Cara Membuat Blog di Blogger

Pixabay, oleh Annmariephotography

Memenuhi permintaan seorang teman untuk mengajarkan tentang bagaimana cara membuat Blog, akhirnya saya menyempatkan diri untuk menuliskan tutorial sederhana ini. Bagi teman yang jam ‘terbang’ online penge-blog-annya sudah tinggi, tentu tulisan ini bukan apa-apa. Namun demikian, semoga tetap dapat membantu yang benar-benar belum mengerti cara membuat Blog di Blogger. Oke, mari kita mulai....


Pertama, Silahkan anda masuk (sign-in) ke blogger.com Jika belum memiliki akun (email) google silahkan buat terlebih dahulu. Lebih jelas bisa lihat di gambar berikut. Perhatikan lingkaran berwarna hijau.




Kedua, Setelah masuk ke halaman utama blogger, anda akan berada di halaman awal blogger seperti gambar di bawah ini : 





Saya sudah punya satu blog, jadi sudah tertulis di sana blog derisavail.blogspot.com. Karena kita akan belajar membuat blog, abaikan saja tentang blog saya itu ya. Sekarang fokus ke lingkaran hijau seperti gambar di atas. Klik Blog baru. 



Ketiga, Setelah itu akan muncul halaman seperti berikut : 






Perhatikan lingkaran hijau, isi Judul blog anda sesuai dengan keinginan anda, misal judulnya “Penulis Kelas Kakap” atau seperti blog saya satunya “Avail – Always Very Active in Live”. Perhatikan juga lingkaran berwarna ungu. Isikan alamat blog yang anda inginkan, misal penuliskelaskakap.blogspot.com atau derisavail.blogspot.com. 

Selanjutnya, anda akan diarahkan kembali ke halaman awal blogger, dan blog yang baru saja anda buat akan terlihat di halaman ini. Perhatikan lingkaran berwarna ungu. Penulis Kelas Kakap adalah blog baru saya. Untuk mulai posting tulisan (Pos) atau pengeditan tampilan (Tata Letak dan Template) dan lain sebagainya silahkan klik tanda panah seperti terlihat di lingkaran berwarna hijau






Demikian dulu tutorialnya ya. Semoga bermanfaat. Silahkan berikan sarannya untuk perbaikan blog saya ini. Terimakasih. 

Komentar

  1. rajin mbak, bikin tutorial.. semoga makin sukses ya, bloggingnya. salam kenal.. :)

    BalasHapus
  2. tutorialnya bermanfaat mbak. salam kenal.. :)

    BalasHapus
  3. Wah, mantap ada tutorialnya. semangat deris ;)

    BalasHapus
  4. Tutorial seadanya banget. heee. Kak Eqi, semangatku :p

    BalasHapus
  5. Terima kasih mbak ilmu ngeblognya

    BalasHapus
  6. Terima kasih mbak ilmu ngeblognya

    BalasHapus

Posting Komentar

Silakan berkomentar dengan baik dan bijak. Terima kasih sudah mampir dan meninggalkan jejak 🤗