu...
    Jadi kepengen lagi ke sana.😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Peh ke Goa Putri lagi. Khusus foto2 dengan batu. Keren ey...

      Hapus

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗