Resep Ayam Kecap

Hemmm, bingung mau masak apa. Dipikir-pikir malah jadi tambah bingung. Tengok isi kulkas, adanya daging ayam dan ikan patin aja. Dengan pertimbangan kemarin sudah masak ikan Nila bumbu kuning ala diriku (resepnya nyusul ya. hehehe), maka hari ini masak Ayam Kecap masih ala diriku :P

Mengenai rasa, jangan ditanya deh. Ayam Kecap ini sungguh lezat. Daging Ayam yang direbus dengan api kecil membuat teksturnya empuk banget. Gak pake nyangkut di sela gigi kok (hi hi hi *nyengir)

Well, inilah resepnya :
  1. Siapkan daging ayam yang sudah dipotong-potong kurang lebih 1/2kg. Cuci bersih, lumuri dengan garam dan asam jawa. Diamkan sejenak.
  2.  Didihkan air  ½ liter. Masukkan daging ayam, rebus sampai empuk. Sekitar setengah jam dengan api keciiil.
  3. Tambahkan irisan daun bawang  5 menit sebelum daging ayam diangkat. Ini biar ayamnya gak amis. Angkat dan tiriskan daging ayam rebus ini.
  4. Buat bumbu ayam kecapnya dulu ya : Sahang/merica  ½ Sdt, bawang merah 4 siung sedang, bawang putih 2 siung sedang, serai  5cm, lengkuas seibu jari dan jahe (asal ada saja ya). Semuanya di tumbuk halus, kecuali serai,  lengkuas dan jahe, bisa di geprek saja. (Kalau saya ditumbuk semua).
  5. Next, tumis bumbu  + air 2 cangkir + kecap manis  5 sdm + gula sedikit + kecap asin 1sdm (kalau saya tanpa penyedap, coz kaldu ayamnya kan sudah sedap). Setelah mendidih + daging ayam, masak hingga air menyusut biar bumbunya meresap.


Taraaaaaa, Ayam Kecap Ala Deris sudah jadi........

*Maklum yah, Foto amatiran ^_*





Komentar

  1. nice resep mbak,,
    bisa dicoba nati klo kita mau masak aayam kicap

    BalasHapus
  2. Iya. Salam kenal. trims ya sudah mampir...

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗