Menerapkan Disiplin pada Anak, Sama dengan Mendisiplinkan Diri Sendiri


Moraltahun1.wordpress.com

Mendisiplinkan anak itu bukan perkara kecil. Pasalnya butuh kesabaran berlapis tanpa batas dalam mendidik anak memiliki kedisiplinan diri. Sebelum itu, tentu orangtua sudah memilikinya terlebih dahulu. Karena cara paling efektik adalah memberikan contoh.

Jika ingin anak disiplin, maka seharusnyalah orangtua disiplin pula, bahkan harus lebih disiplin. Ingin anak konsisten mengerjakan sholat lima waktu, sudah pasti orangtua harus konsisten mengerjakannya. Karena salah satu cara menerapkan kedisiplinan adalah dengan tauladan.

Selain sholat, hal kecil di rumah juga harus dilakukan dengan disiplin. Karena kedisiplinan akan melahirkan kemandirian. Lalu bagaimana cara menerapkan disiplin pada anak?

Moraltahun1.wordpress.com

Saya ingin sedikit berbagi, barangkali bermanfaat. Jika tidak keberatan, saya bahkan menanti saran dari pembaca tulisan saya ini untuk langkah-langkah lain menerapkan disiplin pada anak.

Untuk anak saya yang kedua (6,5 tahun) dan  ketiga (4,5 tahun), saya membiasakan mereka mau bertanggungjawab membereskan dan merapikan kembali mainan yang digunakan. Mereka juga sudah saya biasakan menggosok gigi dan mandi sendiri. Merapikan tempat tidur sendiri bahkan membiasakan mereka untuk menjaga kebersihan rumah (menyapu, membantu melipat baju).

Moraltahun1.wordpress.com

Anak saya yang pertama (8 tahun) sudah saya biasakan untuk menyiapkan peralatan, pakaian dan keperluannya sendiri. Memang semua benda sudah saya atur ditempatnya agar ia bisa mengambilnya dengan mudah. Hal baru-baru ini yang saya biasakan padanya adalah memeriksa kunci pintu dan jendela, dan mematikan lampu saat akan tidur. Saya menanamkan rasa tanggungjawab padanya, karena dia sendiri yang laki-laki di rumah saat Abinya bekerja. Maka ia harus membiasakan diri menjadi pelindung kami (tetep ya, kunci-kunci diperiksa ulang, namanya juga anak-anak). 

Saya juga sudah menerapkan perjanjian yang jelas. Misalnya tentang jam main di luar, jam nonton telivisi, dan jam belajar. Buat kesepakatan bersama dan tentukan hukuman yang merugikan baginya tapi tidak menyakitinya, jika ia melanggar kesepakatan.

Maxmanroe.com

Sejalan dengan waktu, kedisiplinan adalah sebuah usaha mendewasakan anak dan membuatnya bertanggungjawab. Namun titik berat dari kesemua itu adalah menempatkan hukuman dan pujian kepada tempatnya. Karena kedua hal ini juga sangat menentukan keberhasilan dalam menerapkan kedisiplinan pada anak.
---

#satuharisatukaryaiidn

Komentar