Pizza dough | Pizza hemat |


Lama banget baru kelar postingan ini. Maaf ya yang udah nungguin. Maklum, nulis di blog ini mesti punya waktu khusus. Semisal sast ini, saya nulisnya jam 4 subuh. Haaaa. Saat krucil pada tidur tapi emaknya malah insomnia.

Well, saya pernah bikin pizza dengan resep selain ini. Tapi beneran saya lupa pake resep yang mana. Masih masuk lazy pizza jg sih, cuma pake susu, pake telur. Memang rasanya lebih mantap dari pizza yang ini. Ya, sesuai dengan bahannya kan. But, buat yang mau irit, mau apa adanya secukup bahan yang ada, atau mau tanpa telur biar gak kolesterol, yuk mari coba resep satu ini..

Pizza dough
By. Nikmatul Rosidah

600gr Tepung terigu protein tinggi/ cakra kembar
370 ml air hangat
2 1/2 sdt Ragi
2 1/2 sdt garam
60ml Minyak sayur
1/2 sdt Gula pasir

How To:
Campur sebagian air dengan gula pasir, aduk hingga larut, tambahkan ragi.diamkan kurleb 8 menit hingga berbuih.

campur tepung dan garam.Aduk rata.

Tambahkan minyak sayur, lalu tambahkan larutan gula dan ragi serta sisa air sedikit2.
Aduk dengan tangan hingga tercampur rata, diamkan 5 menit dan tutup dengan kain bersih.

Setelah 5 menit, uleni adonan hingga kalis selama 10 menit.Bulatkan adonan, lumuri dengan minyak sayur. Tutup lagi dengan kain dan diamkan kembali selama 45 menit atau sampai mengembang 2 kali lipat.Keluarkan adonan, bagi beberapa dan letakan di loyang yang sudah dioles minyak, diamkan  selama 10 menit.Setelah 10 menit, pipihkan adonan dengan jari. beri saus dan toping sesuka hati.Panggang dengan oven dengan suhu 200 derajat C selama kurleb 20 menit (kalo pizza mini 15 menit biasanya sdh matang)


Saosnya bikin sendiri. Pake tomat, bawang merah, bawang putih. Mirip bikin sambal goreng, cuma gak pake cabe. Tumis aja. Aku tambahin sedikit saos sambal ayam goreng ABC jadi agak pedas rasanya. Kalo mau sih bisa dikreasikan sesuai kesukaan. Bisa saos super pedas, saos manis, atau yang lainnya. Selamat berkreasi yaaa...

Komentar