7 Desain Studio Podcast dan Perlengkapan untuk Merancangnya di Rumah

7 desain studio podcast - Pinjaman bunga rendah
Source: Pexels

Pinjaman bunga rendah dapat dengan mudah mewujudkan studio podcast impian Anda. Sehingga bisa lebih produktif dalam membuat konten berkualitas.Menurut hasil survey Global Web Index, penikmat podcast di Indonesia mencapai 35.6% dari total keseluruhan pengguna internet di rentang usia 16 – 64 tahun. 

Sementara tren podcast di Indonesia terus menanjak, Anda sebagai penggiat podcast tentu tak ingin ketinggalan membuat studio podcast di rumah. Tak hanya dapat dijadikan sebagai keperluan podcast Anda sendiri, passive income bisa didapatkan jika Anda menyewakan studio podcast pribadi Anda.

7 Inspirasi Desain Studio Podcast di Rumah

Untuk bisa membuat studio podcast yang nyaman di rumah, Anda hanya memerlukan satu ruang minimalis ukuran paling minimal 3x4. Sebab yang paling penting adalah melakukan investasi pada equipment lah yang utama. 

Namun, bukan berarti Anda harus mengabaikan desain interior studio podcast Anda. Apalagi jika Anda terbiasa untuk memproduksi konten podcast atau video podcast, menampilkan ruang studio Anda tentu keharusan. Anda dapat mendanai pembuatan studio podcast pribadi dengan pinjaman dana bank

  • Konsep Neon Lighting
Anda dapat membuat desain interior studio podcast Anda dipenuhi dengan lampu neon yang aneka warna. Hal ini akan cocok jika konsep podcast Anda adalah seputar seni, otomotif atau yang berkonsep nuansa keceriaan. Desain interior neon warna-warni akan dapat membangun mood Anda menjadi lebih bersemangat. 
  • Konsep Putih Minimalis
Apabila memilih warna putih, Anda dapat memberikan kesan yang luas, lega namun minimalis. Dengan banyak nuansa putih, konsep podcast yang cocok adalah obrolan yang hangat, intim namun mendalam. Tak mengherankan pasti banyak Anda temui konten video yang memakai konsep background putih dengan topik yang emosional. 
  • Konsep Living Room
Jika konsep podcast yang akan diusung adalah semacam talkshow dan mengundang beberapa speaker, membuat ruangan berkonsep ruang tamu keluarga menjadi pilihan tepat. 
Anda perlu menyediakan sofa dan meja serta properti lain yang biasa dijumpai di ruang tamu. Suasana seperti ini memberikan kesan ramah tamah yang nyaman.
  • Konsep Cafe Bar
Dengan nuansa merah dan bentuk tempat duduk yang melingkar dapat memberikan nuansa yang berbobot namun tetap mengasyikan seperti saat berada di bar. 
  • Konsep Industrial
Banyak yang menyukai konsep industrial atau disebut juga setengah jadi ini. Karena memberikan kesan yang lebih menarik. Namun Anda tetap harus menyiasati ruangan dengan peredam suara agar menghasilkan suara yang berkualitas.
  • Konsep Retro Klasik
Desain interior seperti ini tak akan lekang oleh waktu dan sangat menarik untuk dijadikan desain pada ruang studio podcast Anda. Gaya yang ngetren sejak tahun 60-an, memberikan kesan nostalgia namun tetap mewah. 
  • Konsep Standar Radio
Interior yang diterapkan ialah desain ala ruang siaran radio On Air. Standar saja namun dapat memberikan kesan klasik masa di mana radio menjadi salah satu acara yang diminati banyak orang. 

Persiapkan Equipment Wajib Ini untuk Studio Podcast Anda

Desain interior yang bagus dan mendukung akan jadi sia-sia jika tidak di support dengan equipment yang mumpuni serta lengkap. Berikut ini daftar perlengkapan yang mendukung studio Anda beserta kisaran harganya. 

Pinjaman bunga rendah 7 desain studio podcast
Source: Pexels

  • Busa Peredam Suara

Untuk dapat menghasilkan podcast yang suaranya berkualitas tinggi, maka pasanglah busa peredam suara di dinding studio Anda. Tujuannya adalah untuk menyerap suara sehingga tak menggema ke seisi ruangan dan masuk kembali ke mikrofon menciptakan noise tak penting. 

Bahkan langit-langit perlu diberi peredam suara tak hanya dinding saja. Biasanya dijual mulai dari Rp300 ribu per cm. Makin banyak barang yang ada di ruang studio juga dapat mengurangi efek gaung. 

  • Microphone Set

Microphone set, terdiri dari mic, pop filter, mic stand dan tripod. Untuk mic set dengan kualitas terbaik, per setnya Anda bisa mendapatkannya di kisaran harga Rp15–30 juta. Setidaknya sedikan 2 sampai 3 set microphone di studio Anda. 

  • Lighting

Sebagai jaga-jaga jika Anda ingin merekam konten podcast tentu anda memerlukan lighting yang mumpuni untuk mendukung hasil terbaik video Anda. Harga lighting di pasaran tergantung pada daya serta ukurannya, Lighting yang lengkap biasanya dijual dengan harga Rp15–50 juta.

  • Komputer

Tentu Anda akan membutuhkan satu komputer yang dapat digunakan sebagai audio interface dan juga untuk mengedit hasil podcast. Anda dapat membeli komputer masa kini milik Apple dengan kualitas terbaik, harga iMac 24 inch mulai Rp25 juta di pasaran. 

  • Headphones

Lengkapi juga dengan headphone agar podcaster dapat menyimak dan mengontrol suaranya sendiri. Headphone terbaik bisa dibeli dengan range harga beragam tergantung dari kualitas dan merk, Anda bisa merogoh kocek mulai dari Rp8 juta.

Ciptakan Studio Podcast Pribadi dengan Pinjaman Bunga Rendah 

Jangan khawatir terkendala dalam membuat konten podcast terbaik. DBS KTA dapat menjadi pilihan untuk mempermudah Anda dalam mewujudkan studio podcast impian. 

Pinjaman tanpa agunan ini memiliki plafon maksimal Rp300 juta dengan lama tenor hingga 36 bulan. Bunga yang diberikan flat mulai 0,88% per bulan. Persyaratan mudah dan anti ribet karena tidak memerlukan dokumen fisik dan approval hanya butuh 3-5 hari kerja.

Untuk syarat pengajuan, Anda hanya perlu berdomisili di Jabodetabek, memiliki NPWP & e-KTP, berpenghasilan minimal Rp5 juta per bulan, dan memiliki kartu kredit di bank lain minimal Rp10 juta.

Jadi, tunggu apa lagi? Anda dapat segera wujudkan studio podcast pribadi dengan pinjaman bunga rendah DBS KTA! Info lengkap mengenai produk satu ini dapat Anda dapatkan dengan klik https://www.dbs.id/id/treasures-id/kta/pinjaman-dbs-kta.page.


Komentar

  1. Bagus bagus banget utk konsep desain studio

    Klo kyk gini ntar makin semangat buat ngonten podcast kan ya

    BalasHapus
  2. Konsep desain studio podcast memang harus benar² dipikirkan matang² ni ya, Mbak. Ternyata oh ternyata peralatan yang digunakannya pun beragam agar mendapatkan hasil suara yang oke punya euy

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya. Kita yang denger adem ayem aja. Taunya perlengkapannya gak main-main.

      Hapus
  3. Kirain bikin podcast cuma modal headphone sama microphone doang, ternyata banyak juga ya perlengkapannya. Bagus nih konsep vidionya, jadi bisa fokus ke konten podcast apa yang mau dibuat, nggak perlu pusing mikirin di mana mau ngontennya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hi hi hi... Sama kaya kita ngeblog, kirain cuma perlu nulis aja. Taunya perlu hosting sama domain tld 🤭.

      Hapus
  4. Impian banget punya studio podcast yang ciamik begini..
    Dengan tim yang terbentuk dan solid, maka menjadi podcaster dengan peralatan dan ruangan memadai bisa terwujud. Belum punya modal?
    Solusi terbaik bersama DBS KTA.

    BalasHapus
  5. Desain interior studio penting juga ya, Kak, terutama memang kalau formatnya video podcast & ngundang bintang tamu.

    BalasHapus
  6. Sekarang mau bikin studio di rumah juga bisa, ya. Berbagai konsep juga bisa digunakan sesuai dengan keinginan. Dulu kukira bikin podcast cuma butuh ponsel buat ngerekam suara dan aplikasi podcast nya aja. Tapi sekarang podcast sudah berkembang termasuk video podcast, dengan berbagai peralatan canggih lainnya.

    BalasHapus
  7. Podcast ngga sekadar siapin ruangan kosong sama mic ternyata hahahaha ampunnn, harus dipersiapkan biar hasilnya maksimal jugaaa

    BalasHapus
  8. Konsep Kafe Bar sangat menarik nih menurut saya. Malah saya kepikiran kalau dapur pun memiliki konsepnya seperti itu. Jadi bisa rekaman di dapur dong? Hehehe

    BalasHapus
  9. Iya sekarang banyak yang suka dg podcast ya. Modalnya lumayan gede juga ya.

    BalasHapus
  10. Aku salah satu orang yang sangat menikmati mendengar podcast via youtube jd visual juga sangat berpengaruh.

    BalasHapus
  11. kak... beberapa bulan lalu saya ikutan workshop podcast dan ya ampuun jadi mupeng banget punya studionya dong apalagi setelah membaca artikel dari kakak

    BalasHapus
  12. Pingin banget punya Podcast tapi kalau buat hutang nggak dulu deh.. nabung dulu aja kali ya.. tapi podcastnya menginpirasi banget

    BalasHapus
  13. Podcast sekarang memang sedang diminati ya sebagai konten. Saya juga nih pengen bikin 1 ruangan khusus di rumah buat konten video dan kerja gitu

    BalasHapus
  14. Seru pasti ya Mbak bisa mendesain studio podcast pribadi. Walaupun mungkin saya bukan seorang podcaster, tapi punya studio sendiri itu akan buat kita semakin semangat berkarya. Paling tertarik dengan desain industrial atau sebaliknya gaya yang lebih homie, ala living room.

    BalasHapus
  15. Belum merambah ke dunia podcast nih saya, belum pede. Hehe ... Memang kalau mau bikin podscat dan pengen punya studio sendiri pastinya butuh modal buat membeli alat2 yang dibutuhkan. Untung ada DBS ya bisa memfasilitasi pinjaman lewat KTA DBS

    BalasHapus
  16. Sekarang ini podcast lagi naik daun ya mba. Dan rekamannya pun nggak bisa disembarang tempat, harus di ruangan yang kedap biar rekaman jernih.

    BalasHapus
  17. Lumayan banyak ya kebutuhan untuk melengkapi studio podcast. Sementara ini baru bisa pake smartphone aja dan duduk sambil kerukupan selimut agar suaranya bisa 'bulat' hehehee...

    BalasHapus
  18. suka dengan konsep studionya, ternyata printilan yang perlu disiapkan banyak juga ya, mikrophone aja sampai 3
    busa peredam suara juga penting ya agar ga ada suara luar yang masuk

    BalasHapus
  19. Sekarang ini podcast lagi naik daun ya mbak
    Banyak konten kreator membuat podcast
    Aku baru nyoba juga sih, tapi baru bareng teman saja
    Belum punya Chanel podcast sendiri

    BalasHapus
  20. Wah banyak ya syaratnya hehe, kalau saya sendiri kayaknya masih belum mengarah kesana
    Hmm btw kalau mau ugrade podcast ya semua perlu kerja keras ya hehe

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗