Belajar Blog Pemula: Cara Merubah Tema (Themes) dengan Menggunakan Tema Bawaan Blogspot

Pada dua postingan sebelumnya saya menuliskan tutorial cara membuat blog di blogger dan cara membuat postingan pertama di blog. Kali ini saya akan menjelaskan bagaimana cara merubah tema (themes) dengan tema bawaan Blogspot. 

Apa itu tema (themes) blog? Blog adalah tempat kita menuangkan ide, isi hati, kritik atau saran melalui tulisan. Malah bisa menjadi sumber penghasilan, dengan Google adsanse misalnya. Ibaratnya blog sebuah rumah. Nah, tema blog itu sama dengan tampilan rumah kita. Mau kan rumah terlihat bagus? Begitu juga dengan blog.

Ada beberapa alasan mengapa kita perlu mengganti tema blog:

Memperindah tampilan blog
Cantik itu luka! Aish... gak berlaku kalimat ini di dalam tampilan blog. Yang benar: Cantik itu menarik. Iya kan 😁 

Sebuah blog dengan tampilan yang sedap dipandang, sudah pasti akan menarik perhatian. Begitu juga sebaliknya. Blog yang warnanya menyilaukan mata atau tatanan (posisi) widget yang berantakkan, bukannya menarik pengunjung, bisa-bisa mengusir. Meski pun isi tulisan kamu bagus dan berbobot. Tampilan yang cantik dan rapi, tentu lebih menarik. Ingat, dari mata turun ke hati. Bikin pengunjung jatuh cinta pada pandangan pertama.

Sebagai identitas
Blogger beauty, tentu akan lebih menarik jika blognya memakai tema yang cantik. Baik sekali jika mampu memberi kesan mewah dan girly. Warna yang manis, space foto cukup besar, ornamen atau hiasan yang unik.

Tema yang responsive berpengaruh juga pada rating blog
Memilih tema juga harus mempertimbangkan kecepatan loading-nya ya. Kalau lambat dan butuh banyak waktu plus kuota mengaksesnya, pengunjung akan berpikir dua kali untuk singgah. Apa lagi kalau sampai dibarengi gagal loading. Duh, jangan sampai. Ini juga salah satu kelebihan tema bawaan blogspot. Seperti dijelaskan di sini.

Menghilangkan rasa bosan
Kalau kita rajin posting di blog satu minggu sekali, setidaknya delapan kali dalam sebulan kita melihat tampilan blog kita. 1 kali saat memposting, 1 kali lagi untuk memastikan. Jadi satu postingan, sekurangnya dua kali kunjungan. Malah bisa lebih lho. Apa lagi kalau kamu rajinnya pake banget. Satu hari dua tulisan, misalnya. Udah, hitung sendiri berapa kali kamu ngeliat tampilan blog kamu. Bisa bosan gak? Bisa dong 😅 Karena itu, sesekali butuh juga ganti tema.

Oke lah, lanjut ke inti ya. Tutorial cara merubah tema (themes) blog dengan Menggunakan Tema Bawaan Blogspot:

Login ke Dasbor Blogger, klik garis tiga di pojok atas sebelah kiri
Aku menggunakan tampilan 'dasbor baru' lebih responsive menurutku untuk akses melalui handphone. Caranya, ketika masuk ke dasbor, di bagian kiri paling bawah ada menu 'dasbor baru' klik saja. Nanti tampilannya langsung berubah.

Pilih menu TEMA


Pilih tema sesuai selera


Ada 11 tema inti yang disediakan oleh blogger. Tetapi, setiap tema inti tersebut, memiliki beberapa tema lagi. Tema bawaan ini memiliki perbedaan warna, dan background, namun memiliki tata letak yang sama persis dengan tema intinya. Kamu bisa pilih mana yang paling kamu suka.

Klik menu 'sesuaikan'


Di sini, kamu bisa mengatur lagi tampilan tema yang kamu pilih. Misalnya merubah background dengan pilihan gambar lainnya. Kamu bisa pilih saja di barisan menu yang ada di kiri atas. Sementara pada bagian bawah yang aku tunjuk itu adalah preview tampilan blog kamu dengan memakai tema yang kira-kira akan kamu gunakan.

Terakhir, klik 'Terapkan ke Blog' ada di kanan paling atas. 

Done! Tema blog kamu sudah berubah. Selamat mencoba 😊

*pic 1 from unsplash.com by Arnel Hasanovic

Komentar