5 Tips Blogger Pemula yang Pemula Banget

Tips blogger pemula

16 April 2020 lalu, saya berkesempatan ikut #belajardirumah bareng BPN (Blogger Perempuan Network): Zoom Class - SEO on Page. Dari hasil kelas tersebut, saya menuliskan tentang 5 tips blogger pemula yang pemula banget ini.

Blogger pemula biasanya sebutan untuk orang yang baru terjun ke dunia per-blog-an. Ada berbagai tujuan seseorang, hingga memutuskan menjadi seorang blogger. Ada yang karena suka menulis, ada yang ingin berbagi info dan opini melalui tulisannya, ada juga yang ingin ngeblog dapat duit. Kamu yang mana? 😁

Apa pun alasannya, ngeblog tetap perlu ilmu. Bersyukur sekali, saya dapat bergabung di kelas SEO FOR BLOGGER BPN ini. Senangnya lagi, saya (kami) mendapatkan materi langsung dari Mbak Roragusdo, CO-Founder BPN & Blogger at FfMoma.com. Sangking asyiknya, zoom meeting kami berjalan hampir tiga jam!

5 tips blogger pemula yang pemula banget

Materinya berat. Dalam artian butuh konsentrasi penuh untuk memahami penjelasannya. Tidak hanya itu, pengembangan penjabaran ulasan materi, karena pertanyaan dari peserta, makin menambah seru! Saya sampai online sembari di motor, karena kebetulan sedang di tempat mertua, dan harus segera pulang.

Ada banyak hal yang dibahas mengenai optimasi blog. Terutama SEO on Page. Namun untuk kali ini, saya akan memberikan 5 tips blogger pemula yang pemula banget ini.

Pemula artinya baru memulai dari awal. Start from zero! Sebagai tips dasar, untuk mulai ngeblog tak mesti punya laptop, komputer, atau notebook khusus. Kamu bisa mulai ngeblog lewat hp android. Yang simple-simple saja.

Saya punya laptop, tapi emak-emak rempong ini, makin rempong kalau setiap update blog mesti menghidupkan laptop dulu. Baru loading, si kecil nangis. Alamat gak selesai-selesai. So, lebih ringkas ngeblog lewat hp android.

Kita masuk ke pembahasan inti ya.
5 tips blogger pemula yang pemula banget:
1. Buat blog
Ini bukan hal sepele. Membuat blog tidak semudah bikin email. Memang awalnya hanya memasukan email saat mendaftar di platform pembuatan blog. Tapi setelahnya, Masih banyak yang harus dilakukan. Apa langkah utamanya? Pilih platform terbaik. Dari hasil Zoom meeting SEO Class BPN, platform terbaik adalah wordpress.org.

5 tips blogger pemula yang pemula banget

Alasannya karena, akses lebih mudah dan lancar, banyak plugin pendukung untuk pemaksimalan rating blog nantinya, dan memiliki themes yang SEO friendly.

Plugin itu apa sih? Bahasa sederhananya untuk menambah fitur dalam blog. Misalnya fitur back-up data, fitur hapus komentar spam otomatis, meningkatkan kecepatan blog, dan masih banyak lagi. Memang lengkap sekali platform wordpress ini.


Sayangnya saya sudah terlanjur pakai blogspot.com. Tak mungkin pindah ke wordpress, kecuali jika saya membuat blog baru. Jadi, saya memutuskan untuk tetap konsisten di sini. Tapi, buat kamu yang pemula banget. Yang blognya baru isi satu dua postingan, atau yang belum punya blog, saran saya pindah atau buat di wordpres saja.

2. Tentukan Domain Blog yang Paling Sesuai dan Menarik
Domain adalah nama atau alamat dari blog kamu. Seperti blog saya: derisafriani.com ➡ derisafriani adalah nama domain. COM ➡ ekstensi domain.

Sebelum upgrade jadi com, domain blog saya adalah derisafriani.blogspot.com. Blogspot.com ini disebut second level domain. Nah, sangat saya sarankan untuk merubah ekstensi domain menjadi TLD (Top Level Domain). Misalnya: com, xyz, net, id, dll.

Selain domain, perlu juga hosting. Yakni tempat menyimpan data tulisan, gambar atau video blog kita. Tapi untuk pemula banget, hosting bisa diabaikan dulu. Karena sama seperti ekstensi domain TLD, hosting harus dibeli. Lebih baik membangun konsistensi dan belajar teknik menulis yang baik, benar dan menarik dulu. Tapi, kalau kamu punya cukup uang untuk membelinya, sangat dianjurkan ya. Apa lagi kalau kamu yakin akan benar-benar menghidupkan blog.

3. Buat postingan
Ini butuh konsistensi. Kalau tidak menulis, tidak posting tulisan di blog, bagaimana pengunjung akan datang?
Semakin rutin, semakin banyak postingan, akan semakin menghidupkan blog. Apa lagi jika postingannya menarik dan bermanfaat. Membuat postingan tidak boleh asal ya. Banyak hal yang harus diperhatikan, agar tulisan di blog kita bisa bersaing dengan tulisan blog orang lain.


Yang pasti tulisan harus memikat pembaca. Berikut cara membuat tulisan yang bagus:
📌 Membuat judul yang menarik. Yang membuat orang ingin mengklik, ketika membacanya.
📌 Panjang tulisan minimal 500 kata. Supaya pengunjung stay at blog minimal dua menit. Kalau di bawah itu, bisa meningkatkan bounce rate (kunjungan yang langsung meninggalkan blog), dan ini tidak baik untuk performa blog.
📌 Tambahkan gambar sebagai pemanis sekaligus penunjang isi postingan. Usahakan yang menarik dan mewakili isi tulisan.

4. Belajar SEO (Search Engine Optimization)
Tujuan SEO adalah menaikkan peringkat blog di halaman pencarian google, dan meningkatkan trafik pengunjung ke blog.

Kalau blog sudah tinggi trafik dan peringkatnya, untuk apa? Nah, ini berkaitan dengan tujuan awal ngeblog. Semakin baik SEO akan mengantarkan kita pada tujuan. Yang pasti, kita menulis di blog untuk dibaca kan? Maka SEO yang baik, membuat pembaca menemukan tulisan kita.

Untuk yang ingin ngeblog dapat duit, semakin bagus trafik dan peringkat, akan mendatangkan banyak penawaran kerja sama lho. Satu artikel bisa bernilai ratusan ribu sampai jutaan rupiah. Mau apa mau? 🤭


5. Fokus pada SEO on Page

5 tips blogger pemula yang pemula banget

Maksudnya, perbaiki dulu optimasi di halaman atau di postingan, sebelum memikirkan SEO off Page (di luar halaman/postingan blog). Karena SEO on Page lebih mudah, murah, sangat menentukan saat bersaing, dan hebatnya lagi, kalau SEO on Page sudah baik, tanpa SEO off Page pun rating akan naik.

Apa saja sih yang harus dilakukan dalam SEO on Page ini?
📌 Keyword
Keyword adalah kata kunci utama yang banyak dicari orang. Misal saya membahas tentang blog, maka kata apa yang paling sering muncul di kolom pencarian google, saat kita mengetikkan kata blog, itu lah yang disebut kata kunci.

Harapannya, dengan banyak mengandung kata kunci pencarian, artikel atau tulisan di blog kita dapat menempati halaman awal google dan akan mendatangkan klik lebih banyak.

Cara mencarinya adalah dengan mengetik kata utama di kolom search google. Misalnya kata blog. Maka yang muncul di bawahnya itu adalah kata kunci yang paling sering digunakan orang. Pakai kata tersebut di postingan blog kamu.

Keyword blog

📌 Perhatikan domain dan hosting
Seperti yang sudah saya ulas pada poin domain di atas. Bahwa domain dan hosting sangat berpengaruh pada optimasi blog. Terutama pada optimasi SEO on page.

📌 Konten atau tulisan
Tulisan yang menarik pasti akan membuat pembaca mau membaca hingga akhir. Buatlah tulisan yang up to date dan informatif. Kalau bisa, angkat topik 'sepanjang masa', yakni sesuatu yang tak basi dan selalu dibutuhkan.

Masih banyak lagi pembahasan pada zoom clash SEO for Blogger ini. Saya sangat bersyukur bisa termasuk yang beruntung dapat mengikutinya. Pasalnya, hanya dibatasi 80 peserta saja. Sementara member Blogger Perempuan Network, ribuan orang. Ditambah lagi, ikut kelas SEO seperti ini, biasanya perlu biaya yang besar. Dan kali ini, saya dapat mengikutinya dengan gratis. Terima kasih BPN. Semoga terus menjadi komunitas blogger yang mumpuni.

Kepada pembaca, semoga tulisan ini bermanfaat. Jangan lupa IKUTI blog saya ini. Kalau mau di-follback, komentar di bawah. Ups, komennya jangan pendek-pendek. Kalau bisa sebutkan judul postingan saya. Ini untuk menghindari komentar kamu dianggap spam 😁

Komentar

  1. berguna banget nih infonya buat aku yang kemarin gak sempet ikutan zoom meeting. terima kasih sudah berbagi.

    BalasHapus
  2. huwahhh beruntung banget bisa ikutan kelas SEO gratis bareng pakarnya langsung. aku juga pengen banget belajar SEO.. penting banget paham SEO kalau kita terjun di dunia digital, baik blog ataupun sosmed soalnya ya, kakk

    BalasHapus
  3. Jadi ingat jaman aku masih pemula banget dahulu kala. Anyway tapi menurut aku, blogspot lebih mudah dari wordpress 🤣 entah mengapa wp agak ribet 😉

    BalasHapus
  4. Aku kelewatan ketika mau daftar kelas ini kemarin. Terimakasih ya mba, infonya menarik nih. Saat ini aku juga tengah belajar SEO agar selain tulisanku menarik juga trafiknya naik

    BalasHapus
  5. Ini bermanfaat banget untuk para pemula nih. Awal awal aku mulai nulis blog juga minim banget cari referensi untuk blogger pemula.

    BalasHapus
  6. untuk yang baru bergabung ke blogger seperti saya, untuk menambah pengetahuan tentang blogger, ada baiknya untuk mendengarkan "Podcast Blogger" di Spotify. Di situ banyak serba-serbi yang dibahas tentang dunia blogging.

    Terima kasih atas informasinya, kak. Sangat bermanfaat untuk saya yang masih pemula

    BalasHapus
  7. Terima kasih kak tipsnya, jadi semangat lagi buat nge blog yg lama ga fokus

    BalasHapus
  8. Wah tips buat aku banget ini. Pemula yang pemula banget hihi keren. Thanks for sharing kak

    BalasHapus
  9. Ini bermanfaat sekali untuk para blogger yang memang baru memasuki dunia per-blogkan. Aku pun sama dulu buat blog isi curhatan saja. kesini-sininya dengan nawaitu bangun blog lagi berdasarkan memberikan informasi sangat berharga untuk orang-orang mencari solusi dari permasalahan mereka. Alhamdulillah saat ini bisa konsisten untuk bisa update min. 2hari sekali jika kerjaan wajib telah usai dijalankan. Terima kasih mom

    BalasHapus
  10. Terimakasih infonya kak. Aku masih PR banget nih soal SEO on page. Harus sering praktek ya untuk memasukan kata kunci dalam setiap tulisan. Agar trafik pengujung juga naik

    BalasHapus
  11. Saya dapat banyak ilmu dari tulisan ini
    Mksh mbk

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗