Bermain Game Online di HP

bermain game online di hp
Bermain game online di HP, sudah menjadi hal yang lumrah. Baik bagi pengguna Android maupun perangkat Apple. Banyak game yang bisa di download gratis via App Store dan Google Play Store. Tentu sangat memudahkan para penikmat game. Akan tetapi, ada kekurangan yang dialami user, saat bermain game hasil download. Misalnya saja banyaknya iklan, harus berbayar ketika naik level, dan keterbatasan memori perangkat. Namun jangan khawatir, ada situs game terbaru yang bisa menjadi solusi untuk dapat bermain gratis dan tanpa iklan! Tidak perlu download, bisa diakses dengan mudah melalui browser bawaan handphone maupun laptop. Ringan dan lancar tanpa jeda. Yaitu: www.plays.org


Kenangan Bersama Game Jadul

game online gratis

Kenangan masa kecil, akan jadi cerita sepanjang masa. Permainan tradisional semacam engrang, main yeye (melompati karet gelang yang dijalin hingga panjang), cak ingkling (menggunakan ‘oncak’ kemudian melompati garis kotak-kotak), dan semacamnya, adalah kisah yang kebahagiaan dan keseruannya terus memenuhi hati, kala diingat lagi.

Demikian juga dengan permainan game lama yang sempat hits. Pada tahun 90 an dulu, saat saya masih kecil, saya ingat, pernah bermain game Tetris dan Pic Man di DVD. Menggunakan remot DVD itu sendiri. Betapa serunya buat saya kedua permainan tersebut waktu itu. Meski remot yang digunakan kadang susah dipencet, bahkan acap kali mengalami error, tetap saja dimainkan lagi dan lagi. Ya, namanya perangkat jaman dulu, DVD pula. Bukan khusus untuk main game 🤭

Permainan ini, belum termasuk game online gratis, meskipun dapat diakses tanpa bayar. Karena memang belum menggunakan internet untuk mengaksesnya.

Namun sekarang, kemajuan teknologi sudah sedemikian pesat. Pengguna smartphone hampir dari semua kalangan dan usia. Seiring dengan hal tersebut, perkembangan game, sebagai salah satu ‘kebutuhan’ kekinian, menawarkan jenis yang bervariasi.

Sebagai orang lama yang kadang terbuai kenangan, saya sesekali kembali ingin memainkan games jadul tersebut. Merasakan lagi keseruan masa lalu. Tentu dipadukan dengan pembaharuan menyesuaikan masa sekarang, dengan tidak mengubah segala esensinya. Lalu di mana saya bisa mendapatkan permainan ini lagi?


Game jadul dan Game Baru di plays.org

game online gratis

Seperti yang sudah saya tulis di atas, game jadul—Tetris dan Pic Man—bisa di-download di play store atau app store. Sayangnya, smartphone saya memorinya tidak memadai lagi untuk menyimpan file download-an tersebut. Mungkin begitu juga yang banyak dialami oleh penyuka game lainnya.

Suatu hari saya menemukan sebuah website game online yang begitu menarik perhatian. Saat melihat tampilan awalnya, saya merasa kembali ke masa lalu. Web yang sederhana, namun tetap up to date dengan menyediakan pula berbagai game online gratis terbaru.

Plays.org, meski tergolong baru, dengan nama domain pertama kali dibuat pada 15 Januari 2021 lalu, website ini menyajikan banyak kelebihan. Berikut saya tuliskan keunggulan-keunggulannya.


10 Keunggulan plays.org

bermain game online di hp

1. Gratis! Benar-benar gratis tanpa harus membayar terlebih dahulu sebelum memainkan semua gamenya.

2. Tidak ada upgrade berbayar ketika naik level permainan, sebagaimana aplikasi game lain yang ada biaya untuk lanjut ke level selanjutnya.

3. Game yang tersedia merupakan game yang sederhana dan mudah dimainkan. Bertujuan untuk menghibur pemain. Bukan untuk menciptakan ketergantungan.

4. Terdapat banyak game kasual yang bisa dimainkan dan dikalahkan dengan cepat. Karena memiliki tingkat kesulitan yang sederhana.

5. Tidak perlu mengunduh aplikasi untuk bermain. Karena semua game di website ini berbasis browser. Bisa diakses di PC maupun browser bawaan HP.

6. Tidak perlu mendaftar atau mengatur akun pengguna. Bagian ini yang benar-benar plus bagi saya. Pada umumnya, hampir semua website, memerlukan pendaftaran untuk mengaksesnya, dan ini cukup repot. Namun tidak demikian di plays.org.

7. Terdapat penambahan game baru setiap hari. Bisa diakses pada menu ‘New Game’. Sebagian besar game dibuat sebagai aplikasi web JavaScript ringan. Dengan menggunakan perangkat lunak blogging WordPress yang fantastis dan beberapa plug-in untuk membantu mengatur struktur situs dan menambahkan fitur seperti peringkat game.

8. Tidak ada persaingan dengan orang lain. Sehingga tidak menimbulkan rasa kesal ketika kalah, atau mengejek saat menang. Dalam artian, kompetisi yang ada hanya sebatas bersenang-senang. Bukan memicu konflik. Karena demikian tujuan utama website ini.

9. Mudah diakses, karena tampilan sederhana dengan menu navigasi yang jelas. Terdapat menu New Games (tempat menemukan game-game baru setiap harinya), My Faves (game yang paling disenangi oleh pengunjung), Random Plays (pilihan permainan acak), About (tentang plays.org).

10. Terdapat berbagai jenis game, yang bisa dipilih sesuai dengan kategori atau kesukaan masing-masing.


Review setelah bermain game di plays.org

bermain game gratis di hp
Website game online ini benar-benar menghibur buat saya. Beberapa permainan yang saya coba, sangat mengasyikan. Seperti game Pac Rat Game Inspired by Pac Man, yang mirip sekali dengan game Pic Man. Aksesnya mudah dan tanpa error. Bisa sampai lupa waktu kalau tidak diganggu anak, minta main juga 😅 

Terdapat petunjuk cara bermain yang jelas. Ada keterangan pula tentang game tersebut. Termasuk keterangan mobile friendly cross browser support. Di bagian bawah, ada review user yang bisa jadi pertimbangan buat saya, untuk memutuskan memainkannya atau tidak.

Untuk game Tetris terdapat beberapa jenis. Saya memilih Tetra Blocks: Neon Tetris-Inspired Line Making Game. Karena Tetris yang ini yang mirip sekali dengan permainan masa kecil saya.

game online gratis

Awalnya saat mengakses game, saya agak deg-deg an juga. Takut macet, alias hank. Biasanyakan sering error loading. Tapi selama beberapa kali main game di web ini, tidak sekalipun saya mengalami masalah ini. Aman dan lancar jaya.

Sound-nya juga jelas dan mengasyikkan. Untuk menu pause, play, layar maksimal dan pilihan lain dalam permainan juga jelas dan mudah di-klik. Game juga bisa dimainkan dalam mode landscape atau horizontal. Sesuai dengan bentuk permainannya.

Kita bisa langsung memilih permainan sesuai kategori di menu homepage. Terdapat game Arcade classic, game menembak, permainan kartun, game komik, game edukation, soltaire, game olahraga, pin bola dan perang.

Oh iya, meskipun tidak ada persaingan dengan orang lain, bukan berarti permainan di website ini tidak bisa dimainkan oleh dua orang ya. Karena pada menu kategori game bagian bawah homepage, terdapat pilihan ‘2 player’. Bisa dimainkan oleh dua orang, baik secara online atau langsung dalam satu perangkat (2 orang bermain dengan 1 hp atau pc dan bergantian sesuai urutan main). Seperti game ular tangga ini (Dice Boardgame).
game online gratis
Menurut saya plays.org tepat menjadi pilihan bermain game online gratis. Baik di hp maupun pc. Tidak menggunakan kuota data yang besar, karena akses loading cepat dan penggunaan javaScrip ringan. Akses aman tanpa ribet login dan bebas iklan! Penasaran? Coba aja.

Komentar