Tags

Random Posts

randomposts

Recent Posts

recentposts

Maraton Coaching Blogger oleh Growthing id dan BRTNetwork

12 komentar

Selamat hari blogger Nasional!


Blog


Salah satu kegiatan yang saya lakukan dalam memperingati Hari Blogger adalah dengan mengikuti Maraton Coaching yang diadakan oleh Growthing id bersama BRTNetwork.


Acara ini dilaksanakan tiga kali selama tiga hari berturut-turut, via zoom. Mulai dari 25 sampai dengan 27 Oktober 2020 lalu. Mulai pukul 19.00 WIB hingga selesai. Sangat bersyukur saya dapat mengikuti semua kelasnya.


Maraton coaching 1

Materi yang diberikan pada hari pertama adalah mengenai PAGE VIEW BLOG, oleh Mbak Rini novitasari dan NGULIK TRAFFIC DARI GOOGLE ANALYTYCS, dibawakan oleh sang Mister Guest Star: Mas Bahrul Ilmi.


Selama ini saya masih fokus bagaimana cara menaikkan Domain Authority blog. Sampai pusing sendiri ketika dari DA 8 bisa anjlog ke 3 gara-gara ganti domain. Tapi setelah mendengarkan pemaparan dua materi kelas Maraton Coaching ini, pemahaman saya berubah.


Bukan DA yang harus dinaikkan, tapi Page View! Yaitu pengunjung blog kita.


Why? Karena dengan bertambahnya traffic blog, menandakan blog kita berkualitas, bermanfaat dan dibutuhkan oleh banyak orang. Secara otomatis, performa lain seperti Domain Authority, akan ikut naik.


Berikut cara-cara menaikan Page View Blog menurut Mbak Rini:


Riset keyword dan menulis artikel SEO & human friendly. Saya pernah membahas mengenai ini dalam postingan 5 Tips Blogger Pemula yang Pemula Banget. Secara garis besar, tetap saja content is the king.


Link building. Salah satu cara agar website lain memberikan link ke website kita. Saya juga pernah menerapkan ini. Contoh artikel yang ada link building-nya ada di postingan 10 Sajian Dingin Berbuka Puasa. Ada link artikel teman blogger lain yang saya sematkan di sini. Begitu juga sebaliknya. Bisa juga dengan menulis artikel di website BRTNetwork. Saya baru semalam membuat akun di sana. Rencananya pengen posting juga. Info lebih lanjut bisa langsung ke BRTNetwork ya.


Membuat artikel trending, blogwalking, optimasi pagespeed, desain blog yang menarik dan navigasi yang jelas, juga dapat menjadi sumber page view blog. Dua hal lagi yang wajib dipelajari seorang blogger adalah search console dan google analytics.


Selanjutnya materi kedua dari Mas Bahrul Ilmi. Google Analytics. Wajib sekali blog terhubung dengan google analytics. Tujuannya untuk mengetahui traffic blog, mengetahui sumber traffic tersebut, sebagai landasan evaluasi konten serta sarana memahami audiens blog. Kesemuanya dapat ditelaah dari google analytics demi kemajuan blog.


Oke. Hari pertama sudah banyak PR yang saya dapatkan. Ternyata, saya belum apa-apa banget. Blogger yang baru ngerti satu dua tentang per-blog-an. Nyatanya, google analytics dan search console yang sebegitu pentingnya, saya abaikan begitu saja. Apa blog kamu sudah terhubung dengan keduanya? Kalau belum, ini nih PR pertama kamu 🤭


Maraton coaching 2


Hari kedua kembali mengunyah materi baru, yakni BRANDING DI SOCIAL MEDIA & MEMANCING INTERAKSI dari Mas Ilham Sadli dan materi TIPS MENGABADIKAN OBJEK DENGAN KAMERA SMARTPHONE, oleh Mbak Gilang Maulani.


Sebagai blogger, media sosial bisa menjadi salah satu sarana yang sangat mendukung promosi blog. Menanamkan branding diri sebagai blogger, dan mendapatkan traffic juga pada akhirnya.


Pada materi ini, Mas Ilham lebih membahas optimasi di Twitter. Kalau kalian punya twitter, jangan didiamkan saja. Katanya, enam bulan tidak ada interaksi di twitter kita, maka akun kita bisa dihapus! Wah, sayang banget kan.


Sementara Mbak Gilang mengutarakan tips dan trik foto menggunakan smartphone. Nah, beliau memaparkan beberapa alasan mengapa foto hasil jepretan sendiri, akan lebih baik dibanding foto milik orang lain di dalam postingan blog kita.


Pertama, dengan hasil foto sendiri tidak perlu khawatir dengan copy right. Kedua, orang akan lebih percaya dan yakin dengan apa yang kita tulis, jika fotonya jelas hasil sendiri. Misalnya dalam mengulas benda atau tempat. Ketiga, bisa menjadi branding diri dengan kekhasan gaya potret sendiri. Tidak pasaran dan jika foto menarik, orang kadang mau mencantumkan link kita di blognya karena menggunakan foto kita.


Maraton coaching 3


Di hari terakhir tak ada materi khusus. Tajuknya DISKUSI SANTAI TENTANG BLOG & SEO, bersama Mas Irwin Andriyanto dan Punto Wicaksono.


Santai ya. Iya, judulnya. Bahasannya? Berat! Lebih berat dari rindu 😆 Saya sampai sakit kepala memahami istilah-istilah baru yang disampaikan. Sedikit membahas MOZ dan cara ngecek 'kesehatan' blog. Asli deh, PR makin numpuk.


Oh iya, ada banyak doorprize yang dibagikan setiap akhir sesi kelas:


- 9 Slot kursi KGB2

- 9 Domain gratis (.my.id)

- 9 Moz pro

- 9 Canva

- 3 jurnal

- 3 Gopay (masing-masing 50K)

- 3 Ovo (masing-masing 50K)


Saya sendiri, ingin dan berharap sekali mendapatkan slot kursi KGB 2 (Kelas growth blogger). Sayangnya, dari sekian banyak hadiah tersebut, tak satu pun saya dapatkan. Akan tetapi, semoga tetap rejeki ikut belajar di KGB 2 nantinya. Tak boleh putus harapan kan ya 😁


Sekali lagi, selamat hari blogger nasional!


Satu ucapan sebagai penyemangat pada diri sendiri. Saya blogger lho, harus update postingan di blog. Contohnya postingan ini. Kira-kira demikian pesan yang tersemat.


Semangat belajar ngeblog 😁

Related Posts

12 komentar

  1. Keren banget acara KGB 1 ini ya, bikin para blogger meningkatkan skill di dunia perbloggeran. Salam hormatku untuk orang2 baik yang nggak sungkan berbagi ilmunya. Btw, selamat hari blogger juga ya mbak Deris :)

    BalasHapus
  2. Tulisan ini benar2 membuat saya sadar n makin semangatt karena masih buanyak ilmu yang belum sy tau sama sekali. Mksh ya mb Deris...jd BW ke tulisan mb Deris yang lain nii

    BalasHapus
  3. Wah, saya selama ini hanya mengejar DA kalo ngeliat blog

    Ternyata, setelah baca tulisan mbak ini saya baru sadar bahwa itu keliru

    Semoga saya juga bisa lebih memahami lagi tentang dunia para blogger ini

    BalasHapus
  4. keren banget materi-materinya, alhamdulillah baca tulisan ini jadi kecipratan ilmunya. terima kasih mbak deris. sangat membantu sekali untuk blogger pemula seperti aku.

    BalasHapus
  5. Page view ini masih PR banget buat aku. Ikut kelas growthing membuat aku ga bisa tidur nyenyak lagi, he, he. Harus optimalin blog terus tiap hari dan banyak yang harus diperbaiki di sana-sini.

    BalasHapus
  6. Dengan ikut belajar soal blog tersebut, jadi berasa banget ternyata masih banyak nih perintilan blog yang harus diperbaiki

    BalasHapus
  7. Selamat hari Blogger Mb Deris ^^ dan terima kasih untuk berbagi kebaikan lewat tulisan.

    BalasHapus
  8. mantap semua materinya ini. Menjadi blogger harus selalu update ilmu terus

    BalasHapus
  9. Terus belajar supaya blog makin keren ya Mbak. Salut deh. Ternyata punya blog nggak sekadar isi konten aja ya, banyak printilannya.

    Selamat hari blogger untuk semuanya.

    BalasHapus
  10. Dari tulisan ini, semakin sadar bahwa cara menulisku masih sangat butuh belajar yg banyak. Terimakasih banyak mbak

    BalasHapus
  11. Merasa beruntung juga bisa ikut marathon coaching selama 3 malam berturut2 ini. Materinya daging banget soalnya. Saya juga incar 1 kursi buat bisa masuk KGB sayangnya belum rejeki. Nama saya muncul di undian eh sayanya malah off

    BalasHapus
  12. Acara yang bagus dan penuh manfaat pastinya. Blogger Indonesia semoga semakin maju dan terus memberikan manfaat bagi literasi bangsa

    BalasHapus

Posting Komentar


Forum Lingkar Pena Palembang

Kumpulan Emak-emak Blogger

Blogger Palembang Kumpul

Follow by Email